Selamat Datang di Situs Resmi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang   Kepada Yth Wali Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN RF Untk menghadiri acara Silaturahmi dan pertemuaan wali MAHASISWA FITK ANGKATAN 2018 pada HARI: JUMAT TANGGAL: 14 SEPTEMBER 2018 Jam: 08.30 SD 11.00 Tempat: Academic Center UIN Raden Fatah  

KKL Mahasiswa Prodi Kimia FITK di Malang, Yogyakarta dan Bandung

Dikirim oleh : Arip Fakultas Tarbiyah | Hist : 299 | Kategori : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) | 05/12/2018 22:25:36 WIB

Palembang - Di mulai dari tanggal 26 November 2018 sampai dengan 1 Desember 2018 Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia semester 5 melakukan kuliah kerja lapangan di 3 kota besar yaitu Malang, Yogyakarta dan Bandung.

 

HUMAS-UINRF --Jumlah peserta terdiri dari 54 Mahasiswa dan 5 Dosen Program Studi Pendidikan Kimia. Tujuan pertama yaitu melakukan kunjungan ke Jurusan Kimia Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Maulana Malik Ibrahim Malang.
Pada kunjungan ini dosen program studi pendidikan kimia berserta mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang disambut oleh bapak Dr. Imam Tazi, M.Si selaku Wakil Dekan III Jurusan Sains dan Teknologi. Bapak  Dr. Imam Tazi, M.Si menjelaskan secara umum mengenai UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan juga secara khusus menjelaskan mengenai jurusan kimia.

Pada kesempatan ini, mahasiswa juga berkesempatan melihat beberapa laboratorium kimia seperti labororimum kimia instrument, kimia analitik serta mendapatkan penjelasan mengenai peralatan yang ada di laboratorium tersebut. Di Malang ini juga mahasiswa berkesempatan untuk berkunjung ke wisata bromo dan petik apel malang.

Setelah Malang, kota kedua yang dikunjungi yaitu Yogyakarta. Di kota ini mahasiswa mendapatkan pelatihan manajeman laboratorium dan instrumentasi dasar di Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta. Pelatihan dilakukan selama sehari penuh dengan materi organisasi laboratorium kimia dan inventarisasi alat dan bahan kimia, pengelolaan limbah laboratorium kimia, keselamatan kerja di laboratorium kimia, dan juga melakukan praktikum dengan judul; (a) penentuan kadar besi secara spektrofotometri, (b) kesetimbangan kromat (VI) dan dikromat (VI) dan titrasi potensiometri.

Kunjungan kedua di kota Yogykarta yaitu pabrik gula Madukismo. Disini mahasiswa mendapatkan materi mengenai proses pembuatan gula dan pengelolaan limbah menjadi alkohol. Mahasiswa juga berkesempatan untuk mengunjungi langsung pabrik dan berbincang dengan pekerja pabrik tersebut.

Di Yogyakarta mahasiswa juga berkesempatan untuk mengunjungi kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 yaitu candi prambananan. Wisata sejarah dan budaya ini sangat menarik perhatian mahasiwa, mahasiswa sangat antusias mengabadikan momen di candi prambanan tersebut.

Kota selanjutnya yang di kunjungi adalah Bandung. Di Bandung mahasiswa berkesempatan untuk mengunjungi tempat wisata logde maribaya dan pusat pembelanjaan. Setelah dari Kota Bandung, perjalanan dilanjutkan untuk kembali menuju kota Palembang dan tiba di kota Palembang pada tanggal 1 Desember 2018. (Ej/Ar)

Sumber : HUMAS-FITK (Arip / Liza)