Selamat Datang di Situs Resmi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang  

UIN Raden Fatah Laksanakan Upacara Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-74

Dikirim oleh : Humas UIN Raden Fatah Palemban | Hist : 343 | Kategori : UIN Raden Fatah Palembang | 17/08/2019 11:36:40 WIB

Palembang - UIN Raden Fatah gelar upacara memperingati hari Ulang Tahun Ke 74 Kemerdekaan Republik Indonesia, bertempat di lapangan Sepak Bola UIN Raden Fatah, Sabtu, 17Agustus 2019.

HUMAS-UINRF,-- Bertindak selaku Inspektur Upacara, Rektor UIN Raden Fatah Prof. Drs. H. M. Sirozi, Ph. D. Upacara diikuti oleh Wakil Rektor I, II, dan III, Ka Biro AUPK, Ka Biro AAKK Dekanan, Wakil Dekan, Dosen. Karyawan dan peserta didik MAN 2, MAN Al-Fatah serta seluruh mahasiswa/i baru di UIN Raden Fatah. Pelaksanaan upacara dirancang bersama-sama dengan civitas akademika UIN Raden Fatah, MAN 2 serta MAN Al-Fatah Palembang.

Tema peringatan Nasional peringatan hari ulang tahun ke-74 Kemerdekaan RI tahun 2019 ini adalah “SDM Unggul, Indonesia Maju.” Tema ini tentu muncul dari kesadaran yang mendalam bahwa masa depan Indonesia tidak ditentukan oleh kekayaan alamnya. Tidak pula oleh infrastruktur, sarana, dan prasarana yang dimilikinya, tetapi banyak ditentukan oleh kualitas SDMnya. Kita menyadari sepenuhnya bahwa kualitas SDM adalah faktor penentu bagi masa depan bangsa.

 

 

Dalam amanatnya Rektor UIN mengatakan bahwa Banyak kualitas yang harus dimiliki, tetapi berbagai kajian dan penelitian menyimpulkan bahwa diantara kualitas yang sangat penting untuk dimiliki SDM Indonesia hari ini adalah Kualitas pertama, berilmu pengetahuan. Indonesia sangat membutuhkan SDM yang berilmu pengetahuan, karena saat ini ilmu pengetahuan telah menjadi urat nadi kehidupan masyarakat di seluruh dunia, sehingga masyarakat sekarang ini disebut masyarakat berbasis ilmu pengetahuan (knowledge based society). Kualitas kedua, kreatif dan innovative. Sumber daya manusia Indonesia ke depan dituntut untuk memiliki daya kreatifitas dan inovasi tinggi, sehingga mampu beradaptasi dengan dinamika perubahan, memanfaatkan berbagai peluang yang terbuka, dan mengatasi berbagai tantangan yang muncul ditengah masyarakat.

Kualitas ketiga, mampu berkomunikasi dengan baik. Kemampuan berkomunikasi sangat penting, agar kita dapat berbagi dengan lingkungan kita di tingkat lokal, nasional, dan internasional.  Kemampuan berkomunikasi dengan baik membuat kita bisa berbagi ide, system nilai, skill, dan ilmu pengetahuan, untuk memahami apa yang terjadi di tengah lingkungan kita dan agar lingkungan kita dapat memahami apa yang kita pikirkan, butuhkan, inginkan, dan kerjakan. Kualitas keempat, memilik iintegritas tinggi atau berakhlakulkarimah. Integritas adalah pangkal bagi semua kepercayaan dan kepercayaan adalah pangkal bagi semua kesempatan dan kesuksesan. Tanpa integritas atau akhlak yang baik, ilmu yang luas, daya kreatifitas, dan kemampuan berinnovasi tidak akan banyak artinya bagi kehidupan, karena semuanya tidak memiliki saluran untuk berkembang dan mewarnai kehidupan masyarakat. Tanpa kepercayaan, seseorang akan selalu dianggap tidak hadir di tengah keramaian yang ada di lingkungannya.

“Jika kalian belajar sungguh-sungguh, memiliki budayamutu, terus berprestasi, dan menjaga akhlak al karimah, insya’Allah pada saatnya nanti kalian akan lulus menjadi sarjana yang tidak hanya memiliki gelar dan ijazah kesarjanaan, tetapi menjadi sarjana-sarjana yang sukses, yang mendapat kepercayaan masyarakat dan memiliki kemampuan untuk memanfaatkan setiap peluang, dan mengatasi setiap tantangan,” pungkasnya.

Selain upacara HUT RI ke 74 juga dirangkai dengan penyerahan PIN Satyalencana Karya Satya dan Piagam Tanda Kehormatan Presiden Republik Indonesia kepada 36 Dosen/Pegawai UIN Raden Fatah Palembang yang telah mengadi selama 10, 20, dan 30 tahun.

 

 

Sumber : Humas UIN 2019