logo

Beranda > BERITA > Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK)

Pengabdian Masyarakat Prodi Pendidikan Biologi di SMA Negeri 3 Banyu Asin


2021-07-06 16:08:49 oleh arip 158 PDF Version

img

 

HUMAS-UINRF -- Saat ini, semua negara di dunia sedang menghadapi pandemi Covid-19. Semua aktifitas dibatasi untuk mencegah penyebaran virus Corona, termasuk aktifitas pendidikan. Di Indonesia, sudah kurang lebih tiga bulan, semua aktifitas pendidikan, mulai dari tingkat dasar dan menengah hingga tingkat perguruan tinggi dilakukan secara daring, tanpa tatap muka antara pengajar dan peserta didik. Pembelajaran daring, serta merta menyadarkan kita akan potensi luar biasa internet yang belum dimanfaatkan sepenuhnya dalam berbagai bidang, termasuk bidang pendidikan. Tanpa batas ruang dan waktu, kegiatan pendidikan bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun. Terlebih lagi, di era dimana belum ada kepastian kapan pandemi ini akan berakhir, sehingga pembelajaran daring adalah kebutuhan mutlak yang harus dipenuhi oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Selaras dengan hal itu, Program Studi (Prodi) Pendidikan Biologi UIN Raden Fatah Palembang melaksanakan Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di SMA Negeri 3 Banyu Asin, dengan tema 1. Media Pembelajaran Game Edukasi Berbasis Android. 2. Peranan Antioksidan dalam meningkatkan Imunitas Tubuh di masa pandemi.

Kegiatan PKM berlangsung 1 hari, diawali dengan pembukaan dan sambutan dari Ketua Prodi Pendidikan Biologi DR Yulia Tri Samiha, M.Pd di dampingi oleh Sekretaris Prodi Jhon Riswanda, M.Kes dan sambutan dari Hamdani, M.Pd, selaku Wakil Ketua MKKS (Forum Kepala Sekolah) Kabupaten Banyu Asin. Pada acara ini juga dihadiri oleh  Ibu Nila Suyanti, M.Pd, selaku Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Banyu Asin, Ibu Komariah, selaku Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Pulau Rimau, para guru di lingkungan SMA Negeri 3 dan para dosen Prodi Pendidikan Biologi.

“ Pada dasarnya pembelajaran secara daring memberikan pengaruh positif maupun negatif, baik kepada siswa maupun kepada guru. Namun karena ada beberapa hal yang terjadi selama pembelajaran berlangsung, siswa mengeluhkan tentang keefektifan pembelajaran secara daring selama ini.

Secara positif, pembelajaran daring bersifat fleksibel, yaitu bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja sesuai dengan kondisi yang ada. Karena waktu yang dihabiskan dirumah jauh lebih banyak, pembelajaran daring juga dapat menambah kedekatan antara siswa dengan orang tuanya. Banyaknya siswa yang mengeluh akan kurang efektifnya pembelajaran daring ini, seperti tugas yang diberikan terlalu banyak, jaringan internet yang berbeda-beda pada tiap siswa, sulitnya memahami materi yang diberikan oleh guru, siswa juga menjadi cepat bosan, serta masih banyak yang lainnya.

Guru harusnya mampu memahami kendala yang dialami oleh masing-masing siswanya, sehingga pengaruh negatif dari pembelajaran daring dapat diminimalisir. Alangkah baiknya guru menggunakan metode pembelajaran yang kreatif dan inovatif agar siswa tidak merasa bosan selama melakukan pembelajaran daring di tengah pandemi covid-19,” ujar DR. Yulia Tri Samiha dalam sambutannya, Senin (05/7/2021).

“Dengan PKM ini, diharapkan dapat memberi pengetahuan baru dalam upaya peningaktan produktivitas kegiatan pendidikan. Bagaimanapun juga, PKM ini sangat bermanfaat bagi sumbangsih pengetahuan di dunia pendidikan,” terangnya.

Kurratul Aini, M.Pd selaku narasumber kegiatan mengatakan, Penggunaan ponsel pintar (smartphone), Ipad, Tablet PC, dan lain sejenisnya dalam kehidupan sehari-hari kian marak. Mulai merk terkenal sampai biasa saja, dan yang canggih sampai yang sederhana kian santer digunakan. Berbagai alasan menjadi magnet bagi semua kalangan dalam penggunaanya. Ringan, mudah dibawa, praktis menjadi alasan utama pemakaiannya. Selain itu, Terdapat banyak fitur game yang tidak hanya sebagai hiburan bermain, namun sudah banyak game untuk mengasah daya pikir dan logika yang dapat memperkenalkan materi agar lebih menarik untuk diterima dan dipahami terutama oleh peserta didik ,” imbuhnya, sekaligus mendemonstrasikan aplikasinya.

Materi PKM juga disampaikan Yustina, M.Kes bahwa   di tengah pandemi virus COVID-19, sangat penting bagi kamu untuk mengkonsumsi makanan maupun vitamin yang mengandung antioksidan tinggi. Selain membantu meningkatkan daya tahan tubuh, antioksidan dipercaya dapat menjaga kesegaran dan kecerahan kulit.

Sementara itu, Hamdani, M.Pd, menyampaikan terima kasih kepada dosen Pendidikan Biologi UIN Raden Fatah Palembang yang telah memilih MA Al-Fatah sebagai lokasi untuk melaksanakan kegiatan PKM. “Semoga Pendidikan biologi UIN Raden Fatah Palembang menjadi mitra untuk kegiatan selanjutnya di SMA Negeri 3 dan diharapkan kegiatan PKM khususnya yang berkaiatan dengan Pendidikan bagi guru dapat dikembangkan lagi bagi sekolah-sekolah  lain di dalam lingkungan Kabupaten Banyu Asin,” pungkasnya.

Acara berikutnya dilanjutkan dengan acara tanya jawab dan pada akhir acara ditutup dengan penyerahan cindera mata dan foto Bersama.


Rilis Berita


Dekan FDK Lantik Dewan Mahasiswa 2021-07-30 14:48:31 humas
UIN Raden Fatah Palembang Gelar Serah Terima Kembali Mahasiswa KKN Angkatan 75 di Pemkab Ogan Ilir 2021-07-30 12:04:25 lp2m
Pimpinan Organisasi Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi UIN RAFA Dilantik 2021-07-27 15:26:31 humas
Pelantikan Pengurus Organisasi Mahasiswa Intra Kampus (OMIK) Sains dan Teknologi (SEMAF, DEMAF & HMPS) 2021-07-27 14:16:29 arip

Info


Pengumuman Perubahan Jadwal UM-Mandiri Gelombang Kedua

2021-07-27 19:00:28 adminpustipd

PERPANJANGAN PENDAFTARAN MANDIRI 2

2021-07-26 13:42:55 adminpustipd

PENGUMUMAN PERPANJANGAN BAYARAN UKT 20211 MAHASISWA BARU LULUS MANDIRI

2021-07-26 11:29:49 adminpustipd

PENGUMUMAN REVISI MANDIRI II UIN RADEN FATAH PALEMBANG 2021

2021-07-22 12:00:22 adminpustipd

Agenda


01

2021

AL Via Daring Prodi Studi Pendidikan Bahasa Arab

2021-01-27

01

2021

AL Via Daring Prodi Studi Agama-agama

2021-01-25

01

2021

Sidang Senat Terbuka Wisuda Sarjana Ke 75 UIN Raden Fatah Palembang

2021-01-30