Selamat Datang di Situs Resmi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang  

HARI PERTAMA UJIAN MASUK JALUR MANDIRI

Dikirim oleh : UIN Raden Fatah Palembang | Hist : 57 | Kategori : UIN Raden Fatah Palembang | 05/07/2017 17:12:41 WIB

Palembang - Hari ini, Rabu tanggal 5 Juli 2017 UIN Raden Fatah Palembang mulai mengadakan ujian masuk bagi calon mahasiswa baru di UIN Raden Fatah melalui jalur Ujian Saringan Mandiri (USM).

HARI PERTAMA UJIAN MASUK JALUR MANDIRI

Hari ini, Rabu tanggal 5 Juli 2017 UIN Raden Fatah Palembang mulai mengadakan ujian masuk bagi calon mahasiswa baru di UIN Raden Fatah melalui jalur Ujian Saringan Mandiri (USM). Jalur ini dilaksanakan selama 5 hari, mulai tanggal 5 – 10 Juli 2017. Setiap harinya ujian ini dilaksanakan sebanyak 4 (empat) sesi. Masing-masing sesi diberikan waktu selama lebih kurang 90 menit. Sesi Pertama dimulai pada pukul 08.00 – 09.45, Sesi Kedua pada pukul 10.00 – 11.45, Sesi Ketiga pada pukul 13.00 – 14.45, dan Sesi Keempat pada pukul 15.00 – 16.45. Jalur USM ini dilaksanakan dengan sistem Computer Based Test (CBT).

Menurut Kasub Akademik BAAK UIN Raden Fatah Drs. Muhammad Taher, M.Pd.I., ujian masuk mahasiswa jalur mandiri ini terdiri dari 6 (enam) ruangan, yaitu;  laboratorium komputer PUSTIPD (Kelas A, Kelas B, dan Kelas C), laboratorium komputer Fakultas Dakwah (Kelas A dan Kelas B), dan Laboratorium komputer Fakultas Tarbiyah. Masing-masing ruangan di Laboratorium PUSTIPD sebanyak 20 orang (jumlah 60 orang), di laboratorium Fakultas Dakwah dan laboratorium Fakultas Tarbiyah masing-masing 30 orang per ruangan (jumlah 90 orang). Jadi total yang mengikuti ujian pada hari ini sebanyak 150 orang peserta.

Soal-soal yang diujikan pada setiap sesi ada 100 soal, terdiri dari materi agama sebanyak 30 soal, Bahasa Arab 10 soal, Bahasa Indonesia 10 soal, Bahasa Inggris 10 soal, numerik 15 soal, penalaran 15 soal, dan verbal 10 soal.

Dari pantauan langsung di lapangan ujian berlangsung dengan sangat tertib dan tenang. Semua peserta hadir meskipun ada yang datang agak terlambat. Ada juga peserta yang tidak memiliki kartu identitas sebagai syarat mengikuti ujian.

Saat meninjau langsung kegiatan ujian, didampingi tim Humas UIN Raden Fatah, Wakil Rektor I Dr. Ismail Sukardi, M.Ag menyampaikan bahwa pelaksanaan ujian masuk mahasiswa baru jalur mandiri ini perlu ditingkatkan terus kualitasnya. Baik terkait kualitas soal, sarana IT, maupun layanan oleh panitia dan pengawas ujian. Terkait peserta yang tidak memiliki identitas ketika mengikuti ujian, beliau menginstruksikan agar pihak panitia menyiapkan dokumen berita acara dan surat pernyataan.  Para peserta di hari-hari berikut diharapkan lebih tertib dan datang tepat waktu.

Selain jalur USM, UIN Raden Fatah juga akan menyelenggarakan ujian masuk jalur mandiri bersama (SMMPTN-Barat) pada tanggal 8 Juli 2017 nanti.

Sumber : Humas UIN 2017 (Elis, Ira, Bani)