Selamat Datang di Situs Resmi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang   Kepada Yth Wali Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN RF Untk menghadiri acara Silaturahmi dan pertemuaan wali MAHASISWA FITK ANGKATAN 2018 pada HARI: JUMAT TANGGAL: 14 SEPTEMBER 2018 Jam: 08.30 SD 11.00 Tempat: Academic Center UIN Raden Fatah  

Peran HMJ PGMI FITK Sebagai Bentuk Implementasi Akreditasi Prodi

Dikirim oleh : Arip Fakultas Tarbiyah | Hist : 1304 | Kategori : UIN Raden Fatah Palembang | 14/04/2018 20:19:16 WIB

Palembang - Kegiatan ini di dalamnya mengangkat lomba, Pemilihan duta PGMI, Penampilan seni tari dan seni lainnya. Dari sini dapat kita lihat bahwa HMJ memiliki peran yang sangat kontributif terhadap Prodi terutama dalam kaitannya dengan implementasi akreditasi.

Prodi PGMI dengan merangkul HMJ PGMI baru-baru ini melaksanakan berbagai kegitan di antaranya pd tgl 11 April 2018 lomba kelas yg di dalamnya mengusung sosialisasi visi misi, yang mana ini merupakan implementasi akreditasi standar 1. Selanjutnya, pada tanggal 12 April 2018 HMJ PGMI dengan dirangkul Prodi telah sukses melaksanakan Gebyar Mahasiswa PGMI. Dalam agenda selanjutnya, HMJ PGMI akan terus memberikn kontribusinya sebagai mahasiswa dalam akreditasi yang mana ini sejalan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat yang artinya ketiganya memang harus dijalankan. 

Baru-baru ini, dalam kegiatan perkulihan misalnya, salah satu contoh kontribusi HMJ dalam bidang penelitian yaitu adanya peran aktif dari mahasiswa dalam berbagai program penelitian yang outputnya misalnya buku ajar, jurnal, serta program kreatifitas mahasiswa (PKM), artikel ilmiah dll. Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa yg dalam hal ini diwadahi oleh HMJ dituntut untuk bisa menghasilkan penelitian yang nantinya juga akan digunakan sebagai syarat kelulusan. Dalam berbagai kegiatan, HMJ PGMI telah membuktikan bahwa mereka memiliki peran dalam pengembangan kampus. Pada akhirnya, kegiatan postif yang dilakukan mahasiswa seperti yg dicontogkan HMJ Prodi PGMI dalan kegiatan Gebyar Mahasiswa PGMI ini, menjadi bukti bahwa  himpunan kemahasis­waan suatu prodi dapat meningkatkan nilai akreditasi program studi (prodi). Hal itu dapat terwujud dg kegiatan yang dilakukan positif dan memiliki manfaat bagi mahasiswa, jurusan, kampus dan masyarakat nantinya.

Seperti yang disampaikan ketua HMJ PGMI, Zaenuri, mengajak seluruh mahasiswa PGMI untuk aktif dalam mengikuti kegiatan- kegiatan yang diselenggarakan Universitas , Fakultas dan Prodi , terutama kegiatan yang akan mengangkat akreditasi PGMI menjadi lebih baik, dan kegiatan itu ialah kegiatan yang bukan hanya dilaksanakan didalam kampus, tetapi diluar kampus, seperti misalnya kunjungan-kunjungan kegiatan di kampus luar kampus, dari situ mahasiswa PGMI bisa melihat pembelajaran dan bisa membandingkan sistem pembelajaran antara pgmi uin raden fatah palembang dengan pgmi yang berada di universitas Islam dan Negeri lainnya, dengan kunjungan kunjungan tadi juga mahasiswa PGMI termotivasi untuk mengikuti jenjang pendidikan ke depan dan tentunya mempunyai pengalaman-pengalaman yang luar biasa, dari situlah alumni PGMI bisa menyebar luas di Indonesia dan bisa mengangkat derajat PGMI. Karena PGMI bukan hanya sebagai pengajar dan pendidik saja tetapi harus mampu dan cakap dalam bidang apapun.

Sumber : Team Jurnalis FITK