Selamat Datang di Situs Resmi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang  

Meski Baru, Prodi Ilmu Politik FISIP UIN Raden Fatah Raih Akreditasi B

Dikirim oleh : Admin PUSTIPD UIN Raden Fatah | Hist : 966 | Kategori : Kemahasiswaan | 08/02/2018 13:03:32 WIB

Palembang - Program Studi Ilmu Politik FISIP UIN Raden Fatah, yang mendapatkan nilai akreditasi B dari BAN PT melalui SK No. 15/SK/BAN-PT/Akred/S/I/2018 tertanggal 3 Januari 2018

Status sebagai sebuah program studi baru ternyata tidak menghalangi untuk mendapat nilai yang baik. Hal ini dibuktikan oleh Prodi Ilmu Politik FISIP UIN Raden Fatah, yang mendapatkan nilai akreditasi B dari BAN PT melalui SK No. 15/SK/BAN-PT/Akred/S/I/2018 tertanggal 3 Januari 2018. Prodi ini sendiri baru beroperasional sejak 2015 lalu.

            “Akreditasi B merupakan sebuah pencapaian yang luar biasa, mengingat prodi ini masih baru, belum ada lulusan. Hal ini diharapkan bisa pula menambah daya tarik masyarakat untuk kuliah di FISIP UIN Raden Fatah. Kita bisa buktikan bahwa walau masih muda, akreditasi yang baik bisa diraih. Sangat melegakan sekali, dan masa berlakunya juga lima tahun sampai tahun 2023,” ujar Dr. Yenrizal, M.Si selaku Wakil Dekan I FISIP UIN Raden Fatah.

            Mencapai nilai B tentu tidak mudah. Berbagai keterbatasan masih dirasakan, dan hal ini diakui juga oleh Dr. Yenrizal. “Tidak mudah memang, harus kerja keras dan kerja tim yang sungguh-sungguh. Kita persiapkan sudah sejak 2 tahun lalu, semua dokumen dikumpulkan, kurikulum dibenahi, karya dosen juga didorong, termasuk pula prestasi mahasiswa. Semua berusaha dimaksimalkan,” ujarnya.

            Sementara itu, Kaprodi Ilmu Politik, Andi Candrajaya, M.Hum mengakui bahwa tercapainya Akreditas B ini dikarenakan sinergitas antara seluruh unsur FISIP dan mahasiswa. Koordinasi tanpa putus yang dilakukan oleh Ketua Prodi terhadap mahasiswa sehingga memudahkan dalam pengumpulan persyaratan akreditasi. Bukan hanya itu, banyak hasil penelitian dosen FISIP khususnya Program Studi Ilmu Politik yang memiliki kontribusi besar terhadap akreditasi. Hal ini terlihat dari karya mereka di jurnal nasional, internasional maupun buku-buku yang ditulis. Selain itu, berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh prodi ini dan juga atas nama fakultas, ikut menunjang maksimal terhadap pencapaian prestasi.

            “Kita ucapkan selamat untuk Prodi Ilmu Politik, semoga mahasiswanya akan terus bersemangat dan menunjukkan prestasi yang lebih baik. Target kita pada proses akreditasi berikutnya bisa dapat A, harus optimis. Kita juga masih ada satu prodi lagi yang masih dalam proses akreditasi yaitu Ilmu Komunikasi. Harapan kita minimal sama dengan capaian Ilmu Politik,” kata Dr. Yenrizal, M.Si. (ditulis oleh Muhammad Akbar, Mahasiswa Prodi Ilmu Politik FISIP UIN Raden Fatah)

 

Sumber : FISIP