Selamat Datang di Situs Resmi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang  

Seminar Nasional “Merajut Kesatuan Berbangsa dengan Politik dan Komunikasi berbasis Kearifan Melayu”

Dikirim oleh : Fisip Admin | Hist : 500 | Kategori : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik | 30/11/2017 20:47:49 WIB

Palembang - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Raden Fatah mengadakan Seminar Nasional “Merajut Kesatuan Berbangsa dengan Politik dan Komunikasi berbasis Kearifan Melayu”

        Kamis, 30/11 telah dilaksanakan Seminar Nasional “Merajut Kesatuan Berbangsa dengan Politik dan Komunikasi berbasis Kearifan Melayu”, Dalam acara tersebut dihadiri oleh Rektor UIN Raden Fatah Palembang Prof. H. M. Sirozi, Ph.D,  Dekan FISIP UIN Raden Fatah Palembang Prof. Dr.H.Izomiddin, MA Pengamat Politik Prof. Budiman Rusli, Ketua Asosiasi Pendidikan Komunikasi Pusat Dr. Heri Budianto, M.Si, Tokoh Ulama Sumsel K.H. Mal an Abdullah, Kepala PUSTIPD Fahruddin, M.Kom, Wakil Dekan I,II,III Fakultas Syariah, Wakil Dekan I,II,II FISIP UIN Raden Fatah, Dosen dan Pegawai FISIP UIN Raden Fatah, Dosen lingkungan UIN Raden Fatah, para awak media massa dan media cetak, Abiasa Abichandra FISIP UIN Raden Fatah, Dema FISIP, HMPS Ilmu Komunikasi, HMPS Ilmu Politik, serta mahasiswa FISIP UIN Raden Fatah. Bertempat di Ruang Munaqosyah Lantai 3 Fakultas Syariah dan Hukum.

         Acara ini dimulai dengan Pembukaan, kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars UIN, Pembacaan Ayat suci al-Quran oleh Zulva Hurin in, selanjutnya sambutan Dekan FISIP UIN Raden Fatah Palembang, beliau mengatakan beberapa bulan mendatang akan ada pesta Demokrasi Pilkada Serentak 2018, maka dengan adanya Pesta Demokrasi tersebut maka seminar ini diselanggarakan. Persoalan yg menjadi pertanyaan kita apakah bisa berlangsung terkendali, kesatuan dan persatuan yang tdak ternilai harganya bisa dilihat dari apakah bangsa it bersatu atau tidaknya, dan melalui beberapa narusumber yg hadir bisa memberikan kontribusi dalam rangka bersiap diri dan mengantisipasi itu semua, seperti kearifan melayu yang merupakan ciri persatuan kesatuan masyarakat.

Selanjutnya Sambutan Rektor UIN Raden Fatah Palembang sekaligus membuka acara Seminar Nasional, beliau menyampaikan bahwa Kehadiran para narasumber dalam acara Seminar Nasional ini dapat memberikan kontribusi, dan kompetensi untuk FISIP UIN Raden Fatah Palembang, seperti yang diketahui mahasiswa FISIP banyak berprestasi tidak hanya Regional maupun Internasional tentunya melalui seleksi khususnya Prodi Ilmu Komunikasi, harapannya ke depan FISIP menjadi Center of Excelent, pengayaan dan penguatan namun jangan berpuas diri. Melihat tema dalam Seminar Nasional ini adalah tema yang sangat menantang bagi para pengkaji, para peneliti, jadi tidak hanya menjadi penonton namun harus ikut berkontribusi di dalam menata politik khususnya peradaban melayu, banyak kearifan lokal yang bisa diambil untuk memperkuat persatuan dan kesatuan. NKRI Harga mati namun blm byk mengetahui apa yang harus diberikan, tidak menjadi retorika tapi membumi dan membatin. Seperti Islam di Indonesia dahulu Era Gusdur yaitu Islam Kultural, tidak otomatis ala amerika, ala eropa, maka dari itu kita harus mengeksplorasi, masyarakat berpartisipasi dalam demokrasi namun panggilan dari budaya sehari-hari. Kemudian acara ditutup dengan doa yang dipimpin langsung oleh mahasiswa FISIP Prodi Ilmu Politik Joni Iskandar.

            Dengan Terselenggaranya acara ini begitu menarik perhatian baik Para Pimpinan, Dosen, Media, dan mahasiswa sehingga para peserta sangat antusias ikut serta dalam acara tersebut. Semoga acara ini dapat memberikan kontribusi tidak hanya bagi FISIP UIN Raden Fatah, maupun yang berada di Fakultas lainnya di lingkungan UIN Raden Fatah serta yang di luar UIN Raden Fatah. Harapannya ke depan FISIP dapat mengadakan Acara-acara lainnya yang bisa mendidik dan memberi atensi bagi UIN Raden Fatah sendiri khususnya.

 

Sumber : Fisip Admin