Selamat Datang di Situs Resmi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang  

PKM Prodi PGMI FITK: Pelatihan K13 di MI Assegaf Palembang

Dikirim oleh : Arip Fakultas Tarbiyah | Hist : 434 | Kategori : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) | 14/05/2019 14:15:14 WIB

Palembang - Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FITK kembali mengadakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), setelah sebelumnya pada bulan April dilaksankan di MI-MI Kabupaten Banyuasin, kali ini PKM dilaksanakan di MI Assegaf Palembang.

 

HUMAS-UINRF -- Tema yang diangkat adalah Melalui Pelatihan K13 pada guru-guru MI Assegaf Palembang untuk Meningkatkan kualitas guru madrasah. Kaprodi PGMI, Dr.Mardiah Astuti menyampaikan bahwa PKMI ini begitu penting, kurikulum 2013 (K-13) sering disebut dengan ‘kurikulum berbasis karakter. Kurikulum ini merupakan kurikulum baru yang dikeluarkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Kurikulum 2013 merupakan sebuah kurikulum yang mengutamakan pada pemahaman, skill, dan pendidikan berkarakter, dimana siswa dituntut untuk paham atas materi, aktif dalam proses berdiskusi dan presentasi serta memiliki sopan santun dan sikap disiplin yang tinggi.

Kurikulum ini secara resmi menggantikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang sudah diterapkan sejak 2006 lalu. Semua ini menjadi tugas Prodi PGMI untuk disebarluaskan ke MI se-Sumsel. Sementara itu, kepala MI Asegaf, Ibu Sinta, S.Pd.I menyampaikan banyak terima kasih kepada Prodi PGMI. Materi ini yang disampaikan sangat diperlukan para guru.

Materi disampaikan oleh Fuaddilah Ali Sofyan, M.Pd. Narasumber ini menyampaikan bahwa K-13  menunjukkan kompleksitas proses pembelajaran, penilaian dan tujuan yang ingin dicapai antara guru, murid dan lingkungannya. Terbukti bahwa di lapanganternyata para guru tidak sedikit yang belum memahami K-13 ini, apalagi penerapannya. Sebab itu pelatihan ini sangat penting untuk membantu para tenaga pendidik sekolah dasar dan menengah memahamai dan dapat mengaplikasikan K-13 di instansi pendidikannya masing-masing.  

Kegiatan pelatihan ini untuk: memahami seluk-beluk Kurikulum 2013, memahami perangkat pembelajaran Kurikulum 2013, mengetahui penggunaan Kurikulum 2013, membentuk karakter peserta didik menurut tujuan dan sasaran Kurikulum 2013, guru mampu menerapkan Kurikulum 2013 dalam pembelajaran di dalam dan luar sekolah. (Hn/Ar)

Sumber : HUMAS-FITK (Arip / Liza)