logo

Beranda > BERITA > Fakultas Psikologi

DEKAN PSIKOLOGI JADI NARASUMBER DALAM WEBINAR KOMPETISI ILMIAH MAHASISWA PSIKOLOGI (KIMPSI) 2020


2020-10-12 20:36:49 oleh psikologi 78 PDF Version

img

Tema : Masa Depan Psikologi Islam

- Dr. Agus Abdul Rahman, M. Psi., Psikolog (Ketua PP API/Dekan F.Psikologi UIN Bandung)

- Prof. Dr. Suryanto, M.Si., Psikolog (Dekan F.Psikologi UNAIR/Ketua AP2TPI)

Pembicara:

Tema : Merancang Masa Depan Psikologi Islam

- Dr. H. Fuad Nashori, M.Si., M.Ag., Psikolog (Dekan F.Psikologi & Ilmu Sosial Budaya UII)

- Yanwar Arief, M. Psi., Psikolog (Dekan F.Psikologi UIR)

- M. Salis Yuniardi, M. Psi., Ph.D., Psikolog (Dekan F.Psikologi UMM)

- Dr. Muhammad Syahrullah, SE., MM (Dekan FAI UMRI)

Tema : * Peran Mahasiswa dalam Pengembangan Psikologi Islam*

- Dr. Hj. Zuhdiyah, M. Ag (Dekan F.Psikologi UIN Raden Fatah)

- Susatyo Yuwono, M. Si., Psikolog (Dekan F.Psikologi UMS)

- Dr. Dewi Sartika, M. Si (Dekan F.Psikologi Unisba)

- Dr. Yulmaida Amir (Dosen F.Psikologi UHAMKA)

- Dr Mochamad Sodik, S. Sos., M. Si (Dekan Fishum UIN Yogya)

Moderator:

- Ardian Adi Putra, M. Psi., Psikolog (Dekan F.Psikologi Univrab)

- Ruseno Arjanggi, MA., Psi (Dekan F.Psikologi UNNISULA)

Pelaksanaan :

Sabtu, 10 Oktober 2020

Pukul 09.00 - 15.00 WIB

@ Zoom Meeting (Link akan dikirim melalui Email pendaftaran)

 

Materi Dr. Zuhdiyah, M.Ag (Dekan Fakultas Psikologi UIN Raden Fatah Palembang)

Tema : * Peran Mahasiswa dalam Pengembangan Psikologi Islam*

Peran mahasiswa yang sangat kita harapkan dalam mengembangkan psikologi islam itu sendiri:

 

1. Peran sebagai aktor. karena ke depan mahasiswa itu pastinya akan menjadi aktor bagi pengembangan masa depan psikologi islam itu sendiri, maka tentunya dimulai dari menjadi aktor ketika menjadi mahasiswa. Ada dua peran sebagai aktor: (1) mahasiswa sebgai pembelajar, tentunya diawali dengaan adanya niat dan keikhlasan dalam menempuh dan mempelajari psikologi dan mempelajari islam itu sendiri, termasuk mempelajari dalam aspek pengamalan terhadap nilai-nilai agama islam. Harus ada kesungguhan dalam diri mahasiswa dalam rangka melakukan proses peningkatan pengetahuan, pemahaman, dan pemikiran terhadap pengetahuan itu sendiri serta menjaga nilai-nilai etika, moral dan karakter yang dibangun secara baik. kita bisa melihat bahwa landasan islamisasi al-faruqi adalah tauhid, karena ilmu pengetahuan dalam islam pastinya dikembangkan dalam kerangka tauhid atau teologi. untuk itu, ilmu pengetahuan harus dikembangkan oleh orang-orang islam yang memiliki kecerdasan aqliyah mau pun qolbiyah. artinya setiap ilmu yang dikembangkan tidak hanya memiliki makna yang dapat dicerna akal, namun juga memiliki makna yang dapat dirasakan. hal ini sebagaimana yang terjadi di masa klasik, di mana ilmuwan mengembangkan ilmu pengetahuan sebagai bentuk ibadah kepada allah swt; (2) mahasiswa sebagai aktivis, tentunya mahasiswa pun memiliki banyak aktivitas kampus, sebagai aktor, hendaknya mahasiwa melakukan aktivitas pada kegiatan kemahasiswaan dapat mengintegrasikan semua kegiatannya dengan islam serta bentuk kegiatan penunjang dapat dipraktikkan ke dalam prinsip-prinsip islami. adanya interkoneksi antara agenda kegiatan ekstrakurikuler mahasiswa dengan ajaran islam, menjadikan mahasiswa lebih memahami inti dari pengamalan nilai-nilai islam melalui experience learning untuk lebih meningkatkan pengetahuannya yang berlandaskan islam. hal ini menjadi kunci dalam pengembangan karakter mahasiswa yang islami dalam kehidupannya.

