Selamat Datang di Situs Resmi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang   Kepada Yth Wali Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN RF Untk menghadiri acara Silaturahmi dan pertemuaan wali MAHASISWA FITK ANGKATAN 2018 pada HARI: JUMAT TANGGAL: 14 SEPTEMBER 2018 Jam: 08.30 SD 11.00 Tempat: Academic Center UIN Raden Fatah  

Tantangan dan Peluang bagi Lulusan Mahasiswa Bahasa Arab

Dikirim oleh : Fakultas adab dan Humaniora | Hist : 1286 | Kategori : Fakultas Adab dan Humaniora (FAHUM) | 31/03/2018 21:42:33 WIB

Palembang - Salah satu upaya yang dilakukan Persatuan Bahas Arab se-Sumatera atau yang lebih dikenal dengan nama Ittihadul Tholibatul Lughotul Arabiyah Indonesia (ITLAI) dengan melakukan peningkatan kompetensi, UIN Raden Fatah Palembang, Kamis (29/3/2018).

 

Palembang, -- Ratusan mahasiswa jurusan pendidikan Bahasa Arab (PBA) serta Bahasa dan Sastra Arab (BSA) Gelar silaturahmi di Akademik Center (AC) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang, Kamis (29/3/2018). Sejumlah mahasiswa yang berasal dari 10 kampus di Sumatera ini berembuk mencari strategi bersaing dalam dunia kerja.

Kegiatan silaturahmi kali ini bertema "mempererat tali persaudaraan membuka cakrawala kehidupan melalui bahasa al-qur'an". Diawali dengan acara pembukaan dan dilanjutkan dengan kegiatan Seminar Nasional  Hadir pada acara kali ini ketua LPM Dr. H. Fajri Ismail M. Pd. Beserta staf , para wakil dekan dari Fakultas Adab dan Tarbiyah Para Kaprodi, dan undangan lainnya.

Kesepuluh 10 Universitas wilayah Sumatra, tercatat dari Universitas Aceh, Medan, Padang bukit tinggi, Bengkulu, jambi, Lampung, Riau, Curup, Batu sangkar dan Palembang. Dan dua orang mahasiswa dari Sudan.

Ketua Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) Sumatera Persatuan Bahas Arab se-Sumatera Indonesis, Tharono mengatakan, selama ini peluang kerja lulusan bahasa Arab terbilang minim.

Salah satu upaya yang dilakukan Persatuan Bahas Arab se-Sumatera atau yang lebih dikenal dsngan nama Ittihadul Tholibatul Lughotul Arabiyah Indonesia (ITLAI) dengan melakukan peningkatan kompetensi bersama melalui lomba.

“Selama ini, lulusan jurusan Bahasa Arab sangat susah cari kerja. Adanya pertemuan yang kita namakan dengan SIMBA (Seminar Nasional Bahasa Arab) ini, diharapkan bisa meningkatkan kompetensi mahasiswa jurusan Bahasa Arab agar mampu bersaing dalam dunia kerja,” ungkapnya usai pembukaan SIMBA VI.

Dalam kegiatan tersebut, sambung dia, semua delegasi dari setiap kampus akan bertarung dalam bentuk perlombaan, mulai dari lomba debat Bahasa Arab, kaligrafi dan pidato Bahasa Arab dan sebagainya.

“Tujuannya agar mahasiswa terpancing meningkatkan kompetensi dan kemampuan dalam berbahasa arab. Kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari, mulai 29 - 31 Maret 2018 di UIN Raden Fatah Palembang,” jelasnya.

 

Sementara, Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi Sumatera Selatan, Edwar Juliartha berharap, mahasiswa jurusan Bahasa Arab bisa ikut serta dalam menyukseskan perhelatan Asian Games 2018 di Kota Palembang dengan mengambil posisi sebagai volunteer.

“Dalam perhelatan Asian Games, kita memerlukan banyak volunteer baik Bahasa Arab, Bahasa Inggris dan Bahasa Mandarin. Untuk Bahasa Arab, kita berharap mahasiswa jurusan Bahasa Arab bisa ambil tempat dominan,” harapnya.

Dalam kesempatan ini Fajri ismail mengatakan, bahwa pada Tahun  2020 mendatang akan berkurangnya tenaga kerja misal teler Bank, Guru/Dosen dll, karena adanya kecanggihan teknologi semuanya diganti dengan mesin teknologi, untuk itu pada mahasasiswa bahasa harus bisa mengambil peluang kerja yang semakin sempit, ujar Fajri Ismail. (Hdr/Karerek/Ari)

Sumber : Kontributor Berita / Admin : Heider (Mhs PAI) &/ Karerek (Globat.Planet.News)