Selamat Datang di Situs Resmi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang  

Kuliah Umum Bersama Anggota Komisi Yudisial Republik Indonesia

Dikirim oleh : Humas UIN Raden Fatah Palemban | Hist : 37 | Kategori : UIN Raden Fatah Palembang | 18/04/2017 15:11:32 WIB

Anggota Komisi Yudisial Republik Indonesia Dr. Sumartoyo, S.H., M. Hum menjadi narasumber dalam kuliah umum di Fakultas Syariah dan Hukum UIN Raden Fatah Palembang.

Kegiatan yang berlangsung di Gedung Lantai III Fakultas Syariah UIN Raden Fatah Palembang, pada hari Selasa, 18 April 2017, mengambil tema Pentingnya Pelembagaan Etik dalam Berkehidupan Berbangsa.

Mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum UIN Raden Fatah tampak sangat antusias dan semangat dalam mengikuti kegiatan ini. Dekan Fakultas Syariah dan Hukum, Prof. Dr. Romli, SA, M.A dalam sambutannya berterima kasih atas kesedian bapak Dr. Sumartoyo, S.H., M. Hum untuk memberikan ilmunya kepada mahasiswa dan mahasiswi Fakultas Syariah dan Hukum UIN Raden Fatah. Dekan meminta kepada para peserta kuliah umum agar terus mengikuti kegiatan ini dengan bersungguh-sungguh hingga selesai guna menambah wawasan keilmuan mereka.

Sementara itu Dr. Sumartoyo, S.H., M. Hum yang menjabat sebagai Ketua Bidang Sumber Daya Manusia, Advokasi, Hukum, Penelitian dan Pengembangan mengatakan bahwa lembaga etik di Indonesia yang mendapat amanah untuk melakukan pengawasan terhadap perilaku hakim berdasarkan UUD 1945 dan yang telah diamanatkan untuk mengemban tugas ini adalah Komisi Yudisial.

Beliau juga mengatakan peran etika saat ini menjadi sangat penting di samping peran hukum karena maraknya krisis moralitas ataupun krisis identitas. Oleh karena itu Komisi Yudisial bertujuan menciptakan peradilan yang bersih dan berwibawa, membangun identitas etika bangsa, membangun hubungan kemitraan dengan civil society dan kelembagaan penegak hukum serta meningkatkan minat potensial untuk menjadi penegak hukum. (Bani)

 

Sumber : Humas UIN 2017