Selamat Datang di Situs Resmi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang  

PARTISIPASI UIN RADEN FATAH PADA LOKAKARYA UI GREEN METRIC TAHUN 2020 DI UNIVERSITAS SUMATERA UTARA-MEDAN

Dikirim oleh : Admin PUSTIPD UIN Raden Fatah | Hist : 226 | Kategori : Green Campus | 21/03/2020 15:08:21 WIB

Palembang - Peran strategis dari Perguruan Tinggi untuk dapat membantu pemerintah dalam hal pembangunan yang berkelanjutan dapat dilakukan dengan membangun suasana kampus hijau yang berkelanjutan

Peran strategis dari Perguruan Tinggi untuk dapat membantu pemerintah dalam hal pembangunan yang berkelanjutan dapat dilakukan dengan membangun suasana kampus hijau yang berkelanjutan. Green campus merupakan salah satu idaman kampus di dunia sebagai bagian dari suasana akademik yang kondusif. Untuk itu UIN Raden Fatah Palembang mengutus dua orang peserta (Dr. Irham Falahudin, M.Si/WD 1 FST sebagai Ketua Green Campus UIN Raden Fatah dan Sekretaris Dr. Delima Engga Mareta, M.Kes) untuk mengikuti kegiatan lokakarya tentang UI Green Metric kampus di Universitas Sumatera Utara, Medan.  Kegiatan ini telah dilaksanakan pada tanggal 20-21 Februari 2020 yang diikuti Kurang lebih 46 perguruan tinggi negeri maupun swasta serta beberapa dinas/instansi yang terkait dalam lokakarya UI Green Metric. Lokakarya yang digelar berlangsung di Biro Administrasi Universitas Sumatra Utara, Jalan Dr Mansyur Medan, kemudian dilanjutkan dengan studi lapangan berkunjung langsung ke objek penataan green campus USU antara lain rumah sakit pendidikan USU, laboratorium teknik, produk hasil limbah serta penggunaan hemat energy dengan system solar cell.

Kegiatan lokakarya ini telah dibuka oleh Rektor USU, dan kemudian dilanjutkan dengan pembicara dari berbagai perguruan tinggi yang menjadi anggota UI Green Metric. Banyak masukan yang didapat dari kegiatan lokakarya ini. Bagaimana pentingnya menjaga perubahan iklim di mulai dari penataan pembangunan kampus hijau atau pembangunan yang berkelanjutan. Narasumber dalam kegiatan antara lain Rektor UIN Raden Intan Lampung, Rektor UMRAH Kep. Riau, Sekjen UI Green Metric Univ. Indonesia, Wadir PPs Universitas Andalas. Banyak Laporan hasil riset setiap pembangunan penggunaan semen PC menyumbang 7% CO2 di udara. Hal ini menjadi dilematis bagi Negara berkembang. Oleh karena itu perlu teknis yang mengatus bangunan yang ramah lingkungan. Bagaimana green campus itu?  Perlu green building yaitu orientasi pada tepat guna lahan, efisiensi konservasi, konservasi air, sumber siklus material, kesehatan dan kenyamanan  ruang dan manajemen lingkungan bangunan.

Kegiatan lokakarya UI Green Metric ini, selain mendapatkan materi secara teori, peserta lokakarya diajak melihat langsung proses penataan green campus di USU Medan. Peserta diajak bagaiman mengelola UI Green Metric dengan masing-masing unggulan pada setiap divisi yang ada. UIN Raden Fatah Palembang bisa belajar banyak bangaimana suksesnya USU dalam mengelola limbah, energy dan penggunaan air, produk limbah dan lain sebagainya. Oleh karena itu diperlukan komitmen dan integritas yang tinggi dari semua unsur pimpinan di universitas untuk dapat menjadikan green campus sebagai key performance indicators, sehingga mampu menjadikan kampus hijau yang menunjang suasana akademik yang kondusif. Dengan harapan hasil lokakarya ini dapat ditindak lanjuti dengan baik oleh tim green campus UIN Rafah dengan dukungan penuh dari semua elemen pimpinan kampus, sebagai kajian strategis dalam mengembangkan kampus masa depan yang ramah lingkungan. 

Sumber : Eco Green Campus UIN Raden Fatah Palembang