Selamat Datang di Situs Resmi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang  

Penyamaan Persepsi Calon Penguji UKIN Tahun 2019

Dikirim oleh : Arip Fakultas Tarbiyah | Hist : 87 | Kategori : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) | 07/11/2019 12:59:47 WIB

Palembang - Minggu, 03 November 2019 Lembaga Pendidik Tenaga Keguruan UIN Raden Fatah Palembang Melaksanakan Penyamaan Persepsi Calon Penguji Uji Kinerja (UKIN) Bertempat di Gedung Rafah Tower Lantai 1.

 

HUMAS-UINRF -- Sebanyak 133 tenaga pengajar yang terdiri dari Dosen dan Guru Se-kota Palembang mengikuti pelatihan dan penyamaan persepsi Penguji Uji Kinerja (UKin) Uji Kompetensi Mahasiswa PPG Daljab 2019. Jumlah peserta pelatihan Penguji UKin terdiri dari 26 Dosen dan 107 Guru dari 20 sekolah mitra.

Kasubdit Kompetensi Lulusan Direktorat Penjaminan Mutu Ditjen Belmawa Kemristekdikti, Rahayu Retno Sunarni dalam sambutannya menyampaikan pentingnya diadakan pelatihan UKin bagi Dosen dan Guru ini. “Pelatihan hari ini adalah untuk penyamaan persepsi. Penyamaan persepsi ini penting agar tidak ada penilaian yang sifatnya subjektifitas dan penilaian ini bersifat transparan”. Beliau juga menambahkan bagi peserta yang hadir dalam pelatihan tersebut nantinya akan mendapatkan Nomor Register Penguji (NRP) yang merupakan salah satu syarat untuk menjadi penguji dalam Uji Kinerja PPG Prajabatan maupun PPG dalam Jabatan.

Kegiatan pelatihan dibuka secara langsung oleh Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Palembang Prof. Kasinyo Harto, dalam sambutannya beliau menyampaikan salah satu masalah dalam dunia pendidikan Indonesia saat ini kekurangan tenaga pengajar profesional terutama di daerah terdepan, terluar dan tertinggal, karena hal itu beliau berharap dengan adanya Uji Kinerja dan Kompetensi melalui program PPG bisa mempersiapkan guru-guru yang profesional untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan kemajuan anak bangsa.

Tujuan dari kegiatan ini adalah melakukan simulasi penilaian Ujian Kinerja (UKIN) yang ditampilkan melalui video. Proses penilaian dilakukan menggunakan laptop dimana di pandu langsung oleh Tim IT pusat bapak Dr. Nurhadi. Para peserta workshop yang mana merupakan calon penguji dengan seksama menyaksikan sebuah video KBM dan RPP mahaiswa yang nantinya akan dinilai. Sebelum itu, para peserta harus masuk ke sistem penilaian dengan username dan password yang telah diberikan. Penilaian harus mengikuti indikator-indikator yang telah dipaparkan sebelumnya agar tujuan dari workshop ini tercapai yaitu untuk menyamakan persepsi para calon penguji.

Sumber : HUMAS-FITK (Arip/Liza)