Selamat Datang di Situs Resmi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang  

Pengabdian Kepada Masyarakat Program Studi Pendidikan Fisika FITK

Dikirim oleh : Arip Fakultas Tarbiyah | Hist : 673 | Kategori : UIN Raden Fatah Palembang | 12/12/2017 23:58:47 WIB

Palembang - Pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat Program Studi Pendidikan Fisika dengan Tema “Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pembelajaran Fisika”, Selasa 12 Desember 2017.

Bertempat di ruang Seminar LT. IV Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Kegurua UIN Raden Fatah Palembang. Prodi Pendidikan Fisika selaku pelaksana kegiatan mengundang para guru sebagai peserta dari berbagai macam sekolah di Palembang. Kegiatan ini di ketuai oleh Kaprodi Fisika Sujinal Arifin, M.Pd serta di bantu oleh staf dan anggota lainnya.

Dalam pembelajaran ilmu fisika, sebagian besar memerlukan media peraga atau alat penunjang untuk memudahkan pemahaman materi tersebut terutama untuk materi yang berhubungan dengan fenomena-fenomena alam. Di satu sisi, eksperimen merupakan salah satu metode yang biasa digunakan untuk memudahkan pemahaman, tetapi dalam kenyataannya metode ini terdapat beberapa kendala diantaranya keterbatasan waktu yang tersedia, peralatan yang kurang memadai serta kurang responnya siswa terhadap apa yang sedang dihadapi. Oleh karena itu, diperlukan pemanfaatan TIK sebagai media pembelajaran dalam bentuk media virtual atau multimedia interaktif. Dimana dengan media virtual ini siswa bisa melakukan eksperimen untuk membuktikan suatu teori dengan mudah, jelas, dan tepat. Atas dasar pemikiran di atas, maka Pelatihan yang diadakan Program Studi Pendidikan Fisika dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat berjudul “Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pembelajaran Fisika”.

  

Secara umum tujuan dari pelaksanaan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kualitas guru-guru mata pelajaran Fisika dalam bidang media pembelajaran berbasis komputer, dan secara khusus adalah untuk memudahkan para guru dalam mencari ilmu-ilmu dan bahan ajar ilmu Fisika.

Sumber : Team Jurnalis FITK