logo

Beranda > BERITA > Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam (FUSHPI)

WEBINAR NASIONAL HMPS TASAWUF DAN PSIKOTERAPI : PSYCHOLOGICAL HEALTH DALAM PERSPEKTIF PSIKOTERAPI ILHAM (ILMU,HAL DAN AMAL)


2020-08-28 20:38:31 oleh ushpi 260 PDF Version

img

Fushpi Melesat – Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Tasawuf dan Psikoterapi Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Raden Fatah Palembang mengadakan kegitan Webinar Nasional dengan Tema “PSYCHOLOGICAL HEALTH DALAM PERSPEKTIF PSIKOTERAPI ILHAM (ILMU,HAL DAN AMAL)” dengan Narasumber Dr.Munir,M.Ag (Dekan   Fak   Saintek   UIN   Raden   Fatah   Palembang),Dr.Drs.H.Wijaya,M.Si.Ph.D(Kaprodi Tasawuf Psikoterapi UIN Raden Fatah Palembang) dan Dr.Ghazali,S.Psi.,M.Si (Direktur Al- Ghazali Center) yang diselenggarakan hari Kamis, 27 Agustus 2020 dihadiri Prof. Dr. Ris’an Rusli (Dekan Fak Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Raden Fatah Palembang) beserta jajarannya,  Dosen  Fak  Ushuluddin  dan  Pemikiran  Islam  UIN  Raden  Fatah  Palembang, Mahasiswa tasawuf dan psikoterapi, Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang, dan Dosen diluar UIN Raden Fatah Palembang melalui aplikasi Zoom Cloud Meetings.

Dalam Sambutannya, Prof. Dr. Ris’an Rusli menyampaikan terimakasih kepada HMPS taswuf dan psikoterapi telah mengadakan webinar nasional yang mana kegiatan ini dipersiapkan dengan waktu yang singkat dan Alhamdulillah kegiatan ini terlaksana. Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Tasawuf dan Psikoterapi umur nya masih muda sekali di UIN Raden Fatah Palembang namun telah banyak mengadakan acara-acara berkat Kaprodi yang sangat gigih dalam berkomitmen untuk terus menjadikan prodi yang berkompetensi dalam bidang terapi fisik, mental dan jiwa. pada masa pademik covid-19 saat ini tidak menurunkan semangat mahasiswa/i untuk tetap aktif dalam melaksanakan kegiatan seminar hal ini terbukti dengan terlaksananya kegiatan Webinar Nasional yang dilakukan oleh Mahasiswa/I HMPS Tasawuf Psikoterapi. Semoga kegiatan ini bisa dilakukan oleh prodi-prodi lain selama masa pademik covid-19.

Dalam webinar nasional ini Dr. Al-ghazali memaparkan hal-hal yang dapat Memahami komponen ILHAM (ilmu, hal, amal). Dalam suatu kondisi atau kasus dengan stimulus yang sama belum tentu berdampak sama atau penyelesaian yang sama. Maka, ilmu itu mewariskan hal (perasaan atau emosi) yang akan menentukan perilaku itu akan dilakukan atau tidak. Dalam pemikiran manusia terdapat 3 lapisan yaitu thinking braini(ilmu), emotion brain (hal), action brain (amal) sehingga terciptanya ILHAM. Dimana ILHAM merupakan pengetahuan kondisi atau suasana hati, perbuatan . Dan ilmu , hal, amal itu merupakan anugerah apabila suasana hati lagi marah baiknya selalu mendekatkan diri , dengan cara berdzikir , berdoa dan selalu membaca Al quran dan seseorang tasawuf psikoterapi harus memiliki fisik, jiwa, mental, akhlak, amal dan ilmu.

Pemaparan kedua webinar nasional ini disampaikan oleh Dr.Drs.H.Wijaya,M.Si.Ph.D (Kaprodi  Tasawuf  Psikoterapi  UIN Raden  Fatah  Palembang)  memaparkan  tentang  strategi bangun  teori  prodi  tasawuf  dan  psikoterapi  UIN  Raden  Fatah Palembang  yang  dimana  di psikologi terdapat terapi fisik, mental dan jiwa yang menjadikan bidang ilmu psikoterapi. Di bidang taswauf dan psikoterapi UIN Raden Fatah Palembang di landasi dengan al qur’an dan hadist yang terdiri dari ihsan, islam dan iman (ILHAM) dengan menggunakan metode ALAMIAH, ILMIAH dan ILLAHIAH.

Sedangakan pemaparan yang terakhir disampaikan oleh Dr.Munir,M.Ag (Dekan fak Saintek UIN Raden Fatah Palembang) memaparkan tentang manusia, sains dan teknologi sebagai sebuah ikhtiyar menuju intergrasi-interkoneksi tasawuf-psikoterapi yang dimana sains dan teknologi saling berhubungan baik di bidang sains maupun teknologi. Adapun hakekat manusia mempunyai komponen ciptas, rasa, karsa, religius serta kepribadian. Di dalam kepribadian manusia mempunyai beberapa aspek yaitu ilmu, hal, amal, profetik. (Amira)



Rilis Berita


Pisah Sambut Kaprodi, Sekprodi dan Kepala Laboratorium di Lingkungan FITK 2020-09-22 15:37:45 arip
SELAMAT KEPADA KAPRODI, SEKPRODI DAN KEPALA LABORATORIUM TERPADU BARU FUSHPI PERIODE 2020-2024 2020-09-19 09:23:07 ushpi
Seminar dan Webinar Hasil Kajian Koleksi 2020-09-17 18:29:02 Aripanji
Perkuat Kerjasama FAHUM UIN Rafah Jalin Ikatan Kerjasama Dengan Museum Negeri Sumsel 2020-09-17 17:48:03 Aripanji

Info


Pengumuman Jadwal Akademik Lulus Jalur USM Mandiri UIN Raden Fatah Palembang

2020-09-21 19:36:00 adminpustipd

Pengumuman Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur USM Mandiri 2 UIN Raden Fatah Palembang

2020-09-21 19:31:04 adminpustipd

Perpanjangan Masa Bayaran 20201

2020-09-21 09:10:18 adminpustipd

Perpanjangan Registrasi UMPTKIN

2020-08-31 16:39:33 adminpustipd

Agenda


08

2020

Pelantikan Wakil Dekan, Wakil Direktur, Ketua Lembaga, Kepala Pusat dan UPT

2020-08-28