Sinergi UIN Raden Fatah, GPPI dan BPDP: Dorong UKMK Sawit Naik Kelas Lewat Praktik Digital Marketing dan Rebranding

Sinergi UIN Raden Fatah, GPPI dan BPDP: Dorong UKMK Sawit Naik Kelas Lewat Praktik Digital Marketing dan Rebranding

HUMAS – UINRF – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang menggelar kegiatan Praktik Digital Marketing dan Rebranding Usaha Kecil Menengah Ke bawah (UKMK) Sawit Naik Kelas di Sumatera Selatan. Kegiatan di selenggarakan di Rafah Tower UIN Raden Fatah Palembang, Kampus Sudirman, Rabu (09/07/2025).

Kegiatan ini merupakan bagian dari kampanye sawit baik yang diinisiasi oleh Dewan Pimpinan Gabungan Perusahaan Perkebunan Indonesia (GPPI) dan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), sebagai bentuk sinergi antara dunia pendidikan, pemerintah, dan sektor usaha untuk mengembangkan potensi Usaha Kecil Menengah dan Koperasi (UKMK) sawit.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Staf Ahli Wali Kota Palembang Bidang Pemerintahan Sosial Masyarakat, M. Sadruddin Hadjar, S.Sos., M.Si. Dalam sambutannya, ia menekankan pentingnya hilirisasi dan pendampingan UMKM menuju pasar digital.

“Salah satu peran kita adalah mendorong hilirisasi dan melakukan pendampingan bagi usaha menengah. Kegiatan ini sangat bagus karena membangun strategi branding digital secara nyata,” ujarnya.

Sadruddin memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas terselenggaranya kegiatan ini. Ia juga menekankan pentingnya sinergi antara dunia akademik, pelaku usaha, dan pemerintah dalam membina pelaku UKMK.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini. Pemerintah kota sangat mendukung dan menyambut baik upaya mendorong UKMK naik kelas melalui pendampingan,” tegasnya.

Mewakili Rektor, Wakil Rektor III, Dr. Syahril Jamil, M. Ag menyampaikan pentingnya literasi digital di kalangan generasi muda untuk mendampingi pengembangan UKMK sawit. Ia menegaskan perlunya memetakan potensi komoditas lokal yang bisa diangkat melalui strategi digital marketing, sekaligus meneladani semangat bisnis para sahabat Nabi.

“Penting bagi kita untuk memetakan potensi komoditas Sumatera Selatan. Bukan hanya sawit, tetapi juga sahang, rempah, tembakau, hingga cerutu. Akan kita rebranding terhadap program yang ada di UIN Raden Fatah ini,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Umum GPPI, Delima Hasri, menyampaikan bahwa pelibatan mahasiswa dalam strategi pemasaran digital adalah langkah strategis untuk mendorong UKMK naik kelas hingga dikenal di tingkat global.

“Hari ini kita semua belajar praktik digital marketing dan rebranding agar UKMK sawit kita bisa naik kelas dan dikenal hingga ke seluruh dunia,” ujarnya.

Delima Hasri menambahkan bahwa mahasiswa memiliki potensi besar sebagai content creator, affiliator, dan pendamping digital bagi pelaku UKMK di daerah masing-masing.

“Kita ingin mahasiswa tidak hanya menjadi penonton, tapi ikut aktif mendampingi UKMK sawit melalui peran-peran digital,” tambahnya.

Sementara itu, ketua panitia, Hendra Dermawan, S.Pd., M.M., menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak atas dukungan terhadap kegiatan ini.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan produk UKMK sawit agar bisa naik kelas. Inilah bentuk nyata kolaborasi antara dunia pendidikan, usaha, dan lembaga pendukung,” ungkapnya.

Dengan adanya kegiatan ini, Hendra berharap mahasiswa dapat berperan lebih aktif dalam mendampingi pelaku UKMK sawit melalui pendekatan digital, sekaligus membuka peluang kolaborasi lintas sektor demi kemajuan perekonomian kerakyatan yang inklusif dan berkelanjutan.

Acara ini turut dihadiri oleh Dekan FISIP, Dr. Heri Junaidi, MA, dan jajaran wakil dekan, kaprodi, serta dosen Ilmu Komunikasi. Hadir pula dari pihak eksternal, Direktur Eksekutif GPPI, Ujang Karmana, S.Sos, serta perwakilan Pemerintah Kota Palembang dan DJPb Sumsel, serta para mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang.