Selamat Datang di Situs Resmi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang   Kepada Yth Wali Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN RF Untk menghadiri acara Silaturahmi dan pertemuaan wali MAHASISWA FITK ANGKATAN 2018 pada HARI: JUMAT TANGGAL: 14 SEPTEMBER 2018 Jam: 08.30 SD 11.00 Tempat: Academic Center UIN Raden Fatah  

6 Hasil Penelitian Program Studi Pendidikan Kimia FITK

Dikirim oleh : Arip Fakultas Tarbiyah | Hist : 109 | Kategori : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) | 06/11/2018 19:47:07 WIB

Palembang - Bertempat di ruang Prodi Pendidikan Kimia Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, pada tanggal 1 November 2018, dosen program studi pendidikan kimia melaksanakan seminar hasil penelitian.

 

HUMAS-UINRF -- Penelitan merupakan salah satu tugas dari seorang dosen yang dilakukan menurut kaidah dan metode ilmiah secara sistematis untuk memperoleh informasi, data dan keterangan yang berkaitan dengan pemahaman dan/atau pengujian suatu cabang ilmu pengetahuan dan teknologi. Pada tahun ini dosen program studi pendidikan kimia melakukan enam  penelitian dengan dua kluster yaitu dua penelitian dengan kluster penelitian pengembangan prodi dan empat penelitian dengan kluster peningkatan kapasitas/ pembinaan.

Seminar ini dibagi menjadi dua sesi dengan menghadirkan dua narasumber. Narasumber pertama yaitu bapak Suprayetno, S.Si., M.T dosen tetap STIKES Aisyah Palembang. Narasumber kedua yaitu Ibu dr. Diah Kartika Sari, M.Si, dosen Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Sriwijaya.

Seminar ini dihadiri oleh seluruh dosen tetap program studi pendidikan kimia, staf program studi pendidikan kimia dan mahasiswa program studi pendidikan kimia. Pemaparan hasil penelitian pertama dilakukan oleh Bapak Pandu Jati Laksono, M.Pd dengan judul penelitian pengembangan dan penggunaan instrumen two-tier multiple choice pada materi termokimia untuk mengukur kemampuan berpikir kritis.

Pemaparan hasil penelitian selanjutnya dilakukan oleh ibu Luthfia Ulva Irmita, M.Pd.  Judul penelitian yang disampaikan yaitu pengembangan modul pembelajaran kimia menggunakan pendekatan STEM (science, technology, engineering and mathematic) pada materi kesetimbangan kimia.

Ibu Etrie Jayanti, M.Pd memaparkan hasil penelitian dengan judul pengembangan modul pembelajaran kimia berbasis POE (predict, observe, explain) pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Judul penelitian yang dipaparkan selanjutnya yaitu hubungan keterampilan representasi kimia terhadap pemahaman konsep kimia organik. Penelitian ini diketuai oleh Bapak Muhammad Isnaini, M.Pd yang beranggotakan Ibu Wiwid Pungki Ningrum, M.Pd. Penelitan ini termasuk dalam kluster penelitian pengembangan prodi.

Penelitian dengan kluster penelitian pengembangan prodi lainnya yaitu penelitian yang dilakukan oleh Ibu Resti Tri Astuti, M.Pd dan Ibu Yeva Olensia. Judul penelitian tersebut yaitu pengembangan modul kimia berbasis inkuiri pada materi titrasi. Pemamparan terakhir disampaikan oleh Bapak Ismail Sholeh, M.Pd. Bapak Ismail Sholeh, M.Pd memaparkan hasil penelitiannya dengan judul pengembangan modul kimia dasar terintegrasi Sosio Saintifik Iso (SSI) dan Keislaman.

Dari enam judul penelitian tersebut, sebagaian besar penelitian yang dilakukan dosen program studi pendidikan kimia merupakan penelitian pengembangan. Narasumber banyak memberikan masukan terhadap penelitian-penelitian yang telah dilakukan tersebut. Masukan tersebut sangat bermanfaat untuk perbaikan pada penelitian selanjutnya.

Sumber : HUMAS-FITK (EJ/AR)