IAIN Raden Fatah Palembang
Masa Registrasi Ujian Masuk Mandiri berlangsung dari tanggal 13-15 Agustus 2014
Link Internal
Diary Pimpinan
  • Rektor
    Kamis-21 Agustus 2014-13:22:55
    KELUAR
  • Wakil Rektor I
    Kamis-21 Agustus 2014-08:23:51
    KELUAR pergi ke Jakarta ttg Percepatan Sertifikasi Serdos
  • Wakil Rektor II
    Kamis-21 Agustus 2014-13:23:03
    ADA
  • Wakil Rektor III
    Kamis-21 Agustus 2014-08:24:02
    KELUAR Pergi ke Bojonegoro untuk kegiatan Asasemen Lapangan
  • Kabiro AUAK
    Kamis-21 Agustus 2014-08:24:08
    ADA
Berita Terkini
Agenda
Link Terkait
Sosialisasi dan Promosi IAIN Raden Fatah Tahun 2013 di Banyuasin
Selasa, 26 Maret 2013 - 23:55:51 WIB | Diposting oleh : Administrator | Kategori: Pendidikan - Dibaca: 5014 kali

Dalam rangka penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2013/2014, IAIN Raden Fatah Palembang melakukan road show ke beberapa daerah dalam rangka mensosialisasikan dan mempromosikan program studi yang ada di IAIN.  Kegiatan ini menjadi hal yang penting untuk mempromosikan IAIN sebagai lembaga perguruan tinggi Islam yang mencetak sarjana muslim yang multidisipliner dan berkarakter Islami.

Selain itu untuk meningkatkan pelayanan dan profesionalitas, kualitas masukan yang diharapkan oleh IAIN Raden Fatah, maka pada tahun 2013 ini juga diadakan kegiatan yang sama yaitu sosialisasi dan promosi program studi IAIN Raden Fatah Palembang berdasarkan surat tugas Rektor nomor In.03/3.4/KS.04/077/2013, maka setiap tim di utus keberbagai daerah kabupaten/kota di Sumatera Selatan untuk mengadakan promosi tarnsformasi IAIN dan sosialisasi program studi serta fakuktas yang ada di IAIN Raden Fatah. Merujuk dari visi besar IAIN Raden Fatah Palembang yang termaktub di dalam statuta 2008-2012 yaitu menjadi pusat pengembangan ilmu-ilmu keislaman multidisipliner yang unggul dan kompetitifDengan  misi a) menyelenggarakan pendidikan ilmu-ilmu keislaman, yang memiliki keunggulan dan daya saing internasional; b) mengembangkan riset ilmu-ilmu keislaman, yang relevan dengan kebutuhan masyarakat; dan c) mengembangkan pola pemberdayaan masyarakat muslim. Berdasarkan visi dan misi tersebut maka kegiatan ini dilaksanakan, sehingga mampu bersaing dengan perguruan tinggi lainnya yang ada di Sumsel khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Sosialisasi dan promosi ini menjadi penting disaat banyaknya persaingan perguruan tinggi secara umum. Oleh karena itu dalam sosialisasi dan promosi IAIN ini merupakan langkah awal untuk menarik minat masyarakat di daerah untuk masuk ke perguruan tinggi Islam yaitu IAIN Raden Fatah, sehingga informasi yang diberikan oleh tim sosialisasi dapat menambah secara siginifikan pendaftaran mahasiswa baru untuk tahun akademik 2013/2014 yang akan dating.

Selain itu, tidak semua sekolah umum/SMA yang ada di Sumatera Selatan tahu akan perubahan paradigma keilmuan di IAIN. Sehingga dengan promosi dan sosialisasi ini memberikan pencerahan kepada siswa/siswi yang ada di sekolah umum tentang program studi unggulan yang ada di IAIN Raden Fatah Palembang. Dengan harapan, adanya persaingan yang ketat penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri maka akan terjaring siswa yang berprestasi dan berkualitas yang masuk sebagai input pada program studi di IAIN Raden Fatah, untuk mencapai Institusi yang ternama secara nasional dan internasional yang berwawasan global dan berkarakter Islami. Untuk itu diadakan sosialisasi dan promosi sebagai ajang persaingan global dalam dunia pendidikan tinggi untuk menjaring siswa/siswi yang berkualitas dari seluruh kabupaten/kota di Sumatera Selatan.

