Selamat Datang di Situs Resmi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang  

Sambutan Rektor Pada Wisuda Sarjana Ke-62

Ditulis oleh : Prof. H.M. Sirozi, MA., Ph.D | 22/05/2017 WIB

SAMBUTAN REKTOR PADA WISUDA SARJANA KE-62

20 MEI 2017

Bismillahirrahmaanirrahim.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

الْحَمْدُ لله رَبِّ الْعَالَمِيْنَ، وَبِهِ نَسْتَعِيْنُ عَلَى أُمُوْرِ الدُّنْيَا وَالدِّيْنِ، وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى أَشْرَفِ الْمُرْسَلِيْنَ، نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ صلى الله عليه وسلم وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَالتَّابِعِيْنَ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلىَ يَوْمِ الدِّيْنِ، وَبَعْدُ:

 

 Hadirin wal Hadirat yang saya hormati, terkhusus :

  • Ketua Senat Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang, Bapak Prof. Dr. Izomiddin Ismail, MA.
  • Sekretaris Senat, Bapak Decky Anwar, MA.
  • Para Guru Besar.
  • Para anggota Senat non Guru Besar, baik dari unsur pimpinan maupun dari unsur perwakilan dosen. Mohon maaf, untuk menghemat waktu nama-namanya tidak saya sebutkan satu per satu.
  • Para tamu, undangan, khususnya para orang tua / wali yang datang dari berbagai daerah di Indonesia.
  • Para wisudawan dan wisudawati, beserta karib dan kerabat yang turut menghadiri acara wisuda sarjana ini.

 

Izinkan saya mengawali sambutan ini dengan membacakan dua buah pantun:

Pergi ke pasar beli tomat

Naik motor dibonceng pak Umar

Walau kuliah sudah tamat

Terus belajar biar makin pintar (Mukmin)

 

Pergi berlayar mengarungi samudera

Layar terkembang anginnya deras

Meski sudah bergelar sarjana

Teruslah belajar dan bekerja keras (Anis)

 

Bapak dan Ibu, Orang Tua dan Wali yang Berbahagia,

Tentunya bapak-bapak dan ibu-ibu adalah orang yang paling bersyukur dan bahagia saat ini, karena salah satu do’anya terkabul, yaitu menyaksikan putra dan putrinya diwisuda. Atas nama keluarga besar UIN Raden Fatah Palembang, saya mengucapkan selamat kepada bapak-ibu orang tua-wali, baik yang sempat hadir maupun yang tidak sempat hadir pada acara wisuda ini. Kami doakan semoga bapak dan ibu semakin sehat, sukses dan memiliki putra dan putri yang shaleh dan shalehah, yang berbakti setulus hati kepada orang tua dan berguna bagi agama dan bangsa. Amin ya Rabbal alamin.

 

Para Wisudawan dan Wisudawati yang Berbahagia,

Sebagaimana orang tua dan wali, tentu saja kalian semuanya sangat bersyukur dan bahagia, karena telah berhasil melewati satu fase perjuangan panjang menyelesaikan studi Strata Satu (S1). Rasa syukur itu sangatlah pantas, karena kalian adalah orang-orang yang sangat beruntung diantara jutaan generasi muda Indonesia. Begitu banyak, di luar sana, pemuda dan pemudi yang seusia dengan kalian, masih belum beruntung. Jangankan menjadi sarjana, masuk ke perguruan tinggi pun mereka belum bisa, dikarenakan berbagai alasan. Menurut data yang dirilis oleh Biro Pusat Statistik, saat ini hanya 30% lulusan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) di Indonesia yang mendapat akses untuk studi lanjut di perguruan tinggi, dan kalian adalah termasuk bagian dari yang 30% tersebut. Karena itu, bersyukurlah... bersyukurlah... dan bersyukurlah.

Kami, seluruh pimpinan dan sivitas akademika UIN Raden Fatah Palembang mendo’akan, kiranya Allah Swt senantiasa memberikan kesehatan dan kesempatan pada kalian semua, untuk dapat memulai karir sebagai seorang sarjana.

Bagi yang sudah mendapat pekerjaan, kami do’akan kiranya kalian mampu membuktikan kepada kolega dan pimpinan masing-masing bahwa gelar sarjana membuat kalian mampu bekerja lebih kreatif, innovatif, dan produktif.

Bagi kalian yang belum mendapatkan pekerjaan, kami do’akan kiranya kalian segera mendapatkan pekerjaan yang diidam-idamkan, yang sesuai dengan bidang keahlian atau kompetensi masing-masing. Semoga kalian mampu membuktikan kepada orang tua, keluarga, dan masyarakat, bahwa kalian adalah sarjana-sarjana yang memiliki kualitas, keunggulan, ketangguhan, dan integritas, yang siap bekerja secara cerdas dan tuntas.

