Selamat Datang di Situs Resmi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang  

Serah Terima KKN Mandiri 2017 dengan Pemkot Palembang

Dikirim oleh : Admin PUSTIPD UIN Raden Fatah | Hist : 206 | Kategori : UIN Raden Fatah Palembang | 04/12/2017 21:40:06 WIB

Palembang - Bertempat di mesjid Darul Muttaqin UIN Raden Fatah Palembang, kamis (30/11/2017) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Raden Fatah melaksanakan Serah Terima Peserta KKN Mandiri tahun 2017 dengan pemerintahan kota Palembang.

Hadir pada acara ini adalah para unsur pejabat dan pimpinan UIN Raden Fatah; Dr. RR. Rina Antasari, SH., M.Hum selaku Wakil Rektor III yang mewakili Rektor, Drs. Andi M. Darlis selaku Ka. Biro AUPK, Ketua LP2M Dr. Syefriyeni, M.Ag, Kapus Pengabdian kepada Masyarakat Dr. Achmad Syarifuddin, M.A, dan kapus lainnya, para Dekan dan Wakil Dekan, serta Dosen Pembimbing Lapangan yang berjumlah 13 orang. Sedangkan pihak yang menerima adalah Pemerintah Kota Palembang diwakili oleh Sekretaris Disdik kota Palembang Drs. Karim Kasim, SH., MM.

Dr. Syefriyeni, M.Ag selaku Ketua LP2M mengawali sambutannya dengan mengatakan bahwa Kuliah Kerja Nyata adalah merupakan program pengabdian kepada masyarakat yang merupakan salah satu Tridharma Perguruan Tinggi, artinya sebuah Perguruan Tinggi wajib melakukan pengabdian kepada masyarakat” ujar beliau diawal sambutannya.

Beliau menambahkan bahwa Tema KKN yang diusung oleh LP2M kali ini adalah ‘KKN Berbasis Riset dan Pengembangan Potensi Lokal Berkarakter’, karena Perguruan Tinggi tidak bisa lepas dari riset, yang merupakan distingsi bergengsinya.

KKN Mandiri tahun 2017 terlaksana berkat adanya usulan dari mahasiswa dan para pimpinan di lingkungan UIN Raden Fatah Palembang, dengan tujuan agar tidak ada penumpukan “antri” mahasiswa yang akan ber-KKN, sehingga mahasiswa bisa menyelesaikan studi tepat waktu.

Mahasiswa yang akan melaksanakan KKN Mandiri berjumlah 453 orang, terdiri dari 9 Fakultas dilingkungan UIN Raden Fatah Palembang, dan dibagi kedalam 39 kelompok, dengan didampingi oleh 13 Dosen Pembimbing Lapangan selama lebih kurang 40 hari. Dan, akan disebar ke 18 kelurahan pada 4 kecamatan di kota Palembang yaitu, kecamatan Sako, Sematang Borang, Kalidoni, dan Gandus.

Beliau berharap agar Rektor UIN Raden Fatah yang diwakili oleh Wakil Rektor III bidang Kerjasama dan Kemahasiswaan dapat menyerahkan mahasiswa secara resmi ke pihak Pemerintah Kota Palembang. “Harapan kami agar adanya proses serah terima dari UIN Raden Fatah ke Walikota Palembang dan menandatangani berita acara” ujar beliau dengan semangat.

Dr. RR. Rina Antasari, M.Hum selaku Wakil Rektor III menyerahkan secara resmi peserta KKN Mandiri tahun 2017. Beliau berpesan kepada Sekretaris Disdik Pemkot selaku perwakilan Walikota Palembang untuk memberikan arahan dan nasehat kepada adik-adik mahasiswa. Beliau juga mengucapkan terimakasih kepada Bapak Walikota karena diperbolehkan melaksanakan KKN di kota Palembang.

Beliau juga berpesan kepada mahasiswa agar menjadikan kegiatan KKN sebagai kegiatan yang bisa dilakukan antara Dosen dan Mahasiswa, dan melakukan dengan sepenuh hati.

“Jangan ada kesan KKN Mandiri ini ecak-ecak KKN, semua aturan harus dipenuhi, semua disiplin harus ditaati” ujar beliau disambut dengan tawa peserta.

Beliau menambahkan bahwa KKN mandiri kali ini berlokasi di pinggiran kota Palembang, yang menurut data masih banyak anak yang putus sekolah, kemiskinan, dan gelandangan. Maka dari itu pemerintah kota Palembang berharap adanya informasi dari mahasiswa tentang kehidupan sosial di masyarakat.

Diakhir sambutannya beliau berpesan bahwa membangun kota sama dengan membangun provinsi, dan membangun provinsi sama dengan membangun negara kesatuan Republik Indonesia.

Sekretaris Disdik Kota Palembang, yang bertindak mewakili Walikota Palembang Drs. Karim Kasim, SH., MM menyambut baik KKN Mandiri mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang, beliau berharap agar mahasiswa melakukan tugas dengan baik dan jangan memberikan kesan negatif di tengah masyarakat.

“Kami sangat senang dengan KKN mahasiswa UIN Raden Fatah, kami akan memberikan informasi kepada mahasiswa dan kami siap menerima laporan dan informasi dari lapangan.

Beliau melanjutkan agar apa yang didapat dari UIN selama belajar dipraktikkan di masyarakat. “Jaga kesehatan, jaga tingkah laku” ujarnya diakhir sambutan.

Acara diakhiri dengan Penandatangan berita acara serah terima antara UIN Raden Fatah dan pemerintah Kota Palembang.(IBN)

Sumber : LP2M