Selamat Datang di Situs Resmi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang  

LP2M Gelar Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah di Jurnal Akreditasi dan Internasional

Dikirim oleh : Jurnal UIN Raden Fatah Palemba | Hist : 45 | Kategori : UIN Raden Fatah Palembang | 24/05/2017 15:42:31 WIB

Palembang - Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah untuk Jurnal Akreditasi Nasional dan Bereputasi Internasional Terindeks yang diselenggarakan pada Rabu, 24 Mei 2017 di Ruang Seminar FITK dengan Prof. Dr. Siti Nurmaini, M.T. sebagai narasumber.

Palembang- LP2M UIN Raden Fatah Palembang kembali menggelar kegiatan untuk peningkatan mutu akademik khususnya publikasi para dosen. Kegiatan ini bagian dari empat kegiatan dalam Penguatan Manajemen Jurnal Elektronik. Kegiatan kedua ini adalah Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah untuk Jurnal Akreditasi Nasional dan Bereputasi Internasional Terindeks yang diselenggarakan pada Rabu, 24 Mei 2017 di Ruang Seminar Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan dengan Prof. Dr. Siti Nurmaini, M.T. (Universitas Sriwijaya) sebagai narasumber.

Ketua Panitia Dr. M. Noupal, M.Ag. dalam kata sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai rangkaian dari empat kegiatan yang bertujuan membimbing para dosen dalam menulis artikel yang berkualitas. Beliau juga menyampaikan ucapan terima kasih atas kesediaan Ibu Siti Nurmaini untuk memberi pencerahan kepada para dosen menuju pencapaian penulisan jurnal bereputasi internasional. Dan juga, terima kasih atas kerja keras para panitia LP2M.

Ketua LP2M Dr. Syefriyeni, M.Ag, dalam kata sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini dalam rangka menunjang IKU Rektor pada tahun 2017, dan juga ini bentuk daripada peran LP2M dalam membangkitkan semangat para dosen untuk mampu mempublikasikan artikelnya di jurnal bereputasi internasional. Disamping ketersediaan dana penelitian, sekaligus adanya tantangan bahwa data-data dan hasil penelitian harus dipublikasikan pada jurnal-jurnal terakreditasi. Hal ini ditambah lagi dengan penguatan telah diterbitkannya Keputusan Diktis nomor 1056 th 2017, tentang panduan umum perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan penelitian pada PTKI, yang mewajibkan artikel hasil penelitian dimuat di jurnal terindeks.

Wakil Rektor I Dr. Ismail Sukardi, M.Ag. dalam kata sambutannya menyampaikan bahwa mengapresiasi kerja LP2M pada penyelenggaran kegiatan ini dalam rangka mewujudkan IKU Rektor.

“Mari bersama-sama kita mendukung IKU Rektor salah satunya melalui publikasi ilmiah” (24/5)

Selanjutnya Beliau menambahkan bagi para dosen untuk berlomba-lomba dalam menulis artikel di jurnal terakreditasi dan internasional. Dan, mari kita jadikan skala prioritas dalam penulisan jurnal. InsyaAllah dalam dua tahun ke depan, kita akan melahirkan para dosen yang mempublikasikan artikel yang terindeks di Scopus.

Setelah pembukaan acara, Prof. Siti Nurmaini menyampaikan materi tentang Google Scholar ID, Orcid ID, ResearchGate ID, dan dilanjutkan dengan materi Writing a Scientific Manuscript.

“Para dosen perlu memiliki ID Google Scholar dan Orcid sebagai perpustakaan pribadi sekaligus sarana promosi peneliti dan kampus”. (24/5) (Padjrin LP2M)

Sumber : LP2M