Selamat Datang di Situs Resmi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang   Kepada Yth Wali Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN RF Untk menghadiri acara Silaturahmi dan pertemuaan wali MAHASISWA FITK ANGKATAN 2018 pada HARI: JUMAT TANGGAL: 14 SEPTEMBER 2018 Jam: 08.30 SD 11.00 Tempat: Academic Center UIN Raden Fatah  

KSCB Gandeng UIN RF Gelar Heritage Walk Ke 6

Dikirim oleh : Kemas Ari Panji | Hist : 381 | Kategori : UIN Raden Fatah Palembang | 26/07/2018 00:34:51 WIB

Palembang - Komunitas Sahabat Cagar Budaya bekerjasama dengan UIN Raden Fatah Palembang beberapa hari yang lalu, Sabtu (21/07/2018) laksanakan Heritage Walk ke 6, kegiatan dilaksankan diwilayah Kelurahan 2 ulu Palembang.(25/7/18)

 

 

HUMAS_UINRF,-- Komunitas Sahabat Cagar Budaya (KSCB) bekerjasama dengan Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang beberapa hari yang lalu, Sabtu (21/07/2018) laksanakan kegiatan Heritage Walk (HW) ke 6. HW dilaksankan diwilayah Kelurahan 2 ulu Palembang (25/7/18). 

Heritage Walk (HW) adalah suatu kegiatan yang menelusuri tempat-tempat cagar budaya dan bersejarah. Kegiatan ini sejak awal diselenggarakan dan dibiayai secara mandiri oleh komunitas Sahabat Cagar Budaya. Pada kegiatan HW ke 6 ini, Sahabat Cagar Budaya bekerjasama dengan Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang untuk menjadi panitia penyelenggara. HW ke 6 ini menelusuri rumah adat palembang yang berada di 2 ulu, dari pukul 08.00 – 14.00 dengan naik perahu ketek menyeberangi sungai musi, sabtu (21/07/2018).

Kegiatan HW ke 6 kali ini mengangkat tema “A Walk to Remember” dan diikuti oleh 50 peserta yang diantaranya berasal dari Generasi Pesona Indonesia (Genpi), mahasiswa UIN RF,  Balai Arkeologi Palembang, Komunitas Pencinta Cagar Budaya Palembang, dan komunitas Google Local Guide Palembang. Adapun pemateri dari kegiatan ini adalah Ivan salah satu pemilik rumah bersejarah di Palembang yang dikunjungi, serta Yudhy Syarofie dari Balai Arkeologi Provinsi Sumatera Selatan sebagai pemateri tamu. Kegiatan ini rutin diadakan setidaknya setahun dua kali di Kota Palembang.

 

 

 

 

 

 

 

Anita Restu Puji Raharjeng ketua pelaksana kegiatan HW 6 dari UIN RF menyampaikanbahwa “sangat senang dan bahagia dapat ambil bagian dalam kegiatan Heritage Walk ini”. Anita juga menjelaskan bahwa rangkaian kegiatan HW 6 ini bermula di meeting point di Goedang Buntjit di 29 Ilir, setelah itu semua peserta menaiki getek untuk menuju ke 2 Ulu. Di 2 ulu, seluruh peserta dipersilahkan untuk duduk dan mengunjungi rumah Limas yang pernah dijadikan tempat perjamuan makan untuk Presiden Indonesia pertama yakni Soekarno, kemudian diisi dengan penyampaian materi dan tanya jawab dari pemilik rumah dan pemateri tamu, dilanjutkan dengan sesi foto bersama. Kemudian peserta HW diajak untuk menyinggahi rumah bersejarah kedua yakni rumah Limas yang sempat digunakan oleh Soekarno untuk bermalam selama 2 hari, dan terakhir menyinggahi rumah bersejarah ketiga yakni rumah Bari Kembar.

Lebih lanjut, Yudhy menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan warisan budaya yang ada di kota palembang kepada para peserta, sehingga paling tidak para peserta yang ikut HW 6 ini dapat mengetahui mengenai sejarah warisan budaya yang ada di Palembang, khususnya sejarah rumah Limas. Harapannya kedepan kita bisa melestarikan peninggalan sejarah ini bersama sama dan semoga rumah-rumah adat di 2 ulu ini nantinya dapat menjadi tujuan wisata baru di kota palembang. (RF/ARI)

Sumber : FST dan HUMAS UINRF (Raenal Fikri dan Kemas Ari)