 

2. peran sebagai edukator mahasiswa membantu setiap kegiatan fakultas dalam mengembangkan prodi psikologi islam, sumbangsih ide-ide dan fikiran baik untuk kegiatan fakultas maupun organisasi kemahasiswaan. aktif pada kegiatan-kegiatan seminar, lomba, bedah buku, penelitian yang pastinya menggunakan terminologi islam. Di bidang  penelitian;  tentunya diharapkan mahasiswa mulai  berani  menggunakan teori  dari   islam   sendiri,   seperti   indikator-indikator   religiusitas diambil  dari  alquran maupun hadis  nabi  saw  mengenai  iman,  islam  dan  ihsan, fitrah, takwa, saadah, syukur dan sebagainya  serta  mulai  berani menyusun  instrumen  penelitian  yang  diturunkan  dari  kerangka  ilmiah  islami;  Bidang  pelatihan;  perlu  pengembangkan  desain  pelatihan  yang  bernuansakan islami, sehingga  mampu  menciptakan  manusia yang produktif dan kreatif dengan dasar iman dan takwa. Kegiatan penelitian dan pengabdian sebagai kewajiban dari para akademisi, harus dilakukan koneksivitas antara bidang psikologi dengan islam. sumber dari segala sumber adalah al-qur’an dan al- hadist. pondasi penting dalam kehidupan masyarakat dan dinamika ilmu pengetahuan serta teknologi adalah islam. Islam harus dijadikan sebagai rujukan utama dalam melakukan tri dharma perguruan tinggi. hasil dan kemanfaatan dari aspek tri dharma akan ditransformasikan kepada mahasiswa sebagai objek dan subjek dari temuan-temuan tersebut, sehingga nilai-nilai inklusivitasnya dapat diterapkan ke dalam kehidupan sehari-hari.

 

3. peran sebagai sebagai motivator. mahasiswa merupakan agent of change. di usia seseorang sebagai manusia, energi yang dimiliki sangatlah besar. mahasiswa masih memiliki idealisme yang kuat jika dibandingkan kelompok masyarakat lainnya.maka, sangat wajar jika mahasiswa disebut sebagai agen perubahan. mereka bisa menjadi motor penggerak kemajuan ketika proses pembangunan terjadi di masyarakat, sehingga masyarakat di sekitarnya pun bisa ikut bangkit untuk kemajuan negara. menurut arbi sanit, mahasiswa memiliki kepekaan terhadap permasalahan yang dialami oleh masyarakat sehingga mereka terdorong untuk melakukan perubahan. tidak mudah menggaungkan psikologi islam, disinilah diperlukan motivasi terus menerus, terutama dari para mahasiswa untuk tidak mudah putus asa dalam mengkaji dan mengimplementasikan psikologi islam.  


Rilis Berita


KULIAH IFTITAH MABA 2020 FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM 2020-10-23 14:52:18 ushpi
KULIAH TAMU MODERASI BERAGAMA DI PTKIN 2020-10-23 13:24:20 humas
Webinar 2020 Program Studi Manajemen Pendidikan Islam FITK 2020-10-23 12:56:28 arip
Kuliah Tamu Bersama Wakil Rektor IV UIN Sunan Gunung Djati Bandung 2020-10-22 14:44:31 humas

Info


Pendaftaran Wisuda 75

2020-10-17 15:26:18 adminpustipd

Kuliah Iftitah Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2020/2021

2020-10-14 06:57:21 Adminpustipd

Pengumuman Beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) tahun 2020

2020-10-02 15:39:51 adminpustipd

Pengumuman Pelaksanaan Wisuda K-74 Periode Maret - September 2020

2020-09-29 20:41:58 Adminpustipd

Agenda


08

2020

Pelantikan Wakil Dekan, Wakil Direktur, Ketua Lembaga, Kepala Pusat dan UPT

2020-08-28