Selamat Datang di Situs Resmi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang  

Student Exchange Program in France and Cultural Sharing Session with Lila Coetard

Dikirim oleh : Arip Fakultas Tarbiyah | Hist : 404 | Kategori : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) | 17/05/2019 21:54:26 WIB

Palembang - Kamis, 16 Mei 2019, Kegiatan Sharing Session dengan tema Students Exchange Program in France and Cultural Sharing dengan Narasumber Lila Coetard (University of La Rochelle, France) yang diadakan oleh Laboratorium Bahasa FITK yang dibuka oleh Ibu Dr. Dewi Warna, M. Pd. Selaku Wakil Dekan 1 FITK.

 

HUMAS-UINRF --   Kegiatan ini berjalan lancar dengan diskusi yang bermanfaat antara narasumber dan peserta sharing session. Bahasa bukanlah halangan dalam diskusi ini karena Lila adalah mahasiswi jurusan Applied Foreign Languages di University of La Rochelle yang dalam salah satu mata kuliahnya, Lila mempelajari bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, dan sempat mengikuti program pertukaran di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta selama 2 semester di tahun 2018 sehingga Lila juga dapat berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik.

Dengan begitu mahasiswa yang berasal dari jurusan non bahasa Inggris yang terkendala dengan bahasa pengantar juga dengan leluasa mengikuti sesi diskusi. Peserta sangat antusias bertanya tentang segala sesuatu yang harus mereka siapkan apabila mereka ingin mengikuti program pertukaran di Perancis. Agar tidak mengalami Culture Shock, Lila juga berbagi tentang budaya yang ada di Perancis seperti makanan, pekerjaan paruh waktu bagi para pelajar dan juga living cost sebagai bekal pengetahuan mereka tentang negara Perancis.

Kepala Lab. Bahasa, Eka Sartika, M. Pd. berharap dapat memupuk minat mahasiswa dan mahasiswi di lingkungan FITK dalam kecintaan berbahasa baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa asing agar dapat membuka wawasan dan memiliki peluang yang lebih baik dalam persaingan di era global. Dengan memfasilitasi mahasiswa dengan kegiatan – kegiatan serupa, diharapkan dapat membangun minat mahasiswa dan mahasiswai FITK untuk bersaing dalam banyak peluang termasuk mengikuti program pertukaran di negara lain.

Lila sangat senang bisa berkunjung dan berbagi pengalaman dengan mahasiswa dan mahasiswi dari FITK UIN Raden Fatah Palembang dan berharap apa yang telah disampaikan dapat membawa manfaat dan menginspirasi para peserta untuk berkunjung dan belajar di Perancis. Dia juga berterima kasih karna telah diberikan kesempatan untuk berbagi dengan mahasiswa dan mahasiswi FITK di Lab. Bahasa. (ES/Ar)

Sumber : HUMAS-FITK (Arip / Liza)