Selamat Datang di Situs Resmi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang  

Prodi Perbandingan Mazhab dan Prodi Jinayah Sukses Hadapi CAV Stage 2 ISO 9001:2015

Dikirim oleh : Syariah Admin | Hist : 386 | Kategori : Fakultas Syari'ah dan Hukum | 09/02/2018 16:23:13 WIB

Palembang - Fakultas Syariah dan Hukum : Prodi Perbandingan Mazhab dan Prodi Jinayah Sukses Hadapi Continual Assesment Visit (CAV) Stage 2 ISO 9001:2015 pada tanggal 29 - 31 Januari 2018.

Untuk menjamin kontinuitas manajemen pengelolaan berstandar ISO di atas, BSI kembali melakukan Continual Assesment Visit (CAV) Stage 2 terhadap Prodi Perbandingan Mazhab dan Prodi Jinayah pada tanggal 29-31 Januari 2018

Dalam rangka menjamin mutu dan profesionalitas manajemen pengelolaan Program Studi, sejak tahun 2015 Prodi Perbandingan Mazhab dan Prodi Jinayah Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang telah melakukan audit eksternal melalui British Standards Institution (BSI) dan telah memperoleh Sertifikat International Organization for Standardization (ISO) 9001:2015.

ISO merupakan sebuah organisasi internasional yang khusus bergerak dalam bidang standarisasi. Tujuan ISO adalah mengembangkan dan mempromosikan standar-standar untuk umum yang berlaku secara  internasional (M. N. Nasution, 2001:218). Dengan demikian, perolehan sertifikat ISO 9001:2015 menunjukkan bahwa manajemen pengelolaan Program Studi Perbandingan Mazhab telah sesuai dengan standar umum yang berlaku secara internasional.

Untuk menjamin kontinuitas manajemen pengelolaan berstandar ISO di atas, BSI kembali melakukan Continual Assesment Visit (CAV) Stage 2 terhadap Prodi Perbandingan Mazhab dan Prodi Jinayah pada tanggal 29-31 Januari 2018. Aswan Hasibuan dan Ade Harris, Auditor BSI menyatakan bahwa CAV Stage 2 ini merupakan audit dan evaluasi terhadap langkah-langkah perbaikan yang dilakukan Prodi terhadap beberapa temuan minor yang ditemukan pada CAV Stage 1 tanggal 11 April 2017.

Menurut Aswan Hasibuan, Auditor BSI, Prodi Perbandingan Mazhab dan Prodi Jinayah telah melakukan perbaikan-perbaikan yang komprehensif dan terarah terhadap beberapa ketidaksesuaian (non-confirmities) minor yang ditemukan pada CAV Stage 1 yang lalu. Langkah-langkah yang dilakukan telah mengacu kepada analisis penyebab (root cause analysis) dan sesuai dengan rencana tindak perbaikan (corrective actions plan) sebagaimana yang ditargetkanBerdasarkan audit ini, demikian ditegaskan Aswan, mutu manajemen pengelolaan Prodi Perbandingan Mazhab dan Prodi Jinayah telah memenuhi standar-standar audit ISO 9001:2015.

Rektor Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Prof. Sirozi melalui Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM), Dr. Fajri Ismail menyatakan bahwa manajemen pengelolaan Program Studi di lingkungan UIN Raden Fatah dengan standar umum yang berlaku secara internasional merupakan suatu keharusan. Hal ini tidak dapat dilepaskan dari tuntutan mutu dan profesionalitas pengelolaan Perguruan Tinggi sebagaimana diisyaratkan dalam berbagai kebijakan pemerintah terkait Perguruan Tinggi, terutama sertifikasi BAN-PT. Bagi UIN Raden Fatah sendiri, pengelolaan program studi sesuai standar internasional sejalan dengan visi dan misi yang diemban, yaitu Menjadi Universitas Berstandar Internasional, Berwawasan Kebangsaan dan Berkarakter Islami.

Selamat kepada Prodi Perbandingan Mazhab dan Prodi Jinayah atas pencapaian ini. Mudahan-mudahan akan semakin meningkat di masa mendatang. Demikian tutup Fajri.

Sumber : Prodi Perbandingan Mazhab