logo

Beranda > BERITA > Fakultas Sains dan Teknologi

Mahasiswa Prodi Sistem Informasi FST Juara II Web Development


2020-11-09 11:04:07 oleh arip 220 PDF Version

img

 

HUMAS-UINRF -- Web Development merupakan salah satu kompetisi tingkat nasional dalam Technology Euphoria 2020 yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Sriwijaya. Kompetisi ini ditujukan kepada SMA/SMK dan Perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Web Development bertujuan untuk menguji kemampuan peserta dalam berkreasi memberikan solusi dari suatu permasalahan dengan website. Tema yang diangkat adalah "Inovasi Berbasis Website untuk Mendukung Sustainable development Goals (SDG)". SDG sendiri memiliki 17 poin dan pada kompetisi Web Development Techphoria 2020, point yang diambil sebagai subtema adalah Pendidikan bermutu, Infrastruktur, industri, dan inovasi serta Kota dan komunitas yang berkelanjutan.

Kegiatan yang digelar secara nasional yang diikuti oleh beberapa Perguruan Tinggi di Indonesia, Universitas Sriwijaya, Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Kalimantan dan Universitas Dian Nuswantoro. Univeristas Sebelas Maret, UNP, UNJ dan banyak lagi Universitas yang ada di Indonesia. Dan dalam babak final UIN Raden Fatah, UNSRI, ITB, ITK dan Universitas Dian Nuswantoro dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 4 November 2020 secara Daring, yang ahirnya UIN Raden Fatah Palembang menjadi Juara 2 Nasional untuk katagori Web Depelopment.

Dalam Kegiatan Techphoria 2020 ini Tema yang diangkat adalah "Inovasi Berbasis Website untuk Mendukung Sustainable development Goals (SDG)". Lomba yang dilaksanakan terdapat lima cabang lomba yaitu 1) UI/UX, 2) Competitive Programming 3) Networking Competition 4) Website Development 5) Business Plan. SDG sendiri memiliki 17 poin dan pada kompetisi Web Development Techphoria 2020, point yang diambil sebagai subtema adalah 1) Pendidikan Bermutu 2) Infrastruktur, industri, dan inovasi 3) Kota dan komunitas yang berkelanjutan. Mekanisme Perlombaan Terdiri Pengumpulan Proposal, Babak Semifinal dan pengumpulan dokumen lalu Babak Presentasi Final.

Kelompok mahasiswa Program Studi Sistem Informasi (SI) angkatan 2018 Fakutas Sains dan Teknologi (FST) UIN Raden Fatah yang dibimbing oleh Dr. Feny Purwani, M.Kom. dan Ruliansyah, M.Kom., didukung oleh pimpinan FST terutama Dr. Munir, M.Ag., sebagai Dekan mengikuti lomba Website Development yang merupakan bagian dari Techphoria 2020, dengan anggota Tim mahasiswa Muhammad Shidqi, Muhammad Amin Riqky, dan Muhammad Ridho yang diberi nama TimSAR dan sekali lagi berhasil  meraih juara 2 untuk cabang  Website Development dengan mengangkat tema Kota dan komunitas yang berkelanjutan dengan solusi website penanganan banjir, longsor dan kebakaran hutan/lahan dengan fitur notifikasi kepada warga dan tindak lanjut dari aplikasi pemikiran mahasiswa ini telah dimasukkan dalam website adalah “Mara” yang diambil dari kata marabahaya, lebih lanjut interpretasi dari kata tersebut adalah “memberitahu sebelum bahaya”.

Ucapan dan apreasiasi yang tinggi disampaikan oleh Dr. Muhammad Isnaini, M.Pd. selaku Wakil Dekan 3 FST sembari akan memberikan penghargaan dari Fakultas, serta diikuti dengan dosen dan tenaga kependidikan ketika mendengarkan kabar bahwa mahasiswa Prodi. Sistem Informasi menjadi Juara 2 baik di Facebook, IG dan WAG. Mudah-mudahan mahasiswa Prodi. Sistem Informasi khususnya dan mahasiswa FST umunya selalu menjadi pioner bagi mahasiswa lainnya di UIN Raden Fatah Palembang. (Rifqi &wd3).