Selamat Datang di Situs Resmi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang  

PENGABDIAN MASYARAKAT DAN BAKSOS PRODI PENDIDIKAN KIMIA FITK

Dikirim oleh : Arip Fakultas Tarbiyah | Hist : 276 | Kategori : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) | 28/05/2018 22:24:24 WIB

Palembang - Jum’at/25 Mei 2018 - Dosen dan Mahasiswa/i Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Mengadakan Pengabdian dan Baksos di Panti Asuhan Nur Asiyah Palembang.

 

HUMAS-UINRF -- Memasuki Bulan Suci Ramadhan yang pernuh berkah, Program Studi Pendidikan Kimia UIN Raden Fatah Palembang mengunjungi Panti Asuhan Nur Asiyah dalam Rangka Pengabdian Masyarakat dan Bakti Sosial (25/5). Panti Asuhan Nur Asiyah telah ada sejak tahun 2002 dan terletak di Jalan Kol. H. Burlian. KM 4,5. Komp. Balayudha, Palembang. Terdapat 30 anak di dalam Panti Asuhan Nur Asiyah, 24 anak berjenis kelamin laki-laki dan 6 orang anak berjenis kelamin perempuan, usia mereka mulai dari 7 sampai 18 tahun. Ada yang masih SD, SMP, SMA/SMK, dan ada yang sudah kuliah.

  

Pada kegiatan pengabdian masyarakat ini, Dosen Pendidikan Kimia memberikan penyuluhan penyuluhan tentang “Zat Kimia Aditif atau Zat Tambahan dalam bahan makanan disekitar”.  Zat aditif adalah zat-zat yang ditambahkan pada makanan selama proses produksi, pengemasan atau penyimpanan untuk maksud tertentu. Zat aditif terdiri dari pengawet, penyedap rasa, pemanis, pewarna, pengemulsi, dan antioksidan. Pengetahuan mengenai zat aditif penting untuk diketahui bagi anak-anak agar mereka mengetahui dampak positif dan negatif dari zat aditif. Dengan mengetahui berbagai dampak negatif dari zat aditif diharapkan anak-anak lebih berhati-hati dan waspada terhadap makanan.

  

Penyampaian materi tentang “Zat Kimia Aditif atau Zat Tambahan dalam bahan makanan disekitar”. Semua anak-anak panti asuhan terlihat antusias dalam memperhatikan materi yang disampaikan oleh Dosen Pendidikan Kimia. Dalam sesi ini juga diberikan beberapa games untuk menambah semangat serta kemeriahan bagi-bagi anak anak panti asuhan.

  

Selain itu, sebelum melakukan buka bersama Ketua Prodi Pendidikan kimia memberikan bimbingan rohani Ramadhan dengan tema pentingnya menjaga hati dalam bulan suci Ramadhan yang penuh berkah ini. Beliau menyampaikan bahwa bulan Ramadhan bukan hanya sekedar tentang menahan rasa lapar dan haus, namun juga tentang menjaga hati dan pikiran. Sebagaimana disunnahkan oleh Nabi Muhammad SAW, kita dianjurkan untuk menjaga hati dan pikiran dan menjauhi berbagai perkataan kotor dan tindakan buruk saat sedang berpuasa.

Dalam kunjungan ke Panti Asuhan Nur Asiyah Program Studi Pendidikan Kimia UIN Raden Fatah Palembang juga memberikan donasi berupa uang dan sembako. Melalui santunan ini diharapakan dapat memberi manfaat untuk keperluan anak panti asuhan serta silahaturhami tetap terjalin. Acara diakhiri dengan melakukan buka bersama. (E/A)

Sumber : HUMAS-FITK