Selamat Datang di Situs Resmi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang  

WORKSHOP PERSIAPAN AKREDITASI PRODI DAN WORKSHOP PENGISIAN BORANG AKREDITASI

Dikirim oleh : Arip Fakultas Tarbiyah | Hist : 69 | Kategori : UIN Raden Fatah Palembang | 03/05/2017 16:52:51 WIB

Palembang - “Melalui Workshop Persiapan Visitasi Akreditasi Prodi dan Workshop Pengisian Borang Akreditasi, Kita Tingkatkan Mutu Program Studi pada FITK UIN Raden Fatah Palembang”

Workshop Pengisian Borang Akreditasi (Hari Pertama)

Bertempat di hotel Aryaduta Palembang (7-8/4). Kegiatan Workshop Pengisian Borang Akreditasi. Kegiatan ini diselenggerakan oleh Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang. Adapun agenda dalam kegiatan Lokakarya ini adalah sebagai berikut:

  1. Pemaparan materi Workshop oleh keynote speaker
  2. Diskusi ilmiah terkait Pengisian Borang Akreditasi
  3. Pembahasan Persiapan Visitasi Fakultas dan Prodi

Mengundang narasumber dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yaitu Bapak Dr. Muhammad Fakhri Husein, S.E., M.Si, dan kegiata ini di ketuai oleh Kaprodi Bahasa Inggris yaitu ibu Hj. Lenny Marzulina, M.Pd dan sebagai peserta yaitu  dosen dari setiap prodi di Fakultas Ilmu Tarbiyah & Keguruan UIN Raden Fatah Palembang.

Tema yang diusung dalam Lokakarya ini adalah “Melalui Workshop Pengisian Borang Akreditasi, Kita Tingkatkan Mutu Program Studi pada FITK UIN Raden Fatah Palembang”. Dan kegiatan ini bertujuan sebagai beriku:

  1. Memberikan jaminan bahwa program studi yang terakreditasi telah memenuhi standar mutu yang ditetapkan oleh BAN-PT dengan merujuk pada standar nasional pendidikan yang termaktub dalam Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, sehingga mampu memberikan perlindungan bagi masyarakat dari penyelenggaraan program studi yang tidak memenuhi standar yang ditetapkan itu. Namun, yang diperlu diketahui adalah, tanggung jawab akademik untuk pengembangan program studi itu bersifat kolektif, mulai pihak Rektorat, Dekanat, Jurusan, Program Studi, Mahasiswa dan Juga Para Alumni.
  2. Mendorong program studi untuk terus menerus melakukan perbaikan dan mempertahankan mutu yang tinggi bagi para alumninya.
  3. Hasil akreditasi dapat dimanfaatkan sebagai dasar pertimbangan dalam transfer kredit perguruan tinggi, pemberian bantuan dan alokasi dana, serta pengakuan dari badan atau instansi yang lain. Mutu program studi merupakan cerminan dari totalitas keadaan dan karakteristik masukan, proses, keluaran, hasil, dan dampak, atau layanan dan kinerja program studi yang diukur berdasarkan sejumlah standar yang telah ditetapkan itu. Ijazah tidak bernilai jika digunakan untuk pihak eksternal, jika status program studi kadaluarsa atau masa aktif akreditasi program studi telah habis. Maka untuk itu, diharapkan kepada berbagai pihak, terutama para mahasiswa untuk setiap saat bisa memonitor tentang status program studinya.

Moderator Saudari Nova Lingga Pitaloka, M.Pd

Bapak Prof. Drs. H. Sirozi, MA.Ph.D Rektor UIN Raden Fatah Palembang yang secara resmi membuka acara tersebut.

Para peserta workshop dari masing-masing prodi

Narasumber yang sedang menyampaikan dan menjelaskan tentang materi Workshop Pengisian Borang Akreditasi

 

Workshop Persiapan Visitasi Akreditasi Program Studi (Hari Kedua)

Di hari ke-2 masih bertempat di hotel Aryaduta Palembang (8-9/4). Kegiatan Workshop Persiapan Visitasi Akreditasi Program Studi. Adapun agenda dalam kegiatan Lokakarya ini adalah sebagai berikut:

  1. Pemaparan materi Worshop oleh keynote speaker
  2. Diskusi ilmiah terkait Persiapan Visitasi Akreditasi Program Studi
  3. Pembahasan Persiapan Visitasi per prodi

Dengan narasumber yang sama dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yaitu Bapak Dr. Muhammad Fakhri Husein, S.E., M.Si, dan tetap di ketuai oleh Kaprodi Bahasa Inggris yaitu ibu Hj. Lenny Marzulina, M.Pd dan sebagai peserta yaitu masih dosen dari setiap prodi di Fakultas Ilmu Tarbiyah & Keguruan.

Tema yang diusung dalam Lokakarya ini adalah “Melalui Workshop Persiapan Visitasi Akreditasi Program Studi, Kita Tingkatkan Mutu Program Studi pada FITK UIN Raden Fatah Palembang”. Dan tujuan dari kegiatan Workshop Persiapan Visitasi Akreditasi Program Studi ini sama dengan tujuan dari workshop pengisian borang akreditasi.

Dan akhir dari kegiatan tersebut ditutup dengan foto bersama bapak narasumber.

Sumber : Team Jurnalistik FITK