logo

Beranda > BERITA > UIN Raden Fatah Palembang

Kuliah Tamu Bersama Wakil Rektor IV UIN Sunan Gunung Djati Bandung


2020-10-22 14:44:31 oleh humas 261 PDF Version

img

HUMAS-UINRF,--Kegiatan ini dibuka langsung oleh Rektor UIN Raden Fatah Palembang Prof. Dr. Nyayu Khadijah, M. Si. Dihadiri oleh Wakil Rektor I Dr. M. Adil, MA.,Wakil Rektor III Dr. Hj. Hamidah, M. Ag., Ka. Biro AAKK Mirwan Fasta S.Ag, M.Si., Ka Biro AUPK Andi M. Darlis, M.Pd.I., Kepala Pustipd, Direktur Pascasarjana, Para Dekan dan Wakil Dekan serta civitas akademika UIN Raden Fatah Palembang. Kegiatan ini dilakukan secara Virtual melalui aplikasi Zoom dan mengambil tema ”Penguat Implementasi Kerjasama dan Pengembangan Kelembagaan di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri”. Adapun Narasumber dalam Kuliah Tamu ini yaitu Wakil Rektor Bidang Kerjasama & Pengembangan Kelembagaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung Prof. Dr. Hj. Ulfiah, M.Si.,  

Dalam sambutanya Rektor UIN Raden Fatah Prof. Dr. Nyayu Khadijah, M. Si, sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas kesedian Prof. Dr. Hj. Ulfiah, M.Si., untuk berbagi ilmu, wawasan serta pengalaman dalam membangun dan mengembangkan Lembaga/Institusi. Dari pengalaman narasumber dalam bidang kerjasama dan pengembangan kelembagaan bisa dijadikan masukkan kepada semua yang hadir, khususnya Wakil Rektor III dan Kepala Biro AAKK. “Kedepannya melalui Wakil Rektor III dan Kepala Biro AAKK bisa mengembangkan lebih jauh terkait kerjasama yang bukan bersifat fungsional, yang tidak sekedar di atas kertas tetapi kerjasama tersebut sudah dilakukan berdasarkan analisis dan nantinya akan sangat bermanfaat terutama untuk akreditasi,” ujarnya.

Sementara itu Prof. Dr. Hj. Ulfiah, M.Si., menyampaikan bahwa jika ingin PTKIN maju, maka perlu adanya kerjasama dan penguatan kelembagaan serta komitmen kebersaamaan dari masing-masing kompenen yang ada di Perguruan Tinggi. Kalau sudah bersatu, bersama dan memiliki komitment kebersamaan, Insyaallah yang menjadi spirit dan output, tujuan serta visi misi akan tercapai secara optimal. ”Untuk mencapai sebuah kerjasama tentunya kita harus menggunakan komunikasi yang baik kepada kolega. Cari klien yang terdekat lebih dulu, cari jaringan yang mudah terlebih dahulu. Kerjasama itu bisa dilakukan ketika kita sudah menjalin komunikasi yang baik. Menjalin kamunikasi yang baik perlu adanya hubungan yang baik pula dengan klien atau kolega yang bakal diajak kerjasama,” ujarnya.

Di akhir penyampaiannya, Prof. Dr. Hj. Ulfiah, M.Si., berpesan “Dalam berbagai hal dan proses dalam menjalin kerjasama untuk kelembagaan perlu kesiapaan secara materi dan juga psikologi. Dalam urusan kerjasama itu juga harus disiapkan secara maksimal karena bisa jadi ada ketidaksepahaman, jadi untuk saling paham itu butuh proses dan perlu kesabaraan,”pungkasnya. (Ars) 

Pemberian Cinderamata