Selamat Datang di Situs Resmi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang  

Upacara Hari Lahir Pancasila di UIN Raden Fatah Palembang

Dikirim oleh : UIN Raden Fatah Palembang | Hist : 47 | Kategori : UIN Raden Fatah Palembang | 01/06/2017 09:57:03 WIB

Palembang - Rafah, Kamis, 1 Juni 2017, hari ini seluruh sivitas akademika melaksanakan upacara bendera memperingati hari lahir Pancasila 1 Juni 1945 - 1 Juni 2017. bertempat di halaman rektorat kantor pusat UIN Raden Fatah

Bertindak sebagai pembina upacara Rektor, Prof. Drs. HM. Sirozi, MA. PhD. dan diikuti seluruh sivitas akademika.

Dengan dilaksanakannya upacara dalam memperingati hari lahirnya  Pancasila. Ini merupakan sebuah wujud bahwa kita cinta Indonesia, cinta Pancasila, cinta NKRI. Sehingga diharapkan seluruh komponen bangsa Indonesia dapat menerapkan nilai-nilai pancasila ke dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan Ir. Soekarno, piagam Jakarta 22 Juni 1945, dan rumusan final pancasila tanggal 18 Agustus 1945 adalah jia besar para founding fathers, para ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok Nusantara.sehingga kita bisa membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan kita.Harus diingat bahwa kodrat bangsa lndonesia adalah keberagaman.

Takdir Tuhan untuk kita adalah keberagaman. Dari Sabang sampai Merauke adalah keberagaman. Dari Miangas sampai Rote adalah juga keberagaman. Berbagai etnis, bahasa, adat istiadat, agama, kepercayaan dan golongan bersatu padu membentuk lndonesia. ltulah ke-bhinneka tunggal ika-an kita.

Dengan dilaksanakannya upacara dalam memperingati hari lahirnya  Pancasila. Ini merupakan sebuah wujud bahwa kita cinta Indonesia, cinta Pancasila, cinta NKRI.

 

Sumber : Humas UIN 2017