Selamat Datang di Situs Resmi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang   Kepada Yth Wali Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN RF Untk menghadiri acara Silaturahmi dan pertemuaan wali MAHASISWA FITK ANGKATAN 2018 pada HARI: JUMAT TANGGAL: 14 SEPTEMBER 2018 Jam: 08.30 SD 11.00 Tempat: Academic Center UIN Raden Fatah  

Prodi Perbandingan Mazhab Gelar Pelatihan Pembagian Waris Se-Kota Palembang

Dikirim oleh : Kemas Ari Panji | Hist : 264 | Kategori : Fakultas Syari'ah dan Hukum | 07/08/2019 09:43:24 WIB

Palembang - Program Studi Perbandingan Maszhab, Fakultas Syariah UIN Raden Fatah Palembang. Selenggarakan Pelatihan Pembagian Waris bagi Kepala KUA dan Tenaga Penyuluh Agama se-Kota Palembang, di Aula Kemenag Kota Palembang. Selasa, (06/8/2019).

 


HUMAS-UINRF,-- Bertempat di Aula Kementerian Agama Kota Palembang, Program Studi Perbandingan Maszhab (Prodi PM), Fakultas Syariah UIN Raden Fatah Palembang. Selenggarakan Pelatihan Pembagian Waris bagi Kepala KUA dan Tenaga Penyuluh Agama se-Kota Palembang. Selasa, (06/8/2019).

Menurut Ketua Prodi PM, Dr. Muhammad Torik, LC., MA, mengatakan Kegiatan Pelatihan ini sebagai salah satu bentuk pengabdian masyarakat Program Studi Perbandingan Mazhab, Fakultas Syariah UIN Raden Fatah Palembang. Masih menurut Muhammad Torik kegiatan ini dilakukan karena banyaknya persoalan kewarisan yang tidak dipahami oleh masyarakat. Berbagi waris dianggap “tabu”, padahal seharusnya waris dipahami sebagai perintah Allah yang mesti dilaksanakan, sebagaimana perintah-Nya yang lain.

Dekan Fakultas Syariah dan Hukum, Prof. Dr. Romli SA., M.Ag, dalam sambutannya menyatakan bahwa ilmu waris ini penting untuk disebarkan. Sedikit sekali orang yang paham tentang waris. Karena tidak paham, maka pola bagi-bagi hartanya salah, berakhir pada gugat menggugat di Pengadilan. Akar masalahnya adalah ketidakpahaman masyarakat.

Sementara itu, PLH Kakan Kemenag Kota Palembang, Drs. H. Abubakar, M.Si menyatakan bahwa selama ini belum pernah ada pelatihan pembagian waris yang dilakukan oleh kemenag. Oleh karenanya, kemenag sangat mengapresiasi pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Prodi Perbandingan Mazhab ini. Kedepan, bersama Prodi Perbandingan Mazhab Fakultas Syariah dan Hukum, Kementerian Agama akan mengadakan MoA untuk mendirikan “Pojok Konsultasi Waris” pada setiap KUA. Termasuk untuk Program Suscatin, sudah ada instruksi dari Kakan Kemenag agar dikerjasamakan dengan Fakultas Syariah dan Hukum UIN.

Narasumber dalam kegiatan ini adalah Dosen Prodi Perbandingan Mazhab. Diketuai oleh KH. Drs. Muhammad Zuhdi, MHI. Pengajar Ilmu Waris Fakultas Syariah, menjadi referensi sebagai saksi ahli pada perkara-perkara kewarisan baik di Pengadilan Agama maupun di Kepolisian.Diakhir acara, salah seorang peserta memberikan testimoninya. “Mulanya kami beranggapan bahwa pelatihan ini membosankan, karena image tentang waris yang itung menghitung itu susah. Namun setelah mengikutinya ternyata kami sangat senang, metode pelatihannya mudah dan tidak membosankan. Kami berharap masih ada pelatihan-pelatihan serupa tahun berikutnya. Terimakasih untuk panitia penyelenggara”. (SJ/ARI)

Sumber : Kontributor/Humas : Syahril Jamil & Kemas Ari