logo

Beranda > BERITA > Lembaga Penjaminan Mutu / LPM

Capaian Akreditasi Program Studi Catatkan Hasil Memuaskan, Ini Upaya yang Dilakukan UIN RAFAH


2022-11-15 19:25:19 oleh adminpustipd 340 PDF Version

img

LPMUINRF – Akreditasi adalah pengakuan terhadap Perguruan Tinggi (PT) atau Program Studi (Prodi) yang menunjukkan PT atau Prodi tersebut dalam melaksanakan program pendidikan dan mutu lulusan yang dihasilkannya telah memenuhi standar yang ditetapkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Penetapan peringkat akreditasi oleh BAN-PT dilakukan dengan menilai proses dan kinerja serta keterkaitan antara tujuan, masukan, proses dan keluaran suatu perguruan tinggi atau Prodi.

Progress capaian akreditasi Prodi di lingkungan Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang untuk Trisemester 2022 sungguh sangat memuaskan, sampai saat ini per November 2022 telah mengalami peningkatan. Ada penambahan tiga prodi yang mendapatkan akreditasi Unggul di tahun 2022, terdiri dari  dua prodi yang terakreditasi Unggul oleh BAN-PT yaitu Prodi S2 Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin dan Prodi Jurnalistik Fakultas Dakwah dan Komunikasi serta satu prodi lagi terakreditasi Unggul oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) yaitu Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD). Hingga saat ini total Prodi di UIN Raden Fatah sebanyak 47 prodi yang terdiri dari jenjang pendidikan Strata Satu (S-1), S-2, S-3, dan Profesi.

Dari 47 Prodi tersebut, di antaranya sebanyak 5 Prodi terakreditasi Unggul dengan penambahan 3 prodi yang naik dari sebelumnya ter-akreditasi C menjadi unggul, 15 Prodi memperoleh akreditasi A, baik yang mempertahankan akreditasi A maupun yang naik dari sebelumnya B menjadi A.  19 Prodi lainnya memperoleh akreditasi B,  2 prodi ter-akreditasi Baik Sekali dan 3 prodi lainnya telah memperoleh akreditasi dengan peringkat Baik. Sementara itu 2 prodi ter-akreditasi C saat ini sedang menunggu jadwal untuk re-Akreditasi oleh BAN-PT. Akreditasi dengan peringkat Baik Sekali dan Baik ini diberikan kepada Prodi yang telah mengajukan proses akreditasi melalui pengajuan akreditasi sembilan kriteria pada Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS versi 4.0).

Pencapaian peringkat akreditasi ini juga merujuk pada kebijakan Universitas yang tertuang dalam surat edaran Rektor tentang re-Akreditasi Program Studi di lingkungan UIN Raden Fatah. Tidak hanya itu, capaian IKU (Indeks Kinerja Utama) Rektor tahun 2024 juga menetapkan 60% program studi di UIN Raden Fatah mencapai nilai Akreditasi A/Unggul.

Bagi prodi terakreditasi A dan belum melakukan perpanjangan masa akreditasi agar melakukan ISK dua tahun sebelum masa berlaku akreditasi pertama berakhir, sedangkan bagi prodi yang terakreditasi B/Baik Sekali agar melakukan re­-Akreditasi selambat-lambatnya dua tahun  sebelum masa akreditasi pertama berakhir. Sementara itu, untuk prodi terakreditasi C wajib melakukan re-akreditasi di tahun 2022.

Akreditasi sendiri merupakan bagian dari tahapan evaluasi eksternal selain evaluasi internal yang diakukan setiap tahun melalui audit mutu internal untuk menunjukkan keberlangsungan implementasi SPMI pada perguruan tinggi. BAN-PT kini tidak lagi sebagai lembaga tunggal yang melakukan penilaian akreditasi. Ada Enam Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM) menerima limpahan kewenangan BAN-PT dalam mengakreditasi  program studi. Menyikapi hal tersebut, LPM gencar melaksanakan orientasi dan sosialisasi ke semua prodi yang masuk dalam kategori akreditasi oleh LAM. Kegiatan orientasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan gambaran jelas terkait kebijkan peralihan proses pengajuan akreditasi dari BAN-PT ke LAM.

