logo

Beranda > BERITA > Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK)

Alumni FITK Magister MPI UIN Raden Fatah Palembang Rintis KSPP Syariah Amanah


2020-11-16 12:26:05 oleh arip 229 PDF Version

img

 

HUMAS-UINRF -- Berbagai perkembangan terkini pada dunia usaha di Indonesia akhir-akhir ini memberikan pelajaran penting bagi Koperasi Syariah Amanah untuk selalu mempersiapkan diri dan melakukan transformasi dalam menghadapi perubahan. Hal tersebut guna mewujudkan visi, misi dan tujuan untuk menjadi koperasi yang modern, sehat, mandiri dan adil.

Giat sosialisasi program KSPP Syariah Amanah gelombang kedua kali ini digelar di sekretariat koperasi syariah amanah hari Sabtu tanggal 14 November 2020 pukul 10.00 - 11.30 WIB,  yang beralamat di jalan Letnan Murod no.06 Talang Ratu KM 5 kota Palembang

Seperti halnya dengan sosialisasi yang digelar pada gelombang pertama oleh pengurus KSPP Syariah Amanah yang dihadiri Ketua  Koperasi Syariah Drs. Saiful M. Nuh, M wakil ketua Deni Hendrik, M.Pd.I, Sekretaris Kusumawati, M.Pd, Bendahara Yunilianti, Desy ilhamiah,S.Pd wakil bendahara.  juga d hadiri anggota dari unsur guru-guru madrasah kota Palembang dan beberapa anggota Hammpitara (Himpunan Alumni Magister MPI Tarbiyah ) UIN Raden Fatah Palembang.

Dalam sambutannya, Saiful M. Nuh mengatakan, sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan penjelasan dan pemahaman kepada anggota Koperasi Syariah Amanah terkait program, yakni Koperasi Syariah yang berprinsip syariah. KSPP Syariah Amanah dirintis oleh para alumni Magister MPI UIN Raden Fatah Palembang yang tergabung dalam Hammpitara, tetapi mempunyai AD/ART dan badan hukum legal yang bersifat independen. Koperasi ini terbuka bagi siapa saja asal memenuhi persyaratan dan prosedur yang berlaku, tujuan koperasi syariah adalah untuk membantu meningkatkan anggotanya serta kesejahteraan masyarakat pada umumnya, serta untuk mengembangkan ekonomi Indonesia sesuai dengan prinsip-prinsip Islam, imbuhnya.

Sosialisasi yang d gelar secara kekeluargaan di sambut baik oleh semua anggota.  Deni Hendrik selaku wakil ketua KSSP Syariah Amanah mengatakan "Secara umum, koperasi ini adalah entitas bisnis koperasi yang menjalankan kegiatan usahanya berdasarkan prinsip syariah. Semua unit usaha, produk dan operasional koperasi ini dilakukan sesuai dengan fatwa Dewan Syariah Nasional “DSN” Majelis Ulama Indonesia "

Yunilianti bendahara KSPP Syariah Amanah menjelaskan Secara umum, sumber dana koperasi diklasifikasikan;

  • Simpanan pokok
  • Simpanan wajib
  • Simpan sukarela
  • Dan investasi pihak lain.

Untuk jasa saat ini kita baru memakai Jasa Al Ijarah (Sewa) Jasa Al Ijarah adalah akad pemindahan hak guna/manfaat barang atau jasa melalui pembayaran upah sewa tanpa pemindahan hak milik atas barang itu sendiri.

Kusumawati turut menambahkan Fungsi Koperasi Syariah Menjadi sebuah wadah atau mediator yang menghubungkan penyandang dana dengan pengguna dana sehingga pemanfaatan harta lebih optimal. Berusaha untuk memperkuat setiap anggota koperasi sehingga saling bekerjasama dalam melakukan kontrol terhadap operasional koperasi. Membuka dan memperluas lapangan pekerjaan bagi para anggota dan masyarakat luas. Membantu menumbuhkan dan mengembangkan berbagai usaha produktif para anggota koperasi.

Di akhir acara selaku ketua KSPP Syariah Amanah Saiful M. Nuh menyampaikan " saya mewakili manajemen koperasi syariah amanah mengucapkan terima kasih atas setiap dukungan maupun masukan demi meningkatkan kualitas layanan Koperasi Syariah Amanah Semoga Allah SWT selalu memberikan rahmat dan hidayah kepada kita semua agar keberadaan Koperasi ini dapat terus memberikan kontribusi positif kepada seluruh stakeholder. Aamiin (KD)