Selamat Datang di Situs Resmi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang  

PEMBUKAAN RIHLAH ILMIAH KE IV

Dikirim oleh : Humas UIN Raden Fatah Palemban | Hist : 39 | Kategori : UIN Raden Fatah Palembang | 28/07/2017 09:13:46 WIB

Palembang - Pertemuan para mudir Ma’had al-Jamiah se-Sumatera, sebagian Jawa, dan Sulawesi. Bertempat di gedung Akademik Center, pada hari Rabu, tanggal 26 Juli 2017. Acara dimulai pada pukul 19.30 sampai dengan selesai.

Acara ini mengambil tema Islam rahmatan lil ‘alamin dan dihadiri oleh 12 orang mudir Ma’had al-jami’ah se-Sumatera, sebagian Jawa, dan Sulawesi serta civitas akademika UIN Raden Fatah Palembang. Dalam kesempatan yang sama dilakukan penandatangan MoA yang dilakukan antara mudir se-Sumatera, sebagian Jawa, dan Sulawesi.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Dr. Muhammad Zain, S.Ag, M.Ag Kasubdit Penelitian, Publikasi Ilmiah, dan Pengabdian Masyarakat Direktorat Pendidikan Tinggi Agama Islam Kementerian Agama RI.

Dr. Muhammad Zain mengatakan beberapa tantangan bagi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) di Indonesia yang harus diperhatikan. Di antaranya perlunya PTKI menciptakan sebuah iklim literasi yang kuat, mengaplikasi pendidikan karakter dan integrasi ilmu pengetahuan. Pentingnya membangun karakter harus menjadi perhatian bersama civitas akademika di lingkungan PTKI. Hal ini mengingat pendidikan karakter sangat penting bagi wajah dan perkembangan suatu bangsa. Termasuk pemenuhan infrastruktur kampus harus terus dibenahi agar civitas akademika bisa betah dan kerasan menimba dan mengembangkan ilmu di kampus.

Dalam sambutannya rektor UIN Raden Fatah Palembang Prof. Drs. H. M. Sirozi, M.A Ph. D mengatakan bahwa “substansi dari pertemuan ini adalah memperkuat tali silaturahim dan membangun networking secara akademik. Atas nama seluruh pimpinan dan civitas akademika UIN Raden Fatah kami merasa sangat bahagia, berterima kasih dan bersyukur diberikan kesempatan untuk menjadi tuan rumah dalam kegiatan ini, karena saya yakin kegiatan ini akan menambah semangat dan motivasi para anggota civitas akademika UIN Raden Fatah untuk memperbesar dan memperkuat Ma’had al-Jamiah”, tegasnya.

Sementara itu mudir Ma’had al-Jamiah UIN Raden Fatah Dr. Munir, M. Ag mengucapkan terima kasih banyak atas kehadiran Bapak Dr. Muhammad Zain untuk membuka secara resmi rihlah ilmiah ini dan kepada rektor terima kasih atas dukungan dan apresiasi untuk acara ini. Kepada seluruh mudir yang hadir saya ucapkan selamat datang di kota Palembang. Semoga agenda tahunan ini akan terus berlanjut guna menambah erat tali silaturahmi dan kiranya acara seperti ini dapat menjadi agenda nasional, ujarnya.

Acara ini dimeriahkan oleh penampilan para mahasantri dengan menampilkan pembawa acara dengan menggunakan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris, hadroh dan marawis, pencak silat, tari gending sriwijaya, nasyid, dan harmoni.

Sumber : Humas UIN 2017 (Elis, Ira, Bani)