Selamat Datang di Situs Resmi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang  

PRODI PIAUD GELAR RAMADHAN CERIA SELAMA RAMADHAN 1438 H

Dikirim oleh : Admin PUSTIPD UIN Raden Fatah | Hist : 42 | Kategori : UIN Raden Fatah Palembang | 04/06/2017 20:58:50 WIB

Palembang - Tibanya bulan suci Ramadhan tidak disia-siakan begitu saja oleh Program Studi Pendidikan Islam Anak Usian Dini (PIAUD) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang untuk menempa dan menggembleng mahasiswanya.

Tibanya bulan suci Ramadhan tidak disia-siakan begitu saja oleh Program Studi Pendidikan Islam Anak Usian Dini (PIAUD) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang untuk menempa dan menggembleng mahasiswanya. Momentum ini dimanfaatkan dengan menggelar program Ramadhan Ceria 1438 H dengan tema  Mencari Makna Ramadhan ; Sehangat Semangat, Senikmat Berbagi.  

Prodi PIAUD menyadari betapa meruginya jika melewatkan momentum bulan penuh berkah ini jika tidak diisi dengan kegiatan pembinaan spritualitas. Sebab ibadah Puasa bukan sekadar kewajiban tahunan dengan menahan lapar dan haus saja, setelah itu tidak berbekas dalam jiwa. Namun ibadah puasa diyakini selain memiliki dimensi ritualitas sebagai sarana pembentukan saleh individu yang menjadi ukuran tingkat kwalitas keberagamaan seseorang juga akan melahirkan realitas-realitas sosial yang saleh pula, sebab puasa dimaknai sebagai jalan memberi petunjuk ke arah transformasi sosial.

Program kegiatan ini adalah salah satu bagian dari implementasi Visi dam Misi Prodi PIAUD yaitu menjadi Program Studi yang menghasilkan lulusan beriman, bertaqwa, profesional, unggul dalam bidang penelitian, keterampilan, bakat dan minat pada tahun 2022 di Sumatera Selatan. Dimana program Ramadhan Ceria ini dimaksudkan sebagai sarana pembinaan mental spritual dan intelektual mahasiswa dalam mengembangkan potensi, bakat, dan ilmu pengetahuan yang diperoleh selama menjalani program studi pendidikan.  

Kegiatan yang telah dimulai pada tanggal 29 Mei 2017 yang lalu ini meliputi : Aksi Marhaban, Medsos Ramadhan, One Day One Suroh, Dhuha Kita, Tausiyah Ruhiyah, Kuliah Jum’at, Ramadhan Berbagi, Tahsinul Qiroah, Khataman Al-Qur’an, Buka Bersama dan Sahur Bersama, ditutup dengan kegiatan Malam Bina Iman Taqwa (mahasabah). kegiatan ini dipusat kan di tiga tempat yaitu kantor Prodi PIAUD, Sekretariat HMJ dan gedung Academik Centre.

Kegiatan Aksi Marhaban dimulai sebagai awal seluruh rangkaian kegiatan, dengan melakukan kegiatan opening ceremony dan orientasi kegiatan. Kemudian diikuti dengan kegiatan yang bersifat harian yaitu One Daya One Suroh dimana kegiatan ini mengharuskan mahasiswa membaca dan menghafal surat pada Juz 30 selama 30 hari penuh yang targetnya dapat dijadikan sebagai persiapan program Tahfidzul Qur’an Prodi PIAUD yang setoran bacaan dan hafalanya dilakukan pada saat kegiatan Tahsinul Qiroah di hari Jumat. Selain itu prodi PIAUD juga menyelenggarakan kegiatan Dhuha Kita yang diikuti seluruh mahasiswa, staf dan dosen. Kegiatan ini dipusatkan di Sekretariat HMJ bagi mahasiswa baik individual maupun berjama’ah sedangkan staf dan dosen di kantor Prodi.

Untuk kegiatan yang bersifat mingguan telah dimulai pada hari Jum’at tanggal 2 Juni 2017 di Gedung Academik Centre yang kemudian dilanjutkan di Kantor Prodi PIAUD. Kegiatan lainya adalah Ramadhan berbagi yang mengajak mahasiswa Staf dan dosen PIAUD dalam memberikan donasi untuk disalurkan kepada anak yatim dimana kegiatan ini adalah bagian penting dari upaya menanamkan spritualitas dalam bentuk saleh secara sosial. 

Untuk mendokumentasikan dan menyebarluaskan kegiatan ini dilakukan kegiatan Medos Ramadhan dimana seluruh rangkaian kegiatan yang bersifat harian maupun mingguan di upload dimedia sosial dengan tujuan sebagai sarana duplikasi dan memberi motivasi kepada sesama mahasiswa di lingkungan UIN Raden Fatah.

Sumber : Muhtarom