Selamat Datang di Situs Resmi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang   Kepada Yth Wali Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN RF Untk menghadiri acara Silaturahmi dan pertemuaan wali MAHASISWA FITK ANGKATAN 2018 pada HARI: JUMAT TANGGAL: 14 SEPTEMBER 2018 Jam: 08.30 SD 11.00 Tempat: Academic Center UIN Raden Fatah  

Academic Writing Bagi Mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia FITK Angkatan 2016

Dikirim oleh : Arip Fakultas Tarbiyah | Hist : 151 | Kategori : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) | 05/07/2019 15:09:26 WIB

Palembang - Kamis, 04 Juli 2019 Program Studi Pendidikan Kimia melaksanakan kegiatan academic writing bagi mahasiswa angkatan 2016. Sesuai dengan jumlah kelas, maka kegiatan dilaksanakan pada dua tempat yaitu ruang Program Studi Pendidikan Kimia dan ruang seminar Program Studi Pendidikan Kimia.

Acara dimulai pukul 08.00 sampai dengan jam 14.45 WIB, diawali dengan pembukaan dan sambutan oleh Bapak Muhammad Isnaini, M.Pd selaku ketua Program Studi Pendidikan Kimia dan pada ruang yang lainya dibuka oleh Ibu Resti Tri Astuti, M.Pd selaku sekretaris Program Studi Pendidikan Kimia.

Materi pertama mengenai format pengajuan judul skripsi (e-skirpsi) disampaikan oleh Bapak Muhammad Isnaini, M.Pd dan Bapak Moh. Ismail Sholeh, M.Pd. Selanjutnya yaitu format dan sistematika penulisan proposal skripsi disampaikan oleh Ibu Resti Tri Astuti, M.Pd dan Ibu Etrie Jayanti, M.Pd. Ibu Resti dan Ibu Etrie menjelaskan secara detail bagian-bagian yang ada dalam proposal.

Bagian-bagian tersebut antara lain, halaman depan, latar belakang, rumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, kerangka teori/tinjauan pustaka, waktu dan tempat penelitian, jenis dan desain penelitian, definisi operasional variabel, populasi dan sampel, prosedur penelitian, teknik pengumpulan data, teknik analisa data, jadwal kegiatan dan daftar pustaka.

Materi jenis dan pendekatan penelitian disampaikan oleh Ibu Wiwid Pungki Ningrum, M.Pd dan Ibu Luthfia Ulva Irmita, M.Pd. Ibu Wiwid dan ibu Luthfia menjelaskan mengenai paragdigma penelitian kualitatif dan kuantitatif, desain penelitian deskriptip, eksperiment, fenomenologi, studi kasus dan lain-lain.

Materi terakhir yaitu jurnal ilmiah dan penulisan kutipan/daftar pustaka berbasis zotero disampaikan oleh Pandu Jati Laksono, dan Moh Ismail Sholeh. Zetero adalah salah satu reference manager yang dapat digunakan secara gratis yang memudahkan penulis untuk mengeolah sumber-sumber referensi yang dimiliki sebagai acuan dalam penulisan rujukan. Selain menjelaskan bagaimana pengaplikasian zetero pemateri juga menjelaskan cara mencari jurnal ilmiah.

Selama kegiatan berlangsung, semua mahasiswa terlihat fokus dan antusias mengikuti setiap materi yang disampaikan. Acara berlangsung sukses tanpa hambatan apapun (EJ).

Sumber : HUMAS-FITK (Arip / Liza)