Selamat Datang di Situs Resmi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang  

Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) Prodi PGMI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan

Dikirim oleh : Admin PUSTIPD UIN Raden Fatah | Hist : 67 | Kategori : UIN Raden Fatah Palembang | 21/04/2017 21:52:02 WIB

Palembang - Program Studi PGMI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan kembali mengadakan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) untuk para mahasiswa angkatan 2013. Kegiatan yang dilaksanakan dari tanggal 19 April sampai dengan 24 April 2017

Program Studi PGMI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan kembali mengadakan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) untuk para mahasiswa angkatan 2013. Kegiatan KMD ini merupakan tahap kedua setelah sebelumnya juga dilaksanakan kegiatan yang sama untuk mahasiswa angkatan 2014 pada tanggal 27 Februari—3 Maret 2017.  

Kegiatan yang dilaksanakan selama  6 hari, dari tanggal 19 April sampai dengan 24 April 2017 ini merupakan salah satu implemetasi Kurikulum KKNI. Selain itu, ini merupakan impelemntasi dari Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI). Rangkaian kegiatan pembukaan dihadiri Kaprodi PGMI, Sekprodi, dan para dosen serta staf. Kegiatan ini dibuka oleh Waka Bidang Pengabdian Masyarakat, yakni Kak Rusli Nawi.

Kegiatan ini  dilaksanakan  untuk memberi bekal pengetahuan dasar dan pengalaman praktis membina Pramuka melalui kepramukaan dalam Satuan Pramuka ialah Perindukan Siaga, Pasukan Penggalang, Ambalan Penegak dan Racana Pandega. Secara umum, sasaran kegiatan ini adalah agar mahasiswa mampu (1)  memahami mengapa, bagaimana sasaran dan tujuan Prinsip Dasar Kepramukaan, Metode Kepramukaan, Kode Kehormatan Pramuka, Kiasan Dasar Kepramukaan dan Motto Kepramukaan serta menerapkannya dalam membina Pramuka sesuai dengan golongannya. (2) Mendidikkan Prinsip Dasar Kepramukaan, Kode Kehormatan Pramuka kepada Pramuka sesuai dengan golongnnya sehingga sikap dan perilakunya mencerminkan perwujudan pengamalan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Kode Kehormatan Pramuka. (3) Membina dan mengembangkan mental, fisik, intelektual, emosional dan sosial sesuai dengan golongannya sehingga dia mampu berperan positif dalam masyarakat lingkungannya.