Selamat Datang di Situs Resmi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang  

LP2M Gelar Pelatihan Penguatan Manajemen Jurnal Elektronik

Dikirim oleh : Jurnal UIN Raden Fatah Palemba | Hist : 26 | Kategori : UIN Raden Fatah Palembang | 07/04/2017 18:54:41 WIB

Palembang - LP2M UIN Raden Fatah Palembang menyelenggarakan kegiatan  Penguatan Manajemen Jurnal Elektronik: Pelatihan Manajemen Jurnal Elektronik Menggunakan Open Journal System (OJS) pada Jum’at, 7 April 2017. dengan Dr. Istadi, M.T. sebagai narasumber

Palembang – LP2M UIN Raden Fatah Palembang menyelenggarakan kegiatan  Penguatan Manajemen Jurnal Elektronik: Pelatihan Manajemen Jurnal Elektronik Menggunakan Open Journal System (OJS) pada Jum’at, 7 April 2017. Kegiatan ini mengundang Asesor Akreditasi Jurnal Elektronik bidang Manajemen yaitu Bapak Dr. Istadi, M.T. (Editor in Chief BCREC UNDIP). Kegiatan ini menggunakan metode praktek langsung.

Pada saat pembukaan, kegiatan ini dihadiri Wakil Rektor III Dr. Rr. Rina Antasari, M.Hum., Kapuslit Dr. M. Noupal, M.Ag., Ketua Rumah Jurnal Helen Sabera Adib, M.Pd.I. dan 40 pengelola jurnal di lingkungan UIN Raden Fatah Palembang.

Kapuslit LP2M Dr. M. Noupal, M.Ag. dalam kata sambutannya mengucapkan terima kasih atas kesediaan Bapak Istadi membagikan pengalamannya tentang pengelolaan jurnal elektronik.

“terima kasih atas kehadiran Bapak Istadi yang akan melatih para peserta dalam mengelola jurnal elektronik. Dan pada kesempatan ini juga kami harap Bapak juga membimbing 4 jurnal yang siap mengajukan indeksasi ke DOAJ” (7/4).

Beliau menambahkan kegiatan ini bagian dari empat rangkaian kegiatan Penguatan Manajemen Jurnal Elektronik yang telah direncanakan oleh LP2M. Pada kegiatan selanjutnya, kita akan mengundang para dosen/peneliti dengan materi Pelatihan Penulisan Jurnal di Jurnal Terakreditasi dan Bereputasi Internasional. Pada kesempatan yang sama, Kita akan me-launching Journal of Malay Islamic Studies dan Ta’dib sebagai jurnal internasional.

Acara Pelatihan ini dibuka langsung oleh Wakil Rektor III Dr. Rr. Rina Antasari, M.Hum. yang dalam kata sambutannya menyampaikan kepada pengelola jurnal untuk mengikuti pelatihan dengan semangat dan penuh tanggung jawab.

“hadir di depan kita ini adalah Asesor Akreditasi Bapak Dr. Istadi, M.T., silakan para peserta mengikuti pelatihan dengan baik dan silakan bertanya tentang pengelolaan jurnal elektronik.” (7/4).

Selanjutnya Beliau menambahkan pengelola jurnal untuk selalu berkonsultasi dengan Rumah Jurnal dan menjadikan Rumah Jurnal sebagai homebase. Pengelola harian Rumah Jurnal siap memberikan pendampingan.

Di akhir kata sambutannya, Beliau juga berpesan kepada pengelola jurnal untuk terus bersemangat dan mendorong para pengelola jurnal untuk mengajukan Program Bantuan Pembinaan Jurnal yang diselenggarakan oleh Diktis yang dibuka hingga 20 April.

Pada kegiatan ini Bapak Istadi memberikan materi tentang manajemen jurnal elektronik terutama pada proses penerbitan artikel dari Submit – Review – Publish dan juga mendampingi Jurnal Psikis (Fakultas Psikologi), Tadrib (Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan), Jurnal Ilmu Agama (Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam) untuk mengajukan indeksasi ke DOAJ.

Melalui pesan singkat, Warek I Dr. Ismail Sukardi, M.Ag. menyampaikan bahwa semoga jurnal-jurnal yang mengajukan indeksasi ke DOAJ segera diterima. Mengingat DOAJ sebagai salah satu indikator jurnal yang berkualitas dan komitmen UIN Raden Fatah Palembang dalam menyediakan artikel yang open access. (Padjrin Dha/LP2M).

Sumber : LP2M