Selamat Datang di Situs Resmi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang   Kepada Yth Wali Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN RF Untk menghadiri acara Silaturahmi dan pertemuaan wali MAHASISWA FITK ANGKATAN 2018 pada HARI: JUMAT TANGGAL: 14 SEPTEMBER 2018 Jam: 08.30 SD 11.00 Tempat: Academic Center UIN Raden Fatah  

UIN RADEN FATAH GELAR UPACARA HARI LAHIR PANCASILA

Dikirim oleh : Humas UIN Raden Fatah Palemban | Hist : 326 | Kategori : UIN Raden Fatah Palembang | 01/06/2019 10:50:03 WIB

Palembang - UIN Raden Fatah melaksanakan Upacara Hari Kelahiran Pancasila dengan tema “Kita Indonesia, Kita Pancasila”. Bertempat di halaman Kantor Pusat Rektorat UIN Raden Fatah. Sabtu, 1 Juni 2019.

Upacara diikuti oleh seluruh civtas akademika UIN Raden Fatah dan terdapat juga beberapa orang peserta upacara yang berasal dari luar UIN Raden Fatah. Upacara kali ini dilaksanakan pada hari libur sesuai dengan surat Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI Nomor: 45/4/SJ/B/.VI/HK.00.7/05/2019 tanggal 22 Mei 2019 tentang Penyelenggaraan Upacara Bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila, maka diintruksikan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) PNS dan Non PNS BLU UIN Raden Fatah supaya dapat mengikuti upacara bendera tersebut.

Upacara Bendera wajib diikuti oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) PNS dan Non PNS BLU Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang. Jajaran Pimpinan di Fakultas/Pascasarjana/Lembaga/Unit bertanggung jawab atas keikutsertaan pegawainya dalam mengikuti upacara bendera, dengan absensi masing-masing dan ditembuskan ke Bagian Organisasi dan Kepegawaian, bagi yang tidak mengikuti upacara tersebut tanpa alasan yang sesuai dengan peraturan yang berlaku, maka pimpinan di Fakultas/Pascasarjana/Lembaga/Unit membuat surat teguran tertulis bagi yang bersangkutan.

Sambutan Kepala BPIP dibacakan oleh Rektor UIN Raden Fatah Prof. Drs. H.M. Sirozi, M.A, Ph.D, dalam sambutannya bahwa peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni bukan sesuatu yang terpisah dari momentum perumusan “Piagam Jakarta” oleh “panitia kecil” tanggal 22 Juni dan pengesahan Pancasila dalam Pembukaan UUD 1945 oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) tanggal 18 Agustus 1945. Jadi peristiwa penting tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Dengan demikian, kita harapkan perdebatan tentang kelahiran Pancasila sudah tidak diperlukan lagi. Yang diperlukan mulai saat ini adalah bagaimana kita semua mengamalkan dan mengamankan Pancasila secara simultan dan terus menerus. Dengan merayakan hari kelahiran Pancasila kita bangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik. Pancasila sebagai “Weitstars dinamis", bintang penuntun mengandung visi dan misi negara yang memberikan orientasi, arah perjuangan dan pembangunan bangsa ke depan. Sebagai energi positif bangsa, Pancasila terus memberikan harapan untuk masa depan.

Melalui peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi “politik harapan” dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi Negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia. Kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. Kita Indonesia, Kita Pancasila.

Para Peserta Upacara

Poto Bersama Civitas Akademika UIN Raden Fatah

Sumber : Humas UIN 2019