Selamat Datang di Situs Resmi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang  

LP2M: Sinergitas Pengelola Jurnal dan Penulis Perlu Diperkuat

Dikirim oleh : Jurnal UIN Raden Fatah Palemba | Hist : 37 | Kategori : UIN Raden Fatah Palembang | 28/08/2017 18:59:45 WIB

Palembang - Dalam menyukseskan kegiatan ini, panitia mengundang 3 narasumber yaitu Dr. Mahrus, M.Ag. (Kasi Publikasi Ilmiah Diktis Kemenag RI); Ismail Suardi Wekke, Ph.D. (Peneliti Sosial); dan Rovico, M.Hum. (STKIP PGRI Lubuklinggau).

Palembang – LP2M UIN Raden Fatah Palembang kembali menggelar kegiatan dengan tema “Penguatan Mutu Artikel dan Manajemen Jurnal pada LP2M (Klinik Manajemen Jurnal dan Subtansi Artikel untuk Persiapan Akreditasi)” pada Jum’at-Sabtu, 25-26 Agustus 2017 di Ruang Seminar Lt. IV Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Dalam menyukseskan kegiatan ini, panitia mengundang 3 narasumber yaitu Dr. Mahrus, M.Ag. (Kasi Publikasi Ilmiah Diktis Kemenag RI); Ismail Suardi Wekke, Ph.D. (Peneliti Sosial); dan Rovico, M.Hum. (STKIP PGRI Lubuklinggau).

Materi yang pertama disampaikan oleh Dr. Mahrus, M.Ag. tentang Kebijakan Diktis dalam meningkatkan kualitas publikasi ilmiah di PTKI dan Kiat-kiat Sukses mencapai jurnal terakreditasi nasional.

Adapun poin-poin penting yang disampaikan oleh Mahrus adalah 1) Diktis berperan aktif membantu para pengelola jurnal dalam menuju akreditasi melalui dukungan program bantuan maupun moral; 2) Perlunya sinergi antara penelitian, pengabdian, dan publikasi ilmiah; dan 3) Moraref perlu diperkuat sebagai sumber referensi dan indeksasi.

Selanjutnya, UIN Raden Fatah Palembang perlu memperkuat sinergitas antara pengelola jurnal dan penulis secara kontinu dalam upaya mewujudkan jurnal yang terakreditasi. UIN Raden Fatah Palembang perlu juga menyelenggarakan seminar dan konferensi internasional yang terkoneksi dengan pengelola jurnal, artinya artikel-artikel dari keduanya diterbitkan di jurnal bukan proseding.

Untuk itu, para pengelola jurnal perlu mempersiapkan diri sedini mungkin dari aspek pengelolaan jurnal yang profesional.

Kemudian, narasumber yang kedua yaitu Ismail Suardi Wekke, Ph.D., yang membedah artikel di jurnal Nurani, Ta’dib, Intizar, Tamaddun, dan Wardah.

Wekke menyampaikan para pengelola jurnal saat memperoleh artikel dari para penulis perlu dilakukan proses review dari Mitra Bestari, dari proses tersebut dapat dilihat apakah artikel tersebut berkualitas dan layak untuk diterbitkan.

Selanjutnya, narasumber yang ketiga Rovico, M.Hum. membedah kelima jurnal dari aspek manajemen. Dari proses review yang dilaksanakan, ada hal-hal yang perlu diperbaiki dari kelima jurnal tersebut di antaranya, manajemen referensi, proses reviewe, dan sebagainya. (PDHA)

Sumber : LP2M