Adanya regulasi tentang tatakelola akreditasi nasional yang tidak lagi semuanya di BAN-PT, akhirnya mengantarkan Prodi PIAUD untuk mengikuti akreditasi melalui LAMDIK (Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan) dan terakreditasi Unggul. Dengan hasil yang di dapat, kini Prodi PIAUD FITK semakin menambah panjang deretan Prodi yang mendapat akreditasi Unggul di lingkungan UIN Raden Fatah Palembang.

Capaian tersebut tentunya tidak lepas dari upaya serta kerja keras yang ditunjukkan civitas akademika UIN Raden Fatah khususnya ditingkat Fakultas hingga Prodi, yang terus mengawal proses akreditasi dengan sungguh-sungguh dan penuh keseriusan. Namun dibalik itu semua, salah satu aktor penting kesuksesan akreditasi prodi di UIN Raden Fatah juga tidak lepas dari kontribusi maksimal yang ditunjukkan oleh Lembaga Penjaminan Mutu (LPM).

LPM merupakan bagian penting dalam sebuah sistem di Perguruan Tinggi, LPM juga merupakan Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi yang bertujuan untuk menjamin pemenuhan standar Pendidikan tinggi secara sistemik dan berkelanjutan, sehingga tumbuh dan berkembang budaya mutu. Tidak hanya itu, dalam menyukseskan program akselersi dibutuhkan Lembaga khusus yang benar—benar fokus menangani permasalahan akreditasi seperti LPM.

Sejak dua tahun terakhir, Lembaga penjaminan mutu yang diketuai Dr. Syahril Jamil, M.Ag langsung tancap gas dalam menyukseskan program akselerasi dibidang akreditasi. Salah satunya dengan gencar melakukan pendampingan dalam penyusunan LED (laporan Evaluasi Diri) dan mereview hasil LED dengan melibatkan asesor internal maupun eksternal.

Begitu pentingnya kehadiran LPM, membuat Rektor tidak segan untuk memuji eksistensi lembaga tersebut, yang selama dua tahun terakhir terus mencurahkan fokus dan perhatiannya hanya untuk menggenjot proses akreditasi. "Tentunya dibalik upaya civitas akademika Fakultas hingga Prodi, kita tidak boleh melupakan kontribusi besar dari LPM yang tidak kenal lelah dalam membatu setiap Prodi dalam mewujudkan target akreditasinya.”

Akreditasi harus didekatkan dengan kualitas dan jati diri Prodi yang sesungguhnya jangan sampai di atas kertas terakreditasi Baik, namun kualitas dan daya saing yang dimiliki tidak sesuai dengan capaian akreditasi tersebut. Meskipun capaian akreditasi tahun ini sangat memuaskan, Rektor meminta kepada LPM dan seluruh civitas akademika untuk tidak berpuas diri. Kedepan Rektor mengharapkan kualitas setiap Prodi dapat ditingkatkan lagi sebagai upaya untuk terus melakukan evaluasi diri dalam peningkatan mutu menuju UIN Raden Fatah “UNGGUL” 2024. /dL


Berita terkait


Menerima Kunjungan Dekan FITK, LPM adakan Sharing Session 2023-01-19 09:50:37 Oleh adminpustipd
Jelang APT, Tim LPM Diperkuat Dengan Struktur Kapus Baru 2023-01-19 09:48:47 Oleh adminpustipd
Awali Tahun 2023, LPM Gelar Orientasi dan Pembekalan Prodi 2023-01-14 16:37:16 Oleh adminpustipd
                    
universitas terbaik indonesia universitas PTKIN terbaik indonesia universitas Islam terbaik indonesia universitas islam terbaik indonesia