Selamat Datang di Situs Resmi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang   Kepada Yth Wali Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN RF Untk menghadiri acara Silaturahmi dan pertemuaan wali MAHASISWA FITK ANGKATAN 2018 pada HARI: JUMAT TANGGAL: 14 SEPTEMBER 2018 Jam: 08.30 SD 11.00 Tempat: Academic Center UIN Raden Fatah  

Rektor Membuka Kuliah Iftitah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK)

Dikirim oleh : Arip Fakultas Tarbiyah | Hist : 1081 | Kategori : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) | 15/10/2018 22:38:57 WIB

Palembang - Fakultas Ilmu Tarbiyah Melaksanakan Kuliah Iftitah yang di Ikuti Kurang Lebih Sebanyak 1.653 Mahasiswa/i dari 10 Program Studi S1 FITK, denga tema “Perguruan Tinggi Agama Islam dan Tantangan Di Era Milenial” Senin 15 Oktober 2018.

 

HUMAS-UINRF -- Bertempat di gedung Academic Center UIN Raden Fatah kuliah Iftitah ini dihadiri oleh seluruh mahasiswa baru Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan berjumlah kurang lebih 1.653 mahasiswa baru dan seluruh tamu undangan berserta civitas akademika UIN Raden Fatah. Kegiatan ini mengambil tema “Perguruan Tinggi Agama Islam dan Tantangan Di Era Milenial” dengan narasumber Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kementerian Agama RI bapak Prof. Dr. Arskal Salim, GP., MA.

Kegiatan ini dibuka oleh Rektor UIN Raden Fatah Prof. Drs. H. M. Sirozi, MA., Ph.D. yang dalam sambutannya mengatakan rasa senang dan terimakasih atas kedatangan tamu undangan beserta peserta kuliah iftitah yaitu mahasiswa/i baru angkatan 2018, dan beliau juga menyampaikan rasa mohon maaf kepada seluruh peserta yang mana bapak narasumber tidak dapat hadir langsung ke kampus tercinta UIN Raden Fatah dikarenakan ada sesuatu hal yang sangat penting.

Sehingga beliau hanya dapat menyampaikan materinya melalui video skype, namun tak menurunkan rasa semangat dan antusias mahasiswa/i baru untuk mendengarkan materi dari beliau, meraka sangat menyimak dan tertarik untuk bertanya langsung kepada narasumber tentang bagaimana cara mengahadapi dunia baru di era milenial melalui video skype.

Dekan FITK Prof. Dr. H. Kasinyo Harto, M.Ag., juga memberikan penjelasan materi yang disampaikan oleh Prof. Arskal tentang generasi-generasi dalam kurun waktu 100 tahun terakhir ini yaitu:

  1. Baby Boomers (Lahir Pada Rentang Tahun < 1960)
    Generasi ini terlahir pada masa-masa dimana berbagai perang telah berakhir sehingga perlu penataan ulang kehidupan dan banyak keluarga yang memiliki banyak anak.
  2. Generasi X (Tahun Kelahiran 1961-1980)
    Generasi ini cenderung suka akan risiko dan pengambilan keputusan yang matang akibat dari pola asuh dari generasi sebelumnya, Baby Boomers. Generasi ini terlahir pada masa-masa adanya gejolak dan transisi serta menyaksikan berbagai konflik global seperti Perang Dingin, Perang Vietnam, jatuhnya Tembok Berlin. Generasi ini cenderung lebih toleran, menerima berbagai perbedaan yang ada.
  3. Generasi Y – Generasi Millennial (Tahun Kelahiran 1981-1994)
    Di era ini, selain komputer sudah menjamur, ditambah lagi dengan berkembangnya video gamesgadgetsmartphones dan setiap kemudahan akan fasilitas berbasis computerized yang ditawarkan serta kecanggihan internet, membuat Generasi Y menjadi suatu generasi yang mudah mendapatkan informasi secara cepat.
  4. Generasi Z (Tahun Kelahiran 1995-2010)
    Generasi ini adalah peralihan dari Generasi Y dimana teknologi sedang berkembang. Pola pikir mereka cenderung serba ingin instan.
  5. Generasi Alpha (Tahun Kelahiran 2010-Sekarang)
    Generasi ini adalah lanjutan dari generasi Z dimana mereka sudah terlahir dengan teknologi yang semakin berkembang pesat. Di usia mereka yang sangat dini, mereka sudah mengenal dan sudah berpengalaman dengan gadgetsmartphone dan kecanggihan teknologi yang ada. (HF/AR)

Sumber : HUMAS-FITK