Adapun tujuan dari  kegiatan antara lain:

  1. Terlaksananya sosialisasi dan promosi program studi yang ada di semua Fakultas pada IAIN Raden Fatah Palembang ke Masyarakat Luas
  2. Mensosialisasikan prodi-prodi Unggulan IAIN Raden Fatah Palembang kepada sekolah/madrasah pada beberapa kabupaten/kota di Sumsel
  3. Mensosialisasikan promosi transformasi IAIN menjadi UIN sebagai Pergruan Tinggi Negeri yang ada di Sumatera Selatan selain Unsri.

 

Kegiatan ini telah dilaksanakan oleh Tim Sosialisasi IAIN Raden Fatah Palembang pada tanggal 24 s.d. 27 Maret 2013 bertempat di Kabupaten Musi Banyuasin dengan Tujuan Sekolah Umum/Madrasah/Sekolah Kejuruan yang ada disekitar Kabupaten Musi Banyuasin. Tim Sosialisasi ini dibawah koordinator Pembantu Dekan I Fakultas Tarbiyah Bapak Drs. H. M.Hasbi Ashiddiqi, M.Pd.I dengan anggota tim dengan 4 orang anggota tim yaitu Irham Falahudin, M.Si. M. Rusdi, SE, M.Sc., Khairul Amin dan Yuliarman. Peserta sosialisasi yaitu siswa dan siswi SMA Muhammadiyah Sekayu jumlah 41 orang, MAN Model Sekayu jumlah 106 orang, SMA Negeri 3 Sekayu jumlah 134 orang dan SMA Negeri 1 Sekayu 252 orang.

Hasil yang didapatkan dari Sosialisasi dan promosi yang telah lakukan di daerah Kabupaten Musi Banyuasin  pada beberapa sekolah yang ada di kota Sekayu. Kunjungan perama  ke SMA Muhammadiyah dan SMK Muhammadiyah kota Sekayu. Animo siswa/siswi cukup besar mendengarkan paparan yang dilakukan, sehingga banyak yang belum tahu kalau IAIN Raden Fatah membuka program studi umum seperti Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi, Sistim Informatika, Psikologi Islam, Perbankan syariah dll. Selain itu sosialisasi juga sekaligus promosi transformasi IAIN menjadi UIN dan tawaran beberapa beasiswa bagi mahasiswa prestasi yang masuk ke IAIN.

Pada kunjungan kedua ke MAN Model kota Sekayu. Banyak siswa/siswi MAN Model yang bertanya tentang sosialisasi cara masuk untuk siswa prestasi. Begitu juga dengan kunjungan ke tiga di SMA Negeri 3, sosialisasi dilakukan didalam mushala sekolah. Banyak siswa yang bertanya tentang tata cara masuk, peluang kerja serta beasiswa yang ada di IAIN. Pada umumnya, ketidaktahuan mereka tentang IAIN sebagi perguruan tinggi negeri di Sumatera Selatan selain membuka prodi keagamaan juga mmebuka prodi umum yang berbasis Islam. Sosialisasi terakhir di SMA Negeri 1 Sekayu, ternyata kepala Sekolah dan siswanya masih banyak yang belum tahu tentang keberadaan prodi-prodi umum yang berbasis Islam di IAIN Raden Fatah Palembang.

Dari hasil sosialisasi tersebut banyak kepala sekolah yang menanyakan program siswa undangan serta tawaran beasiswa dari IAIN terhadap siswa yang berprestasi. Hal ini menjadi sangat menarik disaat animo sekolah dan madrasah baik negeri maupun swasta untuk kuliah di IAIN. Kedepannya diharapkan tim sosialisasi ini merupakan tim terpadu yang melibatkan unsur prodi, mahasiswa berprestasi sehingga berjalan dengan baik.

