Selamat Datang di Situs Resmi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang  

Pengukuhan dan Penyerahan Sertifikat Pendidik Guru Profesional PPG 2019

Dikirim oleh : Arip Fakultas Tarbiyah | Hist : 270 | Kategori : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) | 11/01/2020 18:11:31 WIB

Palembang - LPTK Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang pada hari Sabtu, tanggal 11 Januari 2020 Mengadakan Pengukuhan dan Penyerahan Sertifikat Pendidik Guru Profesional, Pendidikan Profesi Guru dalam Jabatan Tahun 2019, yang Bertempat di Gedung Rafah Tower UIN Raden Fatah Palembang.

 

HUMAS-UINRF -- Hadir dalam kesempatan ini Direktur GTK Madrasah Prof. Dr. H. Suyitno, M. Ag., Direktur PAIS yang diwakili oleh Kasubdit Drs. Nurul Huda, M. Ag., Rektor UIN Raden Fatah Palembang yang diwakili oleh Wakil Rektor 1 Dr. Ismail Sukardi, M. Ag., Dekan FITK Prof. Dr. H. Kasinyo Harto, M.Ag., Wakil Dekan 1 Dr. Dewi Warna, M.Pd., Wakil Dekan 2 Drs. H.Tastin, M.Pd.I., Wakil Dekan 3 Dra. Hj. Choirun Niswah, M. Ag., Kabag FITK, para Kasubag FITK, Ketua PPG Madrasah Dr. Zuhdyah, M. Ag., Ketua PPG PAIS H. Alimron, M. Ag., dan para mahasiswa PPG yang berjumlah 128 peserta yang di antaranya Mapel GKMI 36 peserta, Mapel Fiqih 23, Mapel Qur'an Hadits 30 dan Mapel PAIS 39 Peserta.

Sambutan pertama disampaikan oleh Dekan FITK Prof. Dr. H. Kasinyo Harto, M.Ag. Dalam sambutannya beliau menyampaikan pesan kepada para alumni PPG bahwa kelulusan ini merupakan awal dari tanggung jawab sebagai guru yang profesional. Sebagai guru, harus selalu meningkatkan kompetensi di era milenial atau era revolusi industri 4.0 ini. Selain kempuan yang memang sudah seharusnya dimiliki oleh guru profesional, beliau berpesan pula, para lulusan PPG harus juga meningkatkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, memecahkan masalah, mengatasi perbedaan, mengagas ide-ide baru, inovasi, dan kemampuan yang terkait dengan teknologi informasi.

Dalam kesempatan ini, Dekan mengucapkan selamat kepada para peserta PPG yang telah berhasil menjalankan pendidikan. Beliau juga menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak pengelola PPG di lingkungan FITK UIN Raden Fatah Palembang, karena telah bekerja secara maksimal sehingga secara keseluruhan pelaksanaan PPG ini dapat berjalan dengan baik.

Sambutan kedua disampaikan oleh Direktur GTK Prof. Suyitno Beliau mengucapkan syukur kepada Allah dan ucapan selamat kepada para lulusan PPG yang telah berhasil meraih predikat sebagai guru profesional. Beliau berpesan, para guru profesional harus mampu menguasai IT, karena di era ini pendidikan berlangsung dengan menerapkan daring. Bahkan pendidikan daring sudah mulai dijadikan model untuk perkuliahan reguler di beberapa universitas di Indonesia (kampus digital).

Turut memberikan sambutan pula, Fadri sebagai perwakilan mahasiswa PPG. dalam sambutannya, disampaikan rasa syukur dan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada  para dosen dan semua pihak yang terkait dalam pelaksanaan PPG.

Sambutan terakhir disampaikan oleh Kasubdit PAIS Drs. Nurul Huda, M.Ag. dalam sambutannya beliau mengucapkan selamat kepada para guru yang telah berhasil mendapatkan sertifikat guru profesional. Setelah pengukuhan ini, proses berikutnya yang harus dijalani agar dapat dibayarkan tunjangan profesinya, setelah diperoleh SK dari Dirjen dan mendapatkan NRG, peserta harus juga mengumpulkan syarat-syarat lainnya. Kelulusan ini merupakan upaya dan jerih payah para guru untuk menjadi seorang guru yang profesional, oleh karena itu pemerintah akan mengapresiasinya dengan pemberian sertifikasi guru, Ujarnya.

Sumber : HUMAS-FITK (Arip/Liza)