Selamat Datang di Situs Resmi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang  

LP2M Adakan Sosialisasi dan Pembekalan KKN Mandiri tahun 2017

Dikirim oleh : Jurnal UIN Raden Fatah Palemba | Hist : 749 | Kategori : UIN Raden Fatah Palembang | 29/11/2017 15:53:56 WIB

Palembang - Untuk meningkatkan pengejewantahan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, diadakanlah Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mandiri tahun 2017 dengan mengusung tema ‘KKN Berbasis Riset dan Pengembangan Potensi Lokal Berkarakter’.

Menyelenggarakan program Pengabdian kepada masyarakat menjadi salah satu dari tugas pokok dan fungsi terpenting Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Raden Fatah Palembang, yang juga merupakan pengejewantahan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Untuk meningkatkan upaya tersebut, diadakanlah Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mandiri tahun 2017 dengan mengusung tema ‘KKN Berbasis Riset dan Pengembangan Potensi Lokal Berkarakter’.

Sebagai langkah awal dari kegiatan ini, diadakanlah Sosialisasi dan Pembekalan bagi peserta. Bertempat dimasjid Darul Muttaqin Kampus UIN Raden Fatah Palembang, Ahad (26/11/2017).

Hadir pada kegiatan ini adalah Wakil Rektor I bidang Akademik Dr. Ismail Sukardi, M.Ag, Ketua LP2M Dr. Syefriyeni, M.Ag, Kapus P2M Dr. Achmad Syarifudin, MA, dan Kapuslitpen Dr. M. Noupal, M.Ag.

Peserta KKN Mandiri tahun 2017 sebanyak 453, mahasiswa yang terdiri dari sembilan Fakultas di lingkungan UIN Raden Fatah Palembang. Peserta KKN akan ditempatkan di pinggiran wilayah Palembang. Untuk membimbing mahasiswa selama KKN di lapangan, diterjunkan 13 (tiga belas) orang DPL yang terpilih. Dua diantaranya adalah DPL teladan yang sudah pernah mendapatkan apresiasi dari Rektor melalui LP2M.

Narasumber pada kegiatan ini adalah Dr. Syefriyeni, M.Ag, Dr. Achmad Syarifudin, MA, Dr. Ismail Sukardi, M.Ag dari UIN Raden Fatah, sedangkan dari luar UIN ada Kabag Kesra Pemkot Palembang H. Riza Pahlevi, MA dan Ibu Kusmaneti, SE., M.Si dari BNN Provinsi Sumsel.

Dalam sambutannya, Ketua LP2M Dr. Syefriyeni, M.Ag mengatakan bahwa pertimbangan diadakannya KKN Mandiri ini untuk mengakomodir kebutuhan mahasiswa tingkat akhir, karena sudah banyak mahasiswa yang ingin ber-KKN melaksanakan pengabdian, dan juga untuk menyelesaikan studi dengan cepat. Diantaranya ada mahasiswa yang sudah bekerja, atau berkeluarga. Dikarenakan jadwal KKN reguler butuh waktu untuk menunggu jadwalnya, maka ‘KKN Mandiri’ adalah salah satu alternatif pilihan.

Acara ini dibuka langsung oleh Bapak Ismail Sukardi selaku Wakil Rektor I Bidang Akademik, yang dalam sambutannya mengatakan bahwa wujud pengabdian yang dilakukan oleh mahasiswa adalah dalam bentuk riset dan pengembangan, oleh karenanya setiap kelompok tidak hanya satu prodi saja, tetapi dari berbagai prodi, sehingga adanya kolaborasi dalam pengabdian yang terintegrasi dengan penelitian.

Sumber : LP2M