Selamat Datang di Situs Resmi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang   Selamat dan Sukse Atas Diraihnya Gelar Guru Besar (Professor) Kepada : Prof. Dr. Nyayu Khodijah, M.Si Prof. Dr. Izomiddin, MA Prof. Dr. Kasinyo Harto, M.Ag    UIN Raden Fatah Ranking ke-4 Webometrics Sesama Perguruan Tinggi Keagamaan Islam dan Ranking ke-51 se-Indonesia   Selamat dan Sukses Kepada Fitri Oviyanti, Leni Marlina, & Indah Wigati atas di raihnya gelar Doktor (S-3) Pada Ujian Promosi Doktor UIN Raden Fatah Palembang  

Peringatan Hari Amal Bakti ke-71 Kementerian Agama Republik Indonesia

Dikirim oleh : Humas UIN Raden Fatah Palemban | Kategori : UIN Raden Fatah Palembang | 03/01/2017 15:35:34 WIB

Palembang - Palembang – Tanggal 03 Januari 2017, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Melakukan Upacara Untuk Memperingati Hari Amal Bakti ke-71 Kementerian Agama Republik Indonesia.

Prof. Drs. H. M. Sirozi, M.A, Ph.D, Selaku Rektor UIN Raden Fatah Menjadi Pembina Upacara Hari Amal Bakti di Halaman Rektorat UIN Raden Fatah. Prof. Sirozi juga membacakan sambutan Menteri Agama RI yang sebagian isi sambutannya antara lain sebagai berikut:

SAMBUTAN MENTERI AGAMA RI

PADA UPACARA PERINGATAN HARI AMAL BAKTI

KEMENTERIAN AGAMA KE -71

JAKARTA, 3 JANUARI 2017

Assalamu’alaikum wr.wb.
Salam sejahtera bagi kita sekalian, Yang saya hormati dan saya banggakan, Seluruh Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Kementerian Agama, Hadirin, peserta upacara yang berbahagia, Dengan memanjatkan doa syukur yang setinggi-tingginya ke hadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, pada pagi hari ini, tanggal 3 Januari 2017, kita memperingati Hari Amal Bakti Ke-71 Kementerian Agama Republik Indonesia.

Tujuh puluh satu tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 3 Januari 1946, Pemerintah atas usul dari Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) membentuk Kementerian Agama dan mengangkat Menteri Agama yang pertama yaitu Haji Mohammad Rasjidi. Pembentukan Kementerian Agama merupakan peristiwa penting dan bersejarah bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai Negara religius yang nasionalis.

Saudara-saudara sekalian,

Kita ketahui, agama tidak dapat dipisahkan dari kehidupan bangsa dan negara kita. Semangat dan motivasi keagamaan adalah sumber kekuatan kita dalam meraih kemerdekaan, mempertahankan kedaulatan nasional, dan menjaga keutuhan NKRI. Agama mendapatkan kedudukan terhormat dalam tata kehidupan masyarakat, sehingga dijadikan sebagai salah satu sumber pembentukan hukum nasional. Agama menjadi ruh kehidupan kebangsaan kita sesuai dengan dasar Ketuhanan Yang Maha Esa. 

          Ketua Panitia Pelaksana peringatan HAB ke 71 Drs. H. M. Ridwan, M.M menyatakan bahwa pelaksanaan kegiatan ini sengaja dilakukan lebih awal dari hari lahirnya Kementerian Agama tanggal 3 Januari 2017 agar lebih leluasa dalam membagi waktu. Kami berharap mudah-mudahan momentum peringatan HAB ke-71 ini betul-betul membawa manfaat dalam meningkatkan semangat kerja ASN di lingkungan UIN Raden Fatah, sehingga mampu memberikan layanan terbaik kepada masyarakat sesuai dengan tema "LEBIH DEKAT MELAYANI UMAT”.

Pada saat upacara tadi, UIN juga mengapresiasi karyawan-karyawan yang teladan yang selama ini selalu mengabdi pada UIN Raden Fatah, karyawan tersebut adalah Dra. Munjiati, Dr. Teguh Sobri dan Kasiman.

Selain itu peringatan HAB ke 71 Kemenag ini juga diharapkan mampu memperkokoh, kerjasama dan silaturrahmi antar civitas akademika di lingkungan UIN Raden Fatah sehingga keharmonisan dalam keberagaman tetap terjaga.

Sumber : Humas UIN 2017