Selamat Datang di Situs Resmi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang  

Workshop Nasional Online Research Skill dan Musyawarah Kerja APPTIS Sumatera

Dikirim oleh : Admin PUSTIPD UIN Raden Fatah | Hist : 211 | Kategori : UIN Raden Fatah Palembang | 20/11/2017 23:23:34 WIB

Palembang - Rektor UIN Raden Fatah Palembang membuka secara resmi kegiatan Workshop Online Research Skill se-Sumatera. Kegiatan yang dilaksanakan oleh UPT Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang bertempat di Hotel Grand Duta Syariah Palembang(17/11).

Kegiatan Workshop Online Research Skill se-Sumatera ini langsung di buka secara resmi oleh Rektor UIN Raden Fatah Palembang Prof. Drs. M. Sirozi. Ph. D. Kegiatan yang dilaksanakan oleh UPT Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang berlangsung dari tanggal 17 s/d 19 Nopember 2017 bertempat di Hotel Grand Duta Syariah Palembang (17/11).

UPT Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang mengadakan Workshop Nasional  "Online Research Skill dan Musyawarah Kerja Asosiasi Perpustakaan Perguruan Tinggi Islam (APPTIS) Sumatera." Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 17 s/d 19 Nopember 2017 bertempat di Hotel Grand Duta Syariah Palembang.

Kegiatan ini di hadiri dari berbagai perguruan tinggi Islam se-Sumatera antara lain UIN Ar-Raniry Banda Aceh, UIN Sultan Syarif Kasim Riau, UIN Imam Bonjol Padang, UIN Sultan Thaha Jambi, UIN Raden Intan Lampung, IAIN Bengkulu, STAIN Batusangkar, STAIN Kerinci, STAIN Curup.

Workshop online ini diikuti 70 peserta, terdiri dari 47 Peserta dari Palembang dan 23 orang dari luar Palembang,  terdiri dari Aceh 1 orang, UIN SUSKA Riau 1 orang, UIN Padang 9 orang, UIN Batu Sangkar 4 orang, UIN Jambi 1 orang, UIN Lampung 1 orang, STAIN Kerinci 2 orang, IAIN Bengkulu 2 orang, STAIN Curup 2 orang.

Kepala Perpustakaan UPT UIN Raden Fatah Palembang, Nurmalina, S.Ag., SS., M.Hum, mengatakan "Ada tiga agenda besar dalam kegiatan ini, Pertama Workshop Online Research Skill, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengelola perpustakaan dalam mengakses dan mengelola informasi online. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini pengelola perpustakaan tidak hanya menyimpan ilmu itu untuk dirinya sendiri, tetapi mampu menyebarkan ilmu tersebut kepada sivitas akademika di perguruan tinggi masing-masing."


"Kedua, Musyawarah Kerja Asosiasi Perpustakaan Perguruan Tinggi Islàm (APPTIS) Sumatera. Asosiasi ini sebagai wadah berkumpulnya  kepala perpustakaan dan pengelola perpustakaan Perguruan tinggi Islam Negeri se Sumatera untuk bersinergi dalam memajukan perpustakaan."


"Ketiga, Musyawarah pembentukan Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia ( FPPTI) Sumatera Selatan. Dalam musyawarah ini terpilih kepala perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang, ibu Nurmalina sebagai ketua. Diharapkan dengan adanya forum ini perpustakaan perguruan tinggi di Palembang khususnya dan Sumatera Selan umumnya dapat saling bekerjasama dalam mengembangkan perpustakaan."

"Musyawarah Kerja APPTIS (Asosiasi Perpustakaan Perguruan Tinggi Islam) Wilayah Sumatera ini mulai terbentuk pada tanggal 21 April 2017 di IAIN Bengkulu dan pengurusnya sudah dilantik pada Simposiun Perpustakaan di Kediri tanggal 14 Juli 2017", lanjutnya.(Adm)