Sebagian dari kalian mungkin ada yang ingin melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, yaitu jenjang Magister atau Doktor. Kami do’akan kiranya kalian dapat menemukan tempat studi lanjut yang kalian idam-idamkan, yang bisa menghantarkan kalian menjadi sarjana-sarjana yang berilmu, bermutu, dan berintegritas, sesuai motto UIN Raden Fatah.

 

Wisudawan dan Wisudawati yang Saya Banggakan,

Bersyukur tentu tidak cukup dengan berterima kasih pada orang tua, guru dan dosen, dan atau melapazkan tahmid, alhamdulillah, keras-keras dan berulang-ulang, lalu foto-foto selfie. Bersyukur harus ditunjukkan dan dibuktikan dengan belajar lebih giat dan bekerja lebih keras, melakukan hal-hal positif yang bermanfaat bagi nusa, bangsa, dan agama.

Kami, seluruh pimpinan beserta sivitas akademika UIN Raden Fatah Palembang, mendoakan kiranya para wisudawan semuanya selalu sehat dan sukses meniti karir sesuai bidang kompetensi masing-masing. Suatu saat nanti, kami akan sangat senang dan bangga, saat mengetahui kalian semuanya sudah menjadi orang-orang yang bermanfaat bagi masyarakat. Teruslah belajar, tingkatkan ketrampilan, sempurnakan karakter, dan amalkan akhlak al karimah.

Ilmu pengetahuan yang luas sangatlah penting dan ketrampilan amatlah dibutuhkan, tetapi yang paling menentukan karir kalian ke depan adalah karakter positif dan akhlak al karimah. Tentu tidaklah sulit bagi kalian untuk memahami hal ini, karena kalian semuanya telah dibekali oleh para dosen dengan pengetahuan agama, dan kalian sudah banyak menyaksikan betapa akhlak al karimah telah memberikan kemuliaan kepada banyak orang dan sebaliknya, akhlak al mazmumah atau tercela telah memberikan kehinaan kepada banyak orang.

Akhlak al karimah adalah segala tingkah laku yang terpuji (mahmudah) atau utama (fadhilah). Menurut Imam al-Ghazali akhlak yang terpuji adalah munjiyat, yaitu segala sesuatu yang memberikan kemenangan atau kejayaan. Akhlak yang baik terlahir dari sifat-sifat yang baik. Akhlak al karimah adalah tanda kesempurnaan iman seseorang kepada Allah dan modal utama dalam bergaul. Akhlak yang baik bukanlah semata-mata teori yang muluk-muluk, melainkan tindak tanduk yang keluar dari hati, yang merupakan perpaduan antara iman dan ilmu. Keduanya adalah tangga utama yang dibutuhkan oleh para wisudawan dan wisudawati menuju puncak karir. Inilah janji Allah Swt dalam surat al Mujadalah (58) ayat 11 berikut ini:

 

 يَرْفَعِ ٱللَّهُ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ مِنكُمْ وَٱلَّذِينَ أُوتُوا۟ ٱلْعِلْمَ دَرَجَٰتٍ ۚ وَٱللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

 

Para Senator, Hadirin wal Hadirat yang Saya Muliakan,

Hari ini UIN Raden Fatah Palembang telah memasuki usia dua (2) tahun, enam (6) bulan, 4 (empat) hari. Tentu saja usia ini masih sangat muda dan masih sangat banyak keterbatasan dan kelemahannya. Tetapi kita harus optimis, insya’Allah institusi atau almamater yang kita cintai ini akan terus tumbuh dan berkembang menjadi lebih sehat, lebih kuat dan lebih unggul.

Untuk itu maka para pengelolanya haruslah tulus, ikhlas, dan selalu siap bekerja keras menyambut tantangan untuk terus berkreasi, berinnovasi, dan berkompetisi.

Saya dilantik menjadi Rektor UIN Raden Fatah Palembang pada tanggal 12 Mei 2016. Alhamdulillah, selama lebih kurang satu tahun memimpin institusi ini saya sangat beruntung dan bersyukur, bahwa saya ditemani oleh para kolega dan jajaran staf yang memiliki spirit yang sangat kuat untuk membangun UIN Raden Fatah.

Mereka semua adalah para pekerja keras dan pengabdi yang ikhlas, yang menghabiskan hari-hari dan waktu mereka untuk memikirkan berbagai upaya yang dapat dilakukan untuk membuat UIN Raden Fatah menjadi lebih baik, lebih berkualitas, dan unggul, sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik bagi para anggota sivitas akademika dan melahirkan lulusan yang bermutu dan berdaya saing tinggi. Mereka bekerja dengan semangat fastabiqul khairat.

