Berita : Jelang Puasa Ramadhan PESE Lakukan Ziarah dan Studi Lapangann - :: UIN Raden Fatah Palembang

   Selamat Datang di Situs Resmi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang  

Jelang Puasa Ramadhan PESE Lakukan Ziarah dan Studi Lapangann

Dikirim oleh : Fakultas adab dan Humaniora | Hist : 329 | Kategori : UIN Raden Fatah Palembang | 11/05/2018 22:56:47 WIB

Palembang - Sebanyak 13 anggota Komunitas Pecinta Sejarah UIN Raden Fatah Palembang, isi kegiatan libur dengan cara Ziarah dan Studi Lapangan di Situs Talang Keranggo, Kamis, 10/5/18.

 

HUMAS-UINRF,-- Guna memanfaatkan waktu libur, Komunitas Pecinta Sejarah UIN Raden Fatah Palembang melakukan kegiatan lapangan dengan ziarah sekaligus Studi Lapangan di Situs Talang Keranggo yang terletak di Jl. Ki Rangga Wirasantiko kelurahan 30 Ilir Kecamatan IB II, Situs ini adalah salah satu Situs / Makam dari Kesultanan Palembang Darussalam. Kamis, 10/5/18.

Sebanyak 13 anggota PESE dengan di dampingi dosen pembina Kemas A. R. Panji, M.Si dan Kuncen / penjaga makam lakukan penyelusuran dan melihat  komplek pemakaman Talang Keranggo dengan melihar arsitektur makam dan teknik bangunan dari situs Talang Keranggo.

Di dalam komplek pemakaman tersebut, Kemas Ari Panji menjelaskan tentang Sejarah dan Tokoh-tokoh yang dimakamkan disana serta tentang Aksitektur bangunan pada makam Talang Keranggo. Menurutnya yang menggunakan teknik susun antara bata dengan bata serta tekhnik gosok sehingga berdirinya bangunan yang ada, Bangunan yang ada di kompleks situs Talang Keranggo ini menyesuaikan dengan kontur tanah yang bertingkat sehingga tidak merusak alam. dan satu poin terpenting "Situs ini memang belum diteliti secara akademik oleh mahasiswa", jadi sangat diharapkan mahasiswa UIN Raden Fatah dapat lakukan penelitian disini.

Hal ini disambut antusias dari para peserta yang ikut ziarah dan studi lapangan. Adi salah satu peserta tertarik untuk meneliti. Menurut adi banyak hal yang bisa dilakukan oleh mahasiswa untuk ajukan penelitian misalnya tentang ragam hias dan aksiteltur serta sejarah tokoh-tokoh yang dimakamkan disini tepatnya di makamkan di Talang Keranggo" (LM/ARI).

 

Sumber : Komunitas PESE dan Leni Mastuti (Kontributor Berita FAHUM)