Selamat Datang di Situs Resmi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang   Kepada Yth Wali Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN RF Untk menghadiri acara Silaturahmi dan pertemuaan wali MAHASISWA FITK ANGKATAN 2018 pada HARI: JUMAT TANGGAL: 14 SEPTEMBER 2018 Jam: 08.30 SD 11.00 Tempat: Academic Center UIN Raden Fatah  

65 mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora UINRF di Yudisium hari ini

Dikirim oleh : Kemas Ari Panji | Hist : 246 | Kategori : Fakultas Adab dan Humaniora (FAHUM) | 25/09/2018 20:59:29 WIB

Palembang - Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang Gelar yudisium ke XII Prosesi dihadiri oleh Wakil Rektor II, Dr. Zainal Berlian, SH., MM., DBA, Dekan FAHUM, unsur pimpinan Fakultas dan seluruh civitas akademika FAHUM serta tamu undangan lainnya, di gedung Convention Grand Atyasa Selasa (25/09/18).

 

 

HUMAS-UINRF,-- Bertempat di gedung Convention Grand Atyasa Fakultas Adab dan Humaniora (FAHUM) Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UINRF) Palembang menggelar yudisium ke XII terhadap 65 Mahasiswa/i nya, Prosesi dihadiri oleh Wakil Rektor II, Dr. Zainal Berlian, SH., MM., DBA, Dekan FAHUM, Dr. Nor Huda, M.Ag., M.A., serta Pimpinan Fakultas dan seluruh civitas akademika FAHUM serta tamu undangan lainnya, Selasa (25/09/18).  

Dalam Sambutannya Dekan FAHUM, Dr. Nor Huda menyampaikan bahwa para alumni akan menjadi benteng dan menjaga peninggalan sejarah dan budaya di lingkungan kita berada. Disamping menjadi intelektual muslim yang handal.
"sebagai mahasiswa yang baru di yudisium kalian akan diuji dan teruji dalam kehidupan di masyarakat, terutama  setelah menyandang gelar sarjana," ujar Nor Huda.

Masih menurut Dekan, Fakultas Adab dan Humaniora Dr Norhuda M.Ag, MA bertekad untuk menjadi pusat kajian budaya di UIN Raden Fatah Palembang. Beberapa langkah sudah dilakukan diantaranya melengkapi fasilitas seni seperti alat musik, hadroh dan lainnya. Tak hanya itu, tugas akhir mahasiswa juga akan diarahkan berorientasi pada menulis novel dan cerpen. Hal ini dilakukan agar penulisan skripsi tersebut bisa menghasilkan produk.

“Kita akan mencari polanya dulu, sehingga output yang dihasilkan bisa menciptakan karya ilmiah berbasis produk salah satunya format skripsi seperti menulis novel atau cerpen. Kita usulkan dulu, modelnya disesuaikan dengan kurikulum yang didesain untuk tugas akhir,” jelasnya.

Lebih jauh dia menjelaskan, konsentrasi budaya dan sastra menjadi penting untuk keseimbangan pembangunan. Terlebih, budaya juga bisa menjadi identitas bangsa sehingga tantangan bagi para alumni untuk memperkuat karakter bangsa dengan budaya dan sastra.

“Saat ini sudah terjadi reduksi di kalangan anak muda. Mereka tidak peduli lagi dengan budaya sehingga berimbas pada nasionalisme yang berkurang. Untuk itulah butuh peran alumni untuk memperkuat karakter bangsa,” tegasnya.

Berikut rincian data 65 Peserta Yudisium FAHUM UINRF Palembang yang terdiri dari Strata dua (Pasacarjana) Prodi Sejarah Peradaban Islam 1 orang, dan 64 mahasiswa Starata satu (S1) yaitu: Prodi Bahasa dan Sastra Arab sebanyak 7 orang, Prodi Sejarah Peradaban Islam sebanyak 20 Orang, Prodi Ilmu Perpustakaan sebanyak 30 Orang, dan Prodi Politik Islam sebanyak 7 orang.

Adapun Sarjana Berprestasi pada kegiatan Yudisium ke XII tersebut adalah sbb: Terbaik Tingkat Prodi Bahasa dan sastra Arab yaitu Muhammad Amin dengan IPK 3,37, Prodi Sejarah dan Peradaban Islam yaitu Ana Laila dengan IPK 3, 42, untuk Prodi Ilmu Perpustakaan yaitu Septa dengan IPK 3,69, sedangkan Sarjana berprestasi Prodi Politik Islam yaitu Ria Permata Sari  dengan IPK 3,50. Sedangkan untuk Sarjana Berprestasi tingkat fakultas diraih oleh Nurmala Sari dengan IPK 3.76, judul skripsi "Evaluasi Pendidikan Pemakai Perpustakaan di UPT Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang", Ujar Dadang M.Pd.I., Kasubag Akademik Kemahasiswaan. (ARI)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Foto Kiri: Wakil Rektor II UINRF Palembang memberikan ucapan selamat kepada mahasiswa terbaik tingkat fakultas, Foto Kanan Dekan FAHUM mengalungkan Gordon dan berikan ucapan selamat kepada Lulusan terbaik pada Yudisium ke-XII.

Sumber : HUMAS-UINRF (Kemas Ari)