Dari kegiatan ini dapat disimpulkan bahwa hal antara lain:

  1. Sosialisasi dan promosi program studi yang ada di IAIN Raden Fatah berjalan dengan baik dan lancar, sehingga promosi IAIN Raden Fatah sebagai lembaga pendidikan Islam yang memiliki prodi umum yang multidisipliner harus tetap diupayakan agar persaingan dengan perguruan tinggi lain dapat seimbang
  2. Sebagai lembaga Public yang bergerak dalam pendidikan perlu meningkatkan sosialisasi prodi sebagai komoditi yang sesuai dengan market share, sehingga masyarakat tertarik untuk kuliah di IAIN dengan menjelaskan berbagai program unggulan yang ada serta sponsor beasiswa yang ada dan jalur siswa prestasi.

Rekomendasi:

  1. Sosialisasi untuk tahun yang akan datang agar tim terpadu dari berbagai unsur yaitu unsur prodi dan mahasiswa berprestasi.
  2. Sosialisasi juga sebaiknya membawa kuota mahasiswa undangan sehingga bisa menjaring siswa yang berprestasi dari pesantren, madrasah dan sekolah umum
  3. Sebagai bahan pertimbangan IAIN Raden Fatah untuk mengembangkan kegiatan pendidikan Islam yang multidisipliner yang ada di Sumatera Selatan. Akhirnya kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas semua bantuannya.

 

 

 

 

 

by Drs, H. M. Hasbi Ashiddinqi, M.Pd.I, Irham Falahudin, M.Si, M. Rusdi, SE. M.Sc. Khairul Amin dan Yuliarman

 



Materi Sejenisnya

Komentar


Isi Komentar :
Nama
Website
Ex : radenfatah.ac.id (tanpa http://)
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 

Kolom Rektor

    Alhamdulillah berkat komitmen dan kerja keras bersama, IAIN Raden Fatah telah berhasil mendapatkan pengakuan sebagai salah satu lembaga yang berkomitmen kuat untuk memperbaiki manajemen secara terus menerus. Pada tanggal 17 April 2013 IAIN Raden Fatah telah ter- Sertifikasi ISO 9001:2008 dalam bidang Quality Management System dengan ruang Lingkup : 1. Bagian Kepegawaian IAIN Raden Fatah 2. Bagian Akademik IAIN Raden Fatah 3. Bagian Perlengkapan dan Rumah Tangga IAIN Raden Fatah 4. Bagian Perencanaan 5. Pusat Penjaminan Mutu Pendidikan Kelima bagian yang telah mendapat pengakuan sebagai lembaga yang mampu memperbaiki system manajemen secara terus menerus sesuai dengan standar international ini telah ter- register secara international dengan sertifikat No FS 594451 oleh badan sertifikasi ISO yang memiliki standar international Bristish Standard International berpusat di United Kingdom website bsigroup.com. (REKTOR PERIODE 2011-2015)

Kolom Warek I

Kolom Warek II

    Sumatera Selatan telah menghibahkan tanah sebanyak 30 hektar di Jakabaring. Di sana akan dibangun tiga bangunan yang luar biasa yaitu Islamic Center, Masjid Raya dan UIN Raden Fatah. Oleh Karena itu saya mengajak segenap civitas akademika IAIN Raden Fatah Palembang untuk mempersiapkan diri dengan meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia Pembantu Rektor II IAIN Raden Fatah Palembang Periode 2011-2015

  • artikel Pembantu Rektor II (PR II

Kolom Warek III

    Visi pembinaan bidang kemahasiswaan PTAI yaitu terwujudnya suasana yang kondusif bagi pembinaan dan pengambangan jati diri mahasiswa yang pada gilirannya dapat menjadikan mahasiswa unggul, cerdas, berakhlak mulia, humanis dan kompetitif. Sejalan dengan itu, IAIN Raden Fatah mempunyai visi pengembangan pembinaan kemahasiswaan yaitu menjadikan mahasiswa sebagai insan yang luhur akhlaknya, unggul akademiknya, terampil dan mandiri.

  • SHORT COURSE IN LEIDEN UNIVERSITY, NETHERLAND: An Experience
Download Area