Semua program studi, fakultas, program pascasarjana, dan unit-unit kerja telah membuktikan bahwa mereka mampu berkreasi dan berinnovasi dengan tingkat kredibilitas, akuntabilitas, dan integritas yang tinggi. Setiap bulan, setiap minggu, bahkan setiap hari dapat kita saksikan beragam kegiatan kurikuler, ko-kokrikuler, dan ekstra kurikuler yang kreatif dan innovatif, bermunculan di tingkat program studi, fakultas dan unit, sehingga membuat suasana kampus menjadi hidup dan menimbulkan rasa optimis yang luar biasa.

Anak-anak mahasiswa pun tidak kalah kreatif dan innovatif. Dengan bimbingan dan pendampingan yang dilakukan oleh jajaran bidang kemahasiswaan, khususnya Wakil Rektor III dan para Wakil Dekan III, anak-anak kita yang tergabung dalam semua Organisasi Mahasiswa Intra Kampus (OMIK) telah mampu membenahi kultur dan struktur kegiatan mereka. Mereka telah memulai era baru kegiatan kemahasiswaan yang lebih berbasis akademik (academic based activities) dan berorientasi pada prestasi (record oriented).

Ternyata anak-anak kita di UIN Raden Fatah ini adalah anak-anak yang cerdas, kreatif, innovatif, dan kuat. Dalam satu tahun terakhir, begitu banyak prestasi yang mereka tunjukkan, meskipun dengan fasilitasi yang sangat terbatas. Anak-anakku, teruslah berkreasi, berinnovasi, dan berprestasi. Kami semua akan selalu mendampingi dan mendo’akan.

 

Hadirin wal Hadirat yang Saya Hormati,

Ingin saya katakan di sini, bahwa pada tahun pertama memimpin UIN Raden Fatah ini, saya sangat bersyukur, bahwa saya didampingin dan dikelilingi oleh orang-orang yang tulus dan ikhlas menjadi pelayanan bagi seluruh sivitas akademika (al khodim al jamiah al hukumiyah Radin Fatah Palembang).  Semoga Allah Swt terus memberikan curahan kasih sayang-Nya kepada kita semua, untuk selalu sehat, tulus, dan ikhlas, bekerja keras tak kenal lelah untuk membangun UIN Raden Fatah.

Kita harus lebih kuat, tulus, dan ikhlas, karena tahun-tahun mendatang adalah tahun-tahun yang lebih berat, penuh tantangan. Kita harus bekerja keras dengan penuh kesabaran untuk membenahi sarana dan prasarana kampus dan membangun mindset yang positif serta budaya kerja yang baik. Kita harus berlari mengejar berbagai ketertinggalan kita. Kompetitor kita bukan hanya beberapa UIN yang tersebar di beberapa daerah, tetapi juga perguruan tinggi lain yang usianya sudah jauh lebih tua dan pengalamannya jauh lebih banyak dari kita.

 

Hadirin wal Hadirat yang Saya Muliakan,

Usia lebih muda bukanlah alasan untuk bersantai dan tidak berprestasi. Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang memiliki potensi yang luar biasa untuk berlari mengejar para seniornya. Salah satu potensi terbesar yang kita miliki adalah spirit Sumatera Selatan dan spirit peradaban Islam Melayu, yaitu selalu ingin menjadi yang terdepan dan terbaik, tidak hanya di tingkat nasional, tetapi juga di tingkat internasional.

Inilah spirit yang direpresentasikan di dalam rumusan visi pengembangan UIN Raden Fatah, yaitu “Menjadi Universitas Berstandar Internasional, Berwawasan Kebangsaan, dan Berkarakter Islami.” Rumusan visi ini mengandung tiga nilai pokok atau core values yang menjadi landasan bagi setiap langkah pengembangan, yaitu “internasionalisasi”, “keindonesiaan”, dan “keislaman”.

“Internasionalisasi” menuntut dan mendorong seluruh sivitas akademika UIN Raden Fatah untuk mampu membangun jaringan internasional (unternational networking), mengembangkan kegiatan bertaraf internasional (international programs), memiliki kapasitas untuk melayani mahasiswa internasional (a capacity to serve international stuidents) dan mengukir prestasi bertaraf internasional (international reputation), yang menembus batas-batas kenegaraan (crossing [national] borders).

“Keindonesiaan” menuntut dan mendorong seluruh anggota sivitas akademika UIN Raden Fatah Palembang untuk senantiasa berpijak pada nilai-nilai luhur yang terdapat pada empat pilar Negara Republik Indonesia, yaitu Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Semua kegiatan Tri Dharma yang diselenggarakan oleh dan di kampus UIN Raden Fatah Palembang tidak boleh bertentangan dengan nilai-nilai yang terdapat dalam empat pilar kenegaraan tersebut dan selalu relevan dengan kebutuhan dan potensi bangsa dan negara Republik Indonesia. Dalam konteks ini maka UIN Raden Fatah Palembang adalah penegak dan penjaga pilar kehidupan berbangsa dan bernegara. Siapapun yang mengganggu dan mengancam pilar-pilar kebangsaan dan kenegaraan Indonesia akan berhadapan langsung dengan seluruh sivitas akademika UIN Raden Fatah Palembang.

Nilai “Keislaman” menuntut dan mendorong seluruh anggota sivitas akademika UIN Raden Fatah Palembang untuk senantiasa memastikan tegaknya ajaran Islam dalam setiap langkah dan tahapan kegiatan yang diselenggarakan di institusi ini. Warisan sejarah peradaban Islam yang sangat panjang, khazanah pemikiran Islam, dan tradisi keilmuan Islam haruslah direpresentasikan dan direfleksikan dalam semua kegiatan Tri Dharma di UIN Raden Fatah Palembang pada tingkat paradigma, ontologi, dan aksiologi.

 

Para Senator, Hadirin wal Hadirat yang Saya Muliakan,

Tiga nilai pokok (core values) yang terdapat dalam rumusan visi UIN Raden Fatah sebagaimana diuraikan di atas adalah paket Tiga Serangkai atau Three in One yang terintegrasi, saling mengisi dan saling menguatkan. Ketiganya adalah inspirator dan indikator tunggal bagi kemajuan UIN Raden Fatah Palembang ke depan. Institusi ini tidak bisa dikatakan maju dan berkembang jika hanya unggul dalam “internasionalisasi” atau “keindonesiaan” saja, tanpa memiliki keunggulan dalam bidang “keislaman”. Begitupun sebaliknya. Tiga nilai pokok tersebut harus secara bersama-sama, simultan, dan seimbang menjadi landasan pengembangan semua aspek kegiatan Tri Dharma di lingkungan UIN Raden Fatah.

Motivasi, semangat, sikap, komitmen, dan tujuan seluruh anggota sivitas akademika UIN Raden Fatah dalam mewujudkan tiga nilai pokok tersebut terkristalisasi dalam sebuah moto bersama, yaitu “Knowledge, Quality, and Integrity”. Moto ini adalah prinsip dan semboyan seluruh anggota sivitas akademika UIN Raden Fatah dalam bekerja, berkreasi, dan berinovasi.

Perkataan “knowledge” pada moto tersebut mewajibkan seluruh anggota sivitas akademika UIN Raden Fatah untuk memiliki pengetahuan yang luas tentang berbagai aspek yang terkait dengan Tupoksi masing-masing, agar dapat bekerja secara profesional, kreatif, dan inovatif. Seluruh anggota sivitas akademika juga diharapkan selalu dapat menghargai ilmu pengetahuan, tulus dan ikhlas berbagi ilmu, dan tidak menyalahgunakan ilmu pengetahuan untuk tujuan-tujuan yang destruktif.

Perkataan “quality” pada moto tersebut mengharuskan seluruh anggota sivitas akademika UIN Raden Fatah Palembang bekerja, menjalankan tugas pokok dan fungsi masing-masing dengan berpatokan pada standar mutu yang telah ditetapkan dan diakui bersama, tidak asal jadi dan tidak asal selesai.

Perkataan “integrity” pada moto tersebut mengingatkan seluruh anggota sivitas akademika UIN Raden Fatah Palembang untuk menjunjung tinggi integritas, yaitu bekerja sesuai peraturan perundang-undangan berlaku, terbuka, jujur, disiplin, dan bertanggung jawab.

 

Hadirin yang Saya Hormati,

Saat ini UIN Raden Fatah Palembang sedang berlari kencang untuk mengejar ketertinggalannya, agar bisa berdiri sejajar dengan para seniornya yang lebih berpengalaman dan telah banyak melahirkan reputasi. Berbagai langkah innovasi telah dan sedang dijalankan untuk meningkatkan mutu pelayanan dan mendorong semangat berprestasi di semua lini kegiatan Tri Dharma.

Mohon do’a dan dukungan kiranya semua kami yang saat ini diamanahkan mengelola UIN Raden Fatah Palembang senantiasa mendapat taufiq dan hidayah-Nya, sehingga terus bersemangat, berkomitmen, kreatif, dan innovatif dalam bekerja. Aamiin ya Rabbal Alamin.

Sebelum mengakhiri sambutan ini izinkan saya membacakan dua buah pantun lagi:

Pergi berburu janganlah murung

Agar Rusa terkena panah

Walau ilmu setinggi gunung

Akhlak mulia lebih utama (Anis)

 

Dayung perahu menuju darat

Ambillah tali lalu diikat

Amalkan ilmu yang bermanfaat

Agar bahagia dunia akhirat (Anis)

 

Demikian sambutan kami. Atas segala kekurangan mohon dimaafkan.

Billahi taufiq wal hidayah,

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

Palembang, 20 Mei 2017

Rektor,

 

  

Muhammad Sirozi