Selamat Datang di Situs Resmi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang   Kepada Yth Wali Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN RF Untk menghadiri acara Silaturahmi dan pertemuaan wali MAHASISWA FITK ANGKATAN 2018 pada HARI: JUMAT TANGGAL: 14 SEPTEMBER 2018 Jam: 08.30 SD 11.00 Tempat: Academic Center UIN Raden Fatah  

Pengabdian Masyarakat Prodi PGMI FITK

Dikirim oleh : Arip Fakultas Tarbiyah | Hist : 636 | Kategori : UIN Raden Fatah Palembang | 19/04/2018 22:40:52 WIB

Palembang - Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas IlmuTarbiyah dan Keguruan kembali Mengadakan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di MI. Pada Kesempatan kali ini PGMI mengadakan PKM di SDI Cendekia Faiha hari ini, 19 April 2018.

Kegiatan pengabdian masyarakat prodi PGMI ini memiliki beberapa tujuan, yaitu Pelatihan tematik untuk para guru di SDI cendikia faiha, kemudian MOA dengan Prodi PGMI dengan pihak sekolah, dan sosialisasi visi misi prodi yang sedang terlaksana. 

Dalam sambutannya, Kaprodi PGMI, Dr.Hj.Mardiah Astuti, M.Pd.I mengatakan bahwa Prodi PGMI saat ini sedang melaksanakan program pelatihan tematik mengingat ini masih dianggap sulit oleh para guru. Fokus utamanya adalah pada RPP. Pengembangan RPP disusun dengan mengakomodasikan pembelajaran tematik atau disebut dengan RPP Tematik. Dalam pelatihan ini, guru dilatih dalam Penyusunan RPP Tematik dilakukan dengan sebagai berikut:

  • Menentukan tema yang akan dikaji bersama siswa;
  • Memetakan KD-KD dan indikator yang akan dicapai dalam tema-tema yang telah disepakati;
  • Menetapkan jaringan tema;
  • Menyusun Silabus Tematik;
  • Menyusun RPP pembelajaran tematik.

  

Sementara itu, kepala sekolahanya Robbi Awwaluddin, M.Pd.I yang merupakan alumni PAI FITK UIN Rafen Fatah Palembang, menympaikan banyak terima kasih dengan adanya pelatihan ini.

  

Selanjutnya,  kegiatan inti adalah pelatihan tematik dg narasumber pelatihan, yakni Dr. Nurlaeli, M.Pd.I yang berkolaborasi dengan Amir Hamzah, M.Pd. Dua narasumber ini menyampaikan beberapa hal berikut;

  1. Pengenalan K13 terkait jenis mata pelajaran yang akan ditematikkan, kelas, semester, tema, hari, dan waktu / banyaknya jam pertemuan yang dialokasikan.
  2. Standar kompetensi yg merupakan kemampuan peserta didik yang menggambarkan penguasaan sikap, pengetahuan dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada mata pelajaran.
  3. Kompetensi dasar dan indikator yang akan dilaksanakan.
  4. Tujuan pembelajaran yang menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan oleh peserta didik sesuai dengan KD.
  5. Materi pokok beserta uraiannya yang perlu dipelajari siswa-siswi dalam rangka mencapai kompetensi dasar dan indikator.
  6. Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk mencapai KD.
  7. Metode pembelajaran yg menggambarkn strategi kegiatan pembelajaran yang dilakukan peserta didik untuk mencapai KD.
  8. Langkah pembelajaran, meliputi kegiatan pembelajaran secara konkret yang harus dilakukan siswa-siswi dalam berinteraksi dengan materi pembelajaran dan sumber belajar untuk menguasai kompetensi dasar dan indikator, kegiatan ini terdapat dalam kegiatan pembukaan, inti, dan penutup.
  9. Alat dan media yang digunakan untuk memperlancar pencapaian kompetensi dasar, serta sumber bahan yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran tematik sesuai dengan kompetensi dasar yang harus dikuasai.
  10. Penilaian dan tindak lanjut (prosedur dan instrumen yang akan digunakan untuk menilai pencapaian belajar siswa-siswi serta tindak lanjut hasil penilaian).

Sumber : Team Jurnalis FITK