Berita : PELATIHAN PENGELOLAAN JOURNAL OJS 3 DI FITK - :: UIN Raden Fatah Palembang

   Selamat Datang di Situs Resmi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang  

PELATIHAN PENGELOLAAN JOURNAL OJS 3 DI FITK

Dikirim oleh : Arip Fakultas Tarbiyah | Hist : 295 | Kategori : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) | 16/05/2018 16:12:55 WIB

Palembang - Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Mengadakan Kegiatan Pelatihan Journal OJS 3 (Open Journal System) Bagi Pengelola Journal di Lingkungan FITK, Pada Hari Senin - Selasa 14-15 Mei 2018 di Ruang Seminar Lt.4 FITK.

 

HUMAS-UINRF -- Berkaitan dengan peningkatan kualitas mutu artikel ilmiah serta manajemen pengelolaan jurnal di lingkungan UIN Raden Fatah Palembang khususnya di lingkungan FITK, maka diperlukan suatu sistem pengelolaan jurnal yang diterbitkan secara online. Maka disadari betul bahwa kini telah memasuki era dengan penggunaan Open Journal System 3(OJS) sebagai sistem yang mampu memenuhi kebutuhan tersebut. Kebutuhan atas pengelolaan berbasis OJS 3 sangatlah mendesak karena melibatkan beberapa proses dalam pengelolaan jurnal yang dilakukan secara online, sehingga praktis dan cepat. Hal ini juga diperkuat oleh kebijakan LIPI dan Dikti pada tahun 2006 yang mengharapkan agar semua jurnal ilmiah di tanah air sudah diterbitkan secara elektronik atau online.

  

  

Di hari pertama acara ini dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang dibawakan oleh salah satu mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Inggris, Sdr. Ongki. Setelah itu, penyampaian kata sambutan oleh Bapak Dekan FITK Prof. Dr. H. Kasinyo Harto, M.Ag., dan dilanjutkan dengan Kepala Biro AUPK, Bapak Drs. Andi M. Darlis, M.Pd. yang juga sekalian membuka acara workshop OJS ini. Acara dilanjutkan dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Bapak Muhtarom.

  

  

Acara pembukaan ini ditutup dengan acara penyerahan plakat kepada Bapak Amirul Mukminin oleh Kabiro, dan kepada Bapak Ferdiaz Saudagar oleh Dekan FITK. Selain plakat, penyerahan sertifikat juga dilakukan. Editor in Chief jurnal Tadib dan Edukasi menyerahkan sertifikat kepada Bapak Amirul Mukminin dan Ferdiaz Saudagar. Kemudian, acara ditutup dengan foto bersama seluruh peserta.

  

  

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi yang dilakukan oleh tim narasumber. Bapak Amirul Mukminin menjadi narasumber untuk hari pertama. Setelah penyampaian materi, beliau juga membuka sesi tanya jawab agar para peserta lebih mengerti materi yang disampaikan.

  

Dihari kedua, narasumber yang menyampaikan materi adalah Bapak Ferdiaz Saudagar. Beliau menyebutkan bahwa pelatihan di hari kedua ini memfokuskan ke praktik, bukan sekedar teori saja. Disesi pertama, beliau memaparkan langkah-langkah yang peserta harus lakukan untuk mengubah perwajahan jurnal menjadi lebih baik. dan juga, di sesi kedua, tim narasumber lebih intens memaparkan materi, karena di sesi kedua ini giliran peserta mengaplikasikan yang mereka dengar dari narasumber. Tim narasumber dengan cermat memeriksa hasil yang dilakukan tim pengelola jurnal dan memberi feedback kepada mereka. (Arip)

Sumber : HUMAS-FITK