Selamat Datang di Situs Resmi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang   Kepada Yth Wali Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN RF Untk menghadiri acara Silaturahmi dan pertemuaan wali MAHASISWA FITK ANGKATAN 2018 pada HARI: JUMAT TANGGAL: 14 SEPTEMBER 2018 Jam: 08.30 SD 11.00 Tempat: Academic Center UIN Raden Fatah  

Laboratorium Keagamaan FITK UIN Raden Fatah Laksanakan Pengabdian Masyarakat

Dikirim oleh : Kemas Ari Panji | Hist : 1330 | Kategori : UIN Raden Fatah Palembang | 03/12/2018 06:50:34 WIB

Palembang - Lab. Keagamaan FITK UINRF Palembang laksanaakan kegiatan Pengabdian Masyarakat dengan materi "Pelatihan Pengurusan Jenazah", di Masjid Ar-Rahmah Komplek Tanjung Barangan Asri RT.04 RW.03 Kel. Bukit Baru Palembang, minggu (02/12/18).

 

 

HUMAS-UINRF,--  Laboratorium Keagamaan FITK UIN Raden Fatah Palembang  bersama dosen-dosen  di beberapa fakultas di UIN Raden Fatah (UINRF) Palembang mengadakan Kegiatan Pengabdian Masyarakat sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan materi "Pelatihan Pengurusan Jenazah," bertempat di Masjid Ar-Rahmah Jl. Tanjung Barangan Komplek TBA (Tanjung Barangan Asri) RT.04 RW.03 Kel. Bukit Baru Palembang, minggu (02/12/18).

Program Praktikum Ibadah Kemasyaratan Lab. Keagamaan FITK-UINRF Palembang bekerja sama dengan Kelompok Arisan Ar-Rahmah, dengan tema "Melalui Pelatihan Kepengurusan Jenazah, Kita Tingkatkan Kemampuan Religiusitas Kedekatan Diri Dan Ketaqwaan Kepada Allah SWT" Kegiatan ini  dihadiri oleh beberapa Dosen UINRF Palembang.

Dalam Sambutannya Kepala Lab. Keagamaan FITK_UINRF, Dr. Nurlaila, M.Pd.I menyampaikan bahwa kegiatan Pelatihan ini dilaksanakan atas kerjasama berbagai pihak. Diharapkan melalui Pelatihan ini akan lebih meningkatkan keimanan kita dan mempersiapkan bekal yang akan kita bawa ke akhirat kelak.

“Kematian adalah sebuah kepastian yang pasti menghampiri setiap manusia. Dunia ini hanyalah tempat persinggahan untuk menuju kampung akhirat. Pada hakikatnya, semakin hari kita semakin menjauh dari alam dunia untuk menuju alam akhirat. Antara kedua alam ini ada suatu pemisah, yaitu kematian.” ujar Nurlaila.

Masih Menurut Dr. Nurlaila, M.Pd.I. Kematian akan menjadi pemutus segala kenikmatan dan kebahagiaan yang dirasakan di dunia. Harta kekayaan, jabatan, dan keluarga semua akan ditinggalkan. Karena bekal yang dibutuhkan untuk menempuh perjalanan ke negeri akhirat hanyalah amal.

"Wherever you are, death will find you, even in the looming tower (Dimana saja kamu berada, kematian pasti akan menghampirimu, meskipun kamu berlindung di dalam sebuah benteng yang sangat tinggi dan kokoh, baca QS An-Nisa: 78,” Ujarnya.

Kegiatan yang dimoderatori oleh Dr. Peny Cahaya Azwari,MBA.,Ak dan Dra. Hj. Siti Zailia, M.Ag. dkk. sebagai narasumber, serta dibantu oleh Agung Mandala, mahasiswa FITK UIN Raden Fatah Palembang, diikuti oleh 30 orang peserta dari ibu-ibu Arisan Ar-Rahmah. Dimulai sejak pukul 13:00 s/d 15:30 WIB. Terbagi dalam 6 topik, dimulai dari kondisi dan keadaan sakaratul maut, adab ketika menghadapi sakaratul maut, memandikan, mengkafani, menyolatkan, dan terakhir menguburkan jenazah. Kegiatan diakhiri dengan Shalat Ashar berjama'ah. (NL/ARI)

Sumber : Kontributor Nurlaila dan Humas UINRF (Kemas Ari)