logo

Beranda > BERITA > Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK)

Kegiatan Training of Trainer (TOT) Cara Cepat Membaca Al-Qur'an


2020-11-12 15:06:43 oleh arip 213 PDF Version

img

 

HUMAS-UIRF -- Kegiatan Training of Trainer (TOT) Cara Cepat Membaca Al-Qur'an bagi Dosen Pengajar Baca Tulis Al-Qur'an (BTA) dan Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan yang dilaksanakan  pada hari Kamis tanggal 12 November 2020 dari pukul  09.00 s/d selesai berlangsung secara online melalui aplikasi zoom. 

Kegiatan Laboratorium Keagamaan FITK yang bertajuk Training Of Trainer ( TOT) kali ini merupakan kolaborasi program Baca Tulis Al-Qur'an (BTA) dan Tahfizh yang diadakan oleh Laboratorium Keagamaan  FITK UIN  Raden Fatah Palembang. Kegiatan ini diadakan dalam rangka training of trainer bagi mahasiswa, Dosen pengajar BTA dan Tahfizh dengan tema ‘Melalui TOT Metode Maisura Kita Tingkatkan Kualitas Bacaan Tahsin dan Tahfizh dalam Membaca dan Menghafal Al- Qur'an serta Berkarakter Islami di Era Revolusi Industri 5.0.'

Dekan FITK Prof. Dr. Abdullah Idi, M Ed., dalam sambutannya yang sekaligus membuka kegiatan ini menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada tim Laboratorium Keagamaan FITK yang diketuai oleh Dr. Nurlaila, M. Pd.I. Program ini adalah sebuah program penting bagi FITK UIN Raden Fatah Palembang untuk melahirkan mahasiswa-mahasiswa yang Qur'ani, yang mampu membaca dan menulis Al-Qur'an dengan baik dan benar sesuai dengan khaidah ilmu tajwid. "Diharapkan Mahasiswa kita outputnya bukan hanya unggul dalam bidang akademis namun juga memiliki akhlakul karimah, paham dan mencintai Al-Qur'an, serta mengamalkannya dalam kehidupan bermasyarakat," ujar beliau di akhir sambutannya.

Kegiatan ini merupakan suatu langkah untuk menyesuaikan visi dan misi dalam mengajar dan  membimbing mahasiswa dalam baca tulis Al-Qur’an, yang akan dilaksanakan selama 16 kali pertemuan ke depan.

Narasumber pada kegiatan ini adalah Ahmad Rahim, M.Pd.I. Al-Hafizh, yang begitu antusias untuk memberikan materi pelatihan kepada para Dosen pengajar BTA dan mahasiswa FITK. 

Kegiatan TOT bagi Dosen Pengajar BTA dan mahasiswa ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas bacaan Al-Quran dan juga sebagai persiapan bagi Dosen untuk mengajar BTA sesuai kaidah dan ketentuan tajwid Al-Qur’an. 

Adapun jumlah mahasiswa baru FITK UIN Raden Fatah Palembang sebanyak 1292 orang yang tersebar pada 10 Prodi di lingkungan FITK, yaitu Prodi Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Bahasa Inggris, Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Kimia dan Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Sedangkan Dosen yang akan mengajar BTA sebanyak 23 Dosen yang merupakan perwakilan masing-masing prodi yang berkompeten dalam bidang Baca Tulis Al-Qur’an. 

Kegiatan yang dikoordinir oleh Romli, M. Pd dan diketuai oleh Kalab Keagamaan Dr. Nurlaila, M. Pd. I ini dihadiri oleh Dekan FITK Prof. Dr. Abdullah Idi, M.Ed., Wakil Dekan 3 FITK Dr. H. Kms. Badaruddin, M. Ag., Kalab Keagamaan Dr. Nurlaila, M. Pd.I. dan tim Laboratorium Keagamaan, narasumber Ahmad Rahim, M. Pd.I. Al-Hafizh, perwakilan dosen FITK, dan mahasiswa peserta.

Setelah sambutan Dekan FITK, kegiatan dilanjutkan dengan pengantar materi oleh Wakil Dekan III Dr. H.  Kms. Badaruddin, M. Ag. Beliau menekankan agar dalam mengajar BTA setiap Dosen menggunakan metode yang seragam, menyiapkan RPP untuk 16 pertemuan, dan yang terpenting harus konsisten sampai mahasiswa memahami dan menguasai dengan baik. "Kegiatan ini adalah ibadah, karena itu laksanakan dengan sabar, ikhlas, dan sungguh-sungguh," ujar beliau.

Kegiatan TOT ini dilanjutkan dengan kegiatan inti yakni pemberian materi oleh narasumber Ahmad Rahim, M.